Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

4 Tips Mudah Mengumpulkan Dana Pensiun Sejak Usia Muda

4 Januari 2022



Menabung menjadi kegiatan yang sulit tanpa adanya kedisiplinan. Padahal, menabung adalah salah satu perencanaan keuangan yang dianjurkan bila seseorang ingin mendapatkan financial freedom pada masa depan serta menjalani masa tua yang menyenangkan.

Lantas, bagaimana tips mudah menabung untuk masa pensiun?  

1. Kontrol pengeluaran 
Anda masih sering menghamburkan uang untuk belanja barang mewah atau benda-benda konsumtif yang didasari 'lapar mata'? Kebiasaan ini sebaiknya dihentikan atau setidaknya dikurangi. Sebab, dana untuk belanja barang konsumtif yang sangat besar bakal lebih bermanfaat bila ditabung untuk dana pensiun.  

Bila memang ingin belanja, pastikan barang yang ingin dibeli sudah direncanakan agar pengeluaran menjadi terkontrol. Misal, belanja sepatu baru untuk menggantikan sepatu lama yang sudah rusak. Dengan begitu, Anda fokus mencari barang yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan. 

2. Mencari penghasilan tambahan 
Memiliki lebih dari satu sumber pemasukan bakal memudahkan Anda menabung untuk masa pensiun. Dengan begitu, gaji utama bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan gaji dari pekerjaan sampingan dialokasikan ke tabungan hari tua.

Ada banyak pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan pada saat ini. Salah satunya membuka bisnis online dan memasarkannya lewat e-commerce. Selain bisnis online, ada juga yang memilih menjadi freelancer di bidang tertentu, seperti karya tulis, fotografi, atau editor video. 

3. Mencari perusahaan yang memberikan uang pensiun 
Selain menabung, dana pensiun juga bisa didapatkan dari kantor. Jadi bila memungkinkan, bekerjalah sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau cari perusahaan yang memberikan uang pensiun kepada karyawan.

4. Berinvestasi
Ada baiknya anak muda sudah melek investasi. Cari investasi jangka panjang bila tujuannya adalah mengumpulkan dana pensiun. Investasi jangka panjang di antaranya properti, emas, dan saham.

Butuh bantuan ?