5 Keunggulan Investasi Reksa Dana

23 November 2018



Salah satu cara untuk mengamankan situasi finansial Anda adalah dengan berinvestasi. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih, seperti investasi properti, emas, dan sebagainya. Tidak terkecuali investasi reksa dana. Namun, ada sebagian orang yang belum mengetahui bahwa investasi reksa dana memiliki banyak keunggulan dibanding investasi lainnya. Apa saja keunggulannya? Ketahui beberapa di antaranya berikut ini.

Nilai investasi yang terjangkau

Investasi reksa dana cocok untuk siapa saja, termasuk pemula dan anak muda, mengingat nilai investasinya yang cukup rendah yakni mulai dari Rp100.000. Hal ini tentu lebih rendah daripada Anda berinvestasi emas atau investasi properti lainnya. Menurut data yang dilansir PT Aneka Tambang, harga emas batangan per gram saat ini mencapai angka Rp550.000. Ini masih belum termasuk biaya penyimpanannya.

Selain nilai investasi yang terjangkau, investasi reksa dana juga memiliki tingkat pengembalian yang menarik.

Pengelolaan yang dilakukan secara profesional dan lebih aman

Dalam berinvestasi reksa dana, Manajer Investasi yang akan membantu mengelola dana Anda. Anda pun tidak perlu sibuk mengamati dan menganalisis pasar saham yang biasanya rumit. Semuanya akan dilakukan oleh tenaga ahli Manajer Investasi. Selain itu, Anda tak perlu khawatir karena tenaga ahli Manajer Investasi telah tersertifikasi dan telah mendapatkan izin dan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tidak hanya mudah dikelola, investasi reksa dana juga lebih aman. Hal ini karena dana investasi Anda dititipkan secara terpisah dari Manajer Investasi pada rekening bank khusus yang diadministrasi oleh bank kustodian. Hal yang perlu diingat adalah pilihlah Manajer Investasi yang berpengalaman dengan track record tepercaya.

Risiko bisa diminimalisir

Reksa dana dapat diinvestasikan ke berbagai instrumen investasi, contohnya saham atau obligasi, sehingga risiko investasi terdiversifikasikan. Dengan kata lain, Anda dapat mengurangi risiko secara otomatis dan tidak bergantung pada satu investasi saja. Contohnya, jika Anda melakukan investasi reksa dana ke sepuluh instrumen dan dua di antaranya mengalami risiko loss, Anda masih memiliki cadangan.

Investasi reksa dana tentunya memiliki risiko yang berbeda dengan investasi emas. Jika berinvestasi emas, Anda kemungkinan dibayangi risiko pemalsuan, baik berupa bentuk batangan atau perhiasan. Hal ini tidak ditemukan dalam reksa dana. Sebab reksa dana tidak memiliki bentuk fisik dan tidak melalui perpindahan tangan sama sekali sehingga risikonya dapat diminimalisir.

Lebih transparan dan likuiditasnya tinggi

Investasi reksa dana dinilai lebih transparan karena memberikan informasi perkembangan portofolio berkelanjutan. Anda juga bisa memantaunya secara online. Sebagai pengelola reksa dana, Manajer Investasi wajib mengumumkan berapa nilai aktiva bersih setiap hari di surat kabar. Selain itu, Manajer Investasi juga akan memberikan laporan keuangan setiap bulan secara teratur.

Di samping itu, reksa dana juga memiliki likuiditas tinggi. Investor dapat mencairkan kembali unit penyertaan kapan saja. Namun, harus sesuai dengan ketetapan yang dibuat oleh masing-masing reksa dana.

Mudah didapat dan banyak tersedia

Keunggulan lainnya dari investasi reksa dana adalah mudah didapat dan tersedia di perusahaan manajer investasi. Salah satu pilihan untuk Anda adalah Sequis Asset Management, yang menyediakan beberapa jenis reksa dana, antara lain reksa dana saham, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana pasar uang.

 

Setelah Anda mengetahui beberapa keunggulan reksa dana tersebut, kini sudah saatnya Anda berinvestasi untuk masa depan. Untuk lebih mengetahui tentang investasi reksa dana dari Sequis Asset Management, Anda bisa mengakses informasinya melalui www.sequisam.co.id atau email ke care@sequisam.co.id. Di dalam website tersebut Anda akan menemukan berbagai bentuk reksa dana yang bisa Anda pilih sesuai dengan profil risiko dan dana investasi Anda.

Butuh bantuan ?