Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Dana Pensiun?

13 Oktober 2020



Masa purnabakti atau pensiun adalah salah satu fase dalam hidup manusia yang terjadi setelah usia produktif. Secara garis besar, seseorang akan melewati usia anak-anak hingga dewasa awal saat menamatkan bangku kuliah. Dalam fase ini, seseorang pada umumnya belum diberikan tanggung jawab untuk menghasilkan uang demi memenuhi kebutuhannya. Para orang tua yang akan memberikan anak-anak tersebut apa yang mereka butuhkan.

Saat fase menempuh pendidikan berakhir, seseorang akan mulai menapaki dunia kerja yang biasanya diawali pada usia 20an. Pada tahapan ini semua orang akan berpikir untuk mencari pekerjaan yang dapat menghidupi dirinya agar dapat mandiri dan lepas dari orang tua. Usaha peningkatan masa depan karir ini juga diiringi dengan pencarian pasangan hidup, menikah, dan memiliki anak.

Pada usia 30an, seseorang akan memiliki usia yang cukup matang sehingga pada usia tersebut biasanya mereka akan memikirkan masa depan dengan lebih bijak. Langkah awal yang sering ditempuh adalah dengan berusaha memiliki sebanyak mungkin aset dan mulai mengikuti beberapa program pertanggungan risiko baik untuk dirinya maupun untuk masa depan anak-anaknya.

Pada usia 50an, orang-orang akan berada di puncak karirnya dan mulai mengantisipasi masa pensiun. Masa menjelang purnabakti ini biasanya dipersiapkan tidak hanya oleh para pekerja tetapi juga perusahaan dimana seseorang itu bekerja. Perusahaan tersebut akan memberikan pembekalan berupa pelatihan skill tambahan guna memberikan peluang bagi para calon pensiunan yang tetap ingin bekerja selepas masa purnabakti.

Salah satu pilihan yang menjadi primadona dalam menghadapi masa pensiun adalah dengan membuka usaha, berdagang atau menekuni hobi yang kemudian dikembangkan sebagai ladang bisnis. Tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama dan sembari membangun bisnis, Anda tentu harus memastikan bahwa tidak ada perubahan gaya hidup sebelum dan sesudah pensiun? Bagaimana cara memastikan bahwa Anda tetap dapat hidup dengan nyaman pasca pensiun? Salah satunya dengan mendaftar asuransi.

Produk proteksi dana pensiun adalah pilihan cerdas bagi pekerja masa kini yang menginginkan pengaturan keuangan yang rapi demi menyongsong masa tua tanpa khawatir dengan menurunnya pendapatan. Apa yang dimaksud Asuransi purnabakti beserta manfaat yang akan Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

1.    Menjaga jumlah tabungan
Saat Anda pensiun, perusahaan dimana Anda mengabdi akan memberikan Anda uang pensiun yang biasanya ditransfer secara penuh. Pada hari Anda menerima uang pensiun, uang di tabungan Anda akan bertambah namun hari demi hari jumlahnya akan menyusut karena tidak ada pendapatan yang masuk ke rekening Anda. Produk proteksi yang diberikan secara berkala saat Anda pensiun akan mengamankan jumlah uang yang ada di tabungan Anda.

2.    Dapat menjaga keamanan keuangan saat ada pengeluaran yang besar
Memasuki masa lepas tugas kerja tidak lantas meniadakan risiko dalam hidup. Kejadian darurat yang membutuhkan biaya besar seperti adanya kecelakaan juga sering menjadi ancaman bagi keluarga pensiunan karena biaya yang dikeluarkan untuk penyembuhan di rumah sakit sangat besar. Dana pensiun dari perusahaan proteksi akan membuat Anda selalu siap kapanpun kemalangan terjadi dalam hidup Anda.

3.    Memenuhi keinginan yang belum terpenuhi
Pada usia produktif, sangat wajar jika Anda memiliki segudang keinginan untuk diwujudkan. Namun kadangkala keinginan itu harus dikalahkan sementara oleh kebutuhan hidup yang lebih mendesak seperti uang sekolah anak dan berbagai cicilan. Pada saat pensiun, dana pertanggungan dapat Anda gunakan untuk mewujudkan keinginan yang belum terpenuhi .
Semua orang menginginkan usia senja yang damai tanpa harus direpotkan dengan permasalahan keuangan. Asuransi bertujuan memberikan dukungan penuh terhadap kehidupan Anda dan keluarga di saat usia semakin menua. Tidak ada kekhawatiran tentang bagaimana Anda harus menjalani hari senja nanti karena Anda sudah cermat memproteksi diri Anda sejak usia muda.

Anda dapat menjalani usia lanjut dengan bahagia bersama perlindungan dana pensiun dari Sequis. Produk yang dapat Anda pilih untuk tujuan ini yaitu Asuransi Retirement Life Plan yang memiliki berbagai keunggulan diantaranya:

1.    Uang Pertanggungan (UP) akan dibayarkan jika Tertanggung meninggal dunia sebelum atau sesudah usia pensiun (berdasarkan plan yang dipilih)

2.    Death Terminal Bonus*akan dibayarkan sampai 100% UP (sesuai dengan tabel perhitungan Tahun Polis pada saat tertanggung meninggal dunia)

3.    Manfaat pensiun 100% dari UP dibayarkan jika Tertanggung tetap hidup pada usia akhir tahun Polis (berdasarkan plan yang diambil)

4.    Manfaat Jatuh Tempo akan dibayarkan 100% dari UP jika Tertanggung mencapai usia 100 tahun ditambah Maturity Terminal Bonus hingga 100% dari UP

5.    Bisa dikombinasikan dengan asuransi tambahan (Rider)
 

Jika Anda tertarik untuk menyiapkan investasi masa tua dengan asuransi dana pensiun, silakan menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau mengirimkan email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?