Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Apa Perbedaan Asuransi Jiwa dengan Asuransi Kesehatan?

6 September 2018



Ada begitu banyak jenis asuransi yang kini tersedia di pasaran, termasuk antara lain asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Kedua asuransi ini sama-sama memberikan proteksi berupa Uang Pertanggungan jika terjadi klaim atau risiko yang ditanggung sesuai polis. 

Wajar jika kemudian banyak orang menganggap bahwa asuransi jiwa dan asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang sama. Nyatanya, kedua asuransi tersebut cukup berbeda. Apa saja perbedaannya? Simak ulasannya di bawah ini!

  • Perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang memberikan proteksi berupa Uang Pertanggungan atas risiko meninggalnya pemegang polis atau pihak Tertanggung dalam jangka waktu tertentu. Namun, ada pula beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi jiwa seumur hidup (biasanya hingga pihak Tertanggung berusia seratus tahun). Jadi jika pihak Tertanggung masih sehat hingga mencapai usia tersebut, maka Uang Pertanggungan bisa dicairkan.

Sedangkan, asuransi kesehatan adalah jenis asuransi yang memberikan manfaat jaminan keamanan finansial kepada pemegang polis atau pihak Tertanggung jika yang bersangkutan mengalami risiko gangguan kesehatan akibat sakit atau kecelakaan. Jenis manfaat asuransi kesehatan yang disediakan pun berbeda-beda, ada yang meliputi/menanggung seluruh layanan kesehatan dan ada pula yang hanya sebagian.

  • Manfaat yang diberikan

Asuransi jiwa akan sangat berguna bagi Anda yang menjadi tulang punggung keluarga. Jika Anda meninggal dunia, secara otomatis keluarga Anda akan kehilangan sumber pemasukan. Di sinilah asuransi jiwa dapat membantu Anda dengan memberikan Uang Pertanggungan dalam jumlah yang telah disepakati dalam polis. Selain itu, bagi yang memiliki asuransi jiwa seumur hidup, Anda pun berkesempatan untuk mengambil uang tunai sejumlah tertentu sehingga bisa digunakan sebagai dana hari tua.

Sementara itu, asuransi kesehatan memberikan perlindungan berupa biaya terkait berbagai layanan kesehatan, misalnya seperti biaya rawat inap, obat-obatan, operasi, dan infus. Jadi, jika seandainya Anda jatuh sakit atau mengalami kecelakaan, kondisi finansial dan tabungan Anda tak akan terganggu karena biaya pengobatan bisa ditanggung oleh asuransi kesehatan.

  • Prosedur klaim

Perbedaan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan juga terletak pada prosedur klaimnya. Pada asuransi jiwa, Anda yang ingin mengajukan klaim biasanya diharuskan untuk mengisi formulir klaim, menyerahkan polis, surat keterangan dokter yang menyatakan sebab kematian, hingga surat keterangan meninggal. Pihak asuransi akan memeriksa kelengkapan berkas dan jika semua sudah sesuai prosedur, maka Uang Pertanggungan akan dicairkan.

Berbeda lagi dengan asuransi kesehatan yang prosedur klaimnya terdiri dari dua cara. Ada perusahaan asuransi yang menerapkan sistem kartu dan ada pula yang menggunakan sistem reimbursement. Pada sistem kartu, pihak asuransi akan langsung melakukan pembayaran pada rumah sakit. Sedangkan untuk sistem reimburse, Anda yang harus terlebih dulu membayar biaya layanan kesehatan, baru setelah itu diganti oleh pihak asuransi.

Jadi, mana yang harus Anda pilih?
Semua kembali pada kebutuhan masing-masing. Asuransi jiwa idealnya dibutuhkan oleh Anda yang menjadi tulang punggung keluarga seperti yang disebutkan sebelumnya. Jadi, jika terjadi risiko meninggal dunia, guncangan finansial yang terjadi pada keluarga bisa sangat ditekan dengan adanya Uang Pertanggungan dari asuransi jiwa.

Sedangkan, asuransi kesehatan seharusnya dimiliki oleh setiap orang sejak dini. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada kondisi kesehatan kita di masa yang akan datang. Asuransi kesehatan mampu memberikan perlindungan kesehatan dalam bentuk finansial hingga jangka waktu yang dapat Anda tentukan sendiri. Dengan begini, kondisi finansial dan tabungan Anda tak akan terguncang jika misalnya Anda tiba-tiba harus mendapatkan perawatan kesehatan.

Agar dapat memilih asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang tepat, Anda disarankan melakukan riset untuk membandingkan perlindungan yang diberikan. Sequis bisa menjadi alternatif yang dapat Anda pertimbangkan karena Sequis memiliki beragam produk asuransi jiwa dan kesehatan.  Untuk lebih jelasnya, segera hubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.  Segera miliki perlindungan asuransi karena hidup akan selalu punya kejutan, Plan The Unplanned with Sequis! 

Butuh bantuan ?