Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

5 Tips Menabung Mudah Ditiru untuk yang Baru Mulai Kerja

2 Desember 2022



Menerima gaji pertama adalah momen paling ditunggu oleh para first jobber (seseorang yang baru mulai bekerja). Biasanya, para first jobber menggunakan gaji pertama untuk membeli barang-barang yang ada dalam daftar belanja atau membeli berbagai keinginan yang sudah terpendam sejak masa kuliah.

Belanja menggunakan uang hasil dari gaji pertama sah-sah saja. Namun usahakan belanja tidak menjadi kebiasaan setiap mendapat gaji. Sebisa mungkin sisihkan sebagian dari gaji untuk menabung pada bulan-bulan berikutnya.

Bagi first jobber yang sedang belajar menabung, yuk simak ulasan berikut ini:
1. Langsung sisihkan uang usai menerima gaji
 
Setelah gajian, usahakan langsung sisihkan sebagian uang ke rekening lain. Setelah itu, baru rencanakan keuangan untuk satu bulan. Jangan sentuh uang tabungan bila uang untuk lifestyle (belanja, beli kopi, nongkrong) sudah habis.

2. Membuat target pengeluaran
Buat rencana target pengeluaran untuk sehari, satu minggu, atau dua minggu. Misal membatasi pengeluaran untuk sehari sebesar Rp80 ribu atau pengeluaran seminggu sebesar Rp400 ribu. Dengan begitu, Anda bisa membuat batasan ketika pengeluaran sudah mendekati target. Bila sudah terbiasa melakukan hal ini, Anda akan lebih mudah mengatur uang untuk disihkan ke rekening tabungan.

3. Berasuransi
Memiliki asuransi kesehatan juga baik buat cash flow dan rencana nabung Anda. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda bisa mendapatkan perawatan maksimal ketika sakit serta dapat menghindarkan diri dari krisis finansial. Sebab, biaya perawatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Alhasil, tabungan dan gaji Anda akan tetap aman dan masih bisa dibelanjakan untuk keperluan lain. Agar tidak membuat Anda pusing mengatur keuangan, usahakan memiliki asuransi kesehatan dengan metode pembayaran auto debit.

4. Membawa uang tunai secukupnya
Membawa uang tunai dengan jumlah yang banyak bisa menstimulasi Anda untuk hidup lebih boros dan belanja secara impulsif. Dengan membawa uang tunai secukupnya, Anda bisa membeli barang sesuai kebutuhan.

5. Gunakan Kartu Kredit Secara Bijak
Kartu kredit memang memudahkan seseorang ketika hendak melakukan transaksi atau membeli sesuatu. Namun, kartu kredit bisa mengganggu rencana untuk menabung bila Anda tidak memiliki perencanaan keuangan yang matang. Jadi, usahakan tidak melakukan berbagai pembelian dalam satu waktu. Ini untuk menghindari Anda gagal bayar atau kesulitan menyisihkan uang untuk bayar cicilan. Cara paling ampuh agar tidak gagal bayar adalah dengan memastikan tidak ada utang cicilan sebelum Anda memutuskan untuk melakukan transaksi lain menggunakan kartu kredit.

Butuh bantuan ?