Prosedur Pengajuan Klaim Kesehatan | Asuransi Kesehatan - Sequis - Your Better Tomorrow
  • Prosedur Pengajuan Klaim Kesehatan

    Kami selalu menginginkan setiap kemudahan untuk Anda dalam setiap proses, termasuk dalam proses klaim asuransi.

Proses Klaim Cashless

Proses Klaim Cashless

Merupakan kemudahan yang kami berikan ketika Anda dirawat di rumah sakit rekanan sehingga Anda cukup menunjukkan Kartu Cashless Anda dan tidak perlu membayar secara tunai*. Fasilitas Cashless dari Sequis kini tersedia untuk Anda hingga berbagai negara:

Nama Produk Asuransi

Jenis Plan

Fasilitas Cashless

Sequis Q Health Gold Rider Sequis Q Health Gold Plus Rider

Sequis Q Health Global Plus Rider

Semua plan Semua plan

Semua plan

Indonesia Indonesia

Indonesia & Malaysia

Sequis Q Health Platinum Rider

Plan A sampai Plan E

Plan F sampai Plan H

Indonesia

Indonesia & Malaysia

Sequis Q Health Platinum PlusRider

Plan 400 sampai Plan 600

Plan 800 sampai Plan 1000

Plan 1250 sampai Plan 3000

Indonesia

Indonesia & Malaysia

Asia Tenggara (kecuali Singapura), China, Sri Lanka, India

Sequis Q Infinite Medcare Series

Plan 1

Indonesia

(Lite)

Plan 2

Asia (kecuali Singapura, Hong Kong, Jepang)

 

Plan 3

Asia

Sequis Q Infinite Medea re

Plan Wood

Indonesia

Shield Rider

Plan Metal

Asia (kecuali Singapura, Hong Kong, Jepang)

 

Plan Force

Asia

Sequis Q Infinite Medcare Rider (IMC &IMCB)

Plan 0

Plan 1 sampai Plan 3

Indonesia & Malaysia

Asia Tenggara, China (termasuk Hong Kong), Taiwan, India, Sri Lanka

Sequis Q Infinite Medcare Rider X Booster

Plan 0

Asia (kecuali Singapura, Hong Kong, Jepang)

 

Plan 1

Asia

 

Plan 2

Seluruh Dunia kecuali Amerika Serikat

 

Plan 3

Seluruh Dunia

Caranya mudah ikuti saja langkah-langkah berikut:

1. Cashless Domestik (untuk perawatan di Indonesia)
Pilih rumah sakit rekanan Sequis yang dapat diunduh di www.sequis.co.id atau dilihat melalui Sequis App.

2. Anda bisa langsung datang ke rumah sakit pilihan Anda dengan menunjukkan kartu kepesertaan** dan kartu identitas.

3. Petugas rumah sakit akan memproses kartu kepesertaan dan melakukan pendaftaran dengan menghubungi: AdMedika 24 Jam Hotline Service:(021) 2964 7300

4. Kartu Kepesertaan Anda diproses kemudian Anda menerima informasi cakupan perawatan, deposit jaminan*** (jika ada, tergantung pada ketentuan rumah sakit) serta menandatangani surat pernyataan.

Cashless International (untuk perawatan di luar Indonesia)

Pilih rumah sakit rekanan Sequis yang dapat diunduh di www.sequis.co.id atau dilihat melalui Sequis App.
a.    Pre Admission**** :
Peserta saat masih berada di Indonesia

Ketentuan Pre-Admisison H-5 s/d H-3 sebelum ke rumah sakit luar negeri.

Peserta diminta menghubungi pihak I-Assist***** Admedika 24 Jam Hotline Services : (021) 80662206

Peserta mengirimkan Kartu Kepesertaan, kartu identitas /paspor dan informasi rumah sakit pilihan Anda melalui email ke pihak I-Assist Admedika (i-assist@admedika.co.id)

Pihak I-Assist akan mengirimkan formulir untuk diisi oleh peserta

Setelah Pihak I-Assist menerima kelengkapan dokumen, pihak I-Assist/lAakan segera menghubungi rumah sakit setelah menerima informasi terkait rencana perawatan Peserta

b. Walk-in:
Peserta berada di luar negeri dan ada rekomendasi dari dokter untuk One Day Care atau Rawat Inap

Ketentuan Pre-Admisison H-5 s/d H-3 tidak berlaku, namun Peserta diminta menghubungi pihak IA******

Pihak IA akan segera menghubungi rumah sakit setelah menerima informasi terkait rencana perawatan Peserta

c. Emergency:
Jika Peserta tiba-tiba sakit sewaktu berada di luar negeri dan dibawa ke rumah sakit

Peserta diminta menginformasikan kepada rumah sakit dengan menunjukkan Kartu Peserta dan identitas diri
Pihak rumah sakit akan menghubungi IA****** untuk mendapatkan Surat Jaminan

d. Deposit:
Ketentuan deposit berlaku untuk semuajenis layanan International (Pre-Admission, Walk-In, Emergency)

Jika terdapat sisa dana atau dana tersebut digunakan, maka dana tersebut akan dikembalikan kepada Anda pada saat kepulangan dari rumah sakit dan setelah rumah sakit terima FGL (Final Guarantee Letter) atau jaminan akhir dari pihak IA. Proses pengembalian dana deposit (refund) dengan perkiraan waktu 14-45 hari


Proses keluar rumah sakit yang cepat

Anda menerima konfirmasi keluar rumah sakit dan petugas rumah sakit akan memproses Kartu Kepesertaan
Setelah beberapa saat, Anda menerima struk pengesahan dan menandatangani formulir kepulangan serta menyelesaikan keperluan administrasi dan membayar kelebihan biaya jika ada (sesuai dengan manfaat asuransi yang dimiliki)

 

FAQ Prosedur Fasilitas Non Tunai (Cashless)

FAQ Prosedur Fasilitas Non Tunai (Cashless)

FAQ Prosedur Fasilitas Non Tunai (Cashless)

Proses Klaim Penggantian Biaya

Proses Klaim Penggantian Biaya

Merupakan fasilitas yang disediakan Sequis untuk memudahkan Tertanggung ketika menjalani rawat jalan dan rawat inap di seluruh rumah sakit yang diajukan paling lambat 30 hari setelah Tertanggung keluar dari rumah sakit.

Prosedur Klaim Penggantian Biaya

  • Mengisi dan menandatangani formulir pengajuan klaim perawatan RS dengan lengkap
  • Menyerahkan Surat Keterangan Dokter (SKD)
  • Fotokopi identitas Tertanggung yang berlaku
  • Menyerahkan Formulir Pernyataan Persetujuan
  • Melampirkan kuitansi dan rincian tagihan asli yang dikeluarkan oleh rumah sakit Apabila 2 (dua) dokumen asli tersebut telah diserahkan kepada pihak Penanggung lain maka dapat diganti dengan fotokopi dokumen yang telah dilegalisir oleh rumah sakit disertai dengan surat rincian pembayaran dari Penanggung Lain tersebut
  • Melampirkan rincian obat-obatan dari rumah sakit yang diresepkan dan dikonsumsi selama perawatan termasuk apabila berobat di luar negeri
  • Menyerahkan hasil pemeriksaan yang dilakukan selama perawatan (laboratorium, rontgen, patologi anatomi, EKG dan lain-lain)

Prosedur Klaim Penggantian Biaya Akibat Kecelakaan

Menyerahkan dokumen diatas dengan tambahan dokumen antara lain :

  • Melampirkan Surat Kecelakaan dari kepolisian bila kecelakaan lalu lintas dan dari tempat bekerja bila kecelakaan kerja
  • Melampirkan kronologis kecelakaan secara lengkap (termasuk hari, tanggal dan waktu kejadian)

Prosedur Pengajuan Klaim Kesehatan Setelah Rawat Inap

  • Melampirkan kuitansi asli pembelian obat-obat disertai dengan copy resep. 
  • Mengisi Formulir Pengajuan Klaim dengan lengkap
  • Melampirkan hasil pemeriksaan disertai kuitansi asli pemeriksaan.

Formulir :

Formulir Pengajuan Health Claim

Formulir Persetujuan Health Claim

Formulir Persyaratan Health Claim

Formulir Surat Keterangan Dokter

E-Claim

E-Claim

Untuk memudahkan proses klaim, Anda dapat memanfaatkan fasilitas e-Claim, yang disediakan Sequis untuk memudahkan nasabah melakukan klaim kesehatan dengan total maksimal kuitansi Rp 3 juta per satu kali rangkaian perawatan.

Ketentuan-ketentuan pelayanan melalui "e-Claim" adalah sebagai berikut:

1. Ketentuan Pengajuan Klaim

    a. Klaim yang diajukan sebelum pukul 14.00 WIB pada hari kerja akan diberikan keputusan via email atau SMS pada hari yang sama.

    b. Klaim yang diajukan sesudah pukul 14.00 WIB atau hari libur akan diberikan keputusan via email atau SMS pada H+1 hari kerja berikutnya.

2. Ketentuan Dokumen Pengajuan Klaim
    a. Jumlah kuitansi total yang diajukan maksimal Rp. 3 juta per satu kali rangkaian perawatan.
    b. Wajib menyerahkan dokumen-dokumen klaim sebagai berikut:
        b.1. Foto Surat Keterangan Dokter atau Resume Medis atau Discharge Summary
        b.2. Foto KTP yang masih berlaku
        b.3. Foto kuitansi beserta rinciannya

3. Data-data yang HARUS disampaikan pada saat pengajuan "e-Claim"
    a. Nomor Polis
    b. Nama Tertanggung/Pasien
    c. Nomor Rekening Pemegang Polis (tidak diperbolehkan Nomor Rekening selain dari Pemegang Polis)
    d. Nama Lengkap pengaju klaim dibagian bawah pesan

4. Ketentuan Pengaju Klaim
    a. Dapat diajukan oleh Pemegang Polis, Agen, Leader, maupun VP dari Polis tersebut
    b. Agen, Leader maupun VP yang bukan dari polis tersebut harus mendapatkan persetujuan dari Pemegang Polis secara tertulis
    c. Jika terdapat perbedaan antara pengaju klaim dengan seluruh pihak yang ada pada Polis tersebut maka akan dilakukan klarifikasi terlebih dahulu

 

Pengajuan klaim dapat disampaikan ke:

eclaim@sequislife.com

: 082110002929

Perhitungkan anggaran Anda dengan cara mudah di sini

Buat rencana masa pensiun Anda sekarang! Hanya dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana, kami akan bantu menghitung rencana keuangan untuk masa pensiun Anda.

Butuh bantuan ?