Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Asuransi Pendidikan


Dana pendidikan anak harus masuk ke dalam daftar prioritas di perencanaan keuangan keluarga


Dana pendidikan anak harus masuk ke dalam daftar prioritas di perencanaan keuangan keluarga. Karena bila disepelekan, uang untuk bayar sekolah sulit untuk terkumpul sehingga pendidikan anak bisa terbengkalai. 
Ada banyak produk keuangan yang dapat digunakan untuk mengumpulkan biaya pendidikan anak. Salah satunya asuransi pendidikan. Dalam praktiknya, asuransi pendidikan akan menjamin ketersediaan biaya pendidikan untuk buah hati mulai dari tingkatan paling dasar hingga jenjang tertinggi. 

 

1.    Tertarik memiliki asuransi pendidikan? Ada baiknya mempelajarinya terlebih dahulu guna mendapatkan tipe produk yang tepat guna. Memahami Konsep Asuransi Pendidikan


Persis seperti jenis proteksi lainnya, asuransi pendidikan juga merupakan instrumen pengalihan risiko keuangan. Jadi, bila seseorang tertimpa risiko (cacat tetap atau meninggal), kerugian keuangan yang ditimbulkan dari risiko tersebut akan dialihkan ke pihak lain, dalam hal ini perusahaan asuransi. Intinya, uang pendidikan untuk anak tetap tersedia dan dibayarkan oleh perusahaan asuransi walau orang tua selaku pemberi nafkah mengalami kecelakaan atau meninggal yang menyebabkan hilangnya sumber penghasilan. 

Uang Pertanggungan (UP) dibayarkan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama, dan anak tidak diberikan kewajiban melanjutkan pembayaran premi. Sedangkan jika pada masa pertanggungan tersebut yang meninggal dunia adalah terjamin, dalam hal ini anak pemegang polis, otomatis kontrak berakhir dan orang tua mendapat dana santunan. 

2.    Memilih Perusahaan Asuransi yang Tepercaya 
Anda harus memilih perusahaan penyedia jaminan yang dapat dipercaya dan diandalkan. Lakukan riset serta membandingkan antarperusahaan asuransi. Dalam membandingkan, ada hal-hal khusus yang perlu menjadi perhatian, yaitu: 
•    Umur perusahaan
•    Kesehatan dan kinerja perusahaan 
•    Prestasi perusahaan 
•    Keunggulan produk 
•    Kemudahan klaim 
•    Premi yang terjangkau 

3.    Menentukan Uang Pertanggungan (UP)
Besar UP menentukan besar premi. Jadi, pilih UP yang sesuai dengan kebutuhan biaya pendidikan anak dan kemampuan membayar premi. Untuk itu, Anda sebaiknya menghitung keperluan uang sekolah untuk per jenjang. Misalnya, SD Rp10 Juta, SMP Rp15 Juta, SMA RP20 Juta, Universitas Rp30 Juta. Sehingga jumlah keseluruhan biayanya adalah 75 Juta. 

Hitung pula angka inflasi yang berkisar di 15% per tahun. Nah, total yang telah ditambah dengan 15% per tahun dapat menjadi acuan dalam menentukan UP. 

4.    Membayar premi sesuai dengan waktunya
Pastikan untuk selalu konsisten dan tidak melewatkan jadwal pembayaran iuran agar proses klaim pencairan dana pendidikan anak kelak mudah dilakukan. Pembayaran premi asuransi biasanya dilakukan setiap bulan, tiap kuartal, semester, atau tahunan.

Sequis memiliki lima pilihan produk asuransi pendidikan yang telah didesain untuk menjawab kebutuhan dan membantu para orang tua menyiapkan biaya pendidikan buah hati. Pelajari produk jaminan pendidikan Sequis di sini. Jika memerlukan bantuan, silakan menghubungi Sequis Personal Assistent di https://www.sequis.co.id Tersedia pula layanan Sequis care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Wujudkan mimpi buah hati dengan mempersiapkan dana pendidikannya bersama Sequis!

Butuh bantuan ?