Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Memilih Asuransi Jiwa Terbaik sebagai Warisan untuk Keluarga

31 Agustus 2020



Semua orang ingin bahagia dan menjalankan masa depan yang menyenangkan. Tentunya, itu juga yang Anda dan keluarga ingin rasakan. Alhasil, semua hal yang Anda lakukan setiap harinya selalu diiringi harapan untuk memberi kebahagiaan dan mewujudkan impian hidup bahagia orang tercinta pada masa depan.  

Namun, perjalanan untuk meraih hari esok yang lebih baik rasanya akan selalu dihinggapi tantangan dan rintangan. Risiko kehidupan seperti menderita sakit, terkena bencana alam, kecelakaan hingga kematian juga bisa datang kapan saja. Rencana yang sudah disusun rapi bisa mendadak buyar bila Anda tidak memiliki proteksi. Nah, dalam situasi seperti inilah asuransi jiwa memiliki peran penting untuk membantu semua orang bisa mewujudkan rencana indah pada masa depan.

Jenis Asuransi Jiwa
Ada banyak produk asuransi jiwa terbaik yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi di Indonesia. Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya Anda memahami jenis-jenis asuransi jiwa yang ada di Indonesia. 

A.    Asuransi jiwa berjangka (term life insurance)
Asuransi jiwa berjangka adalah asuransi yang memberikan perlindungan kepada Tertanggung/pemegang polis, dengan jangka waktu sesuai dengan kesepakatan yang berlaku. Jangka waktu tersebut bisa 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, dan seterusnya. Untuk premi, asuransi jiwa berjangka memiliki premi yang relatif lebih murah dibandingkan dengan jenis asuransi jiwa lainnya. Asuransi jiwa berjangka juga menawarkan kebebasan menentukan premi sesuai dengan kemampuan Tertanggung. Intinya adalah premi terjangkau, namun proteksi maksimal.

B.    Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance)
Asuransi jiwa seumur hidup ini merupakan asuransi yang ditujukan untuk (calon) Tertanggung yang ingin mendapatkan perlindungan seumur hidupnya sesuai ketentuan dalam polis dengan periode pembayaran tertentu sesuai yang disepakati di awal. Bila dibandingkan dengan asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup memiliki premi yang relatif lebih besar. Kelebihannya adalah tidak perlu bayar seumur hidup untuk perlindungan seumur hidup. Premi yang sudah dibayarkan dapat digunakan untuk membayar premi yang akan datang. Premi juga tidak akan hangus dan dapat diambil keseluruhan usai kontrak asuransi berakhir.

C.    Asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance)
Asuransi jiwa dwiguna menawarkan dua manfaat utama, yakni manfaat meninggal dunia dan manfaat hidup. Asuransi jiwa dwiguna memiliki karakteristik berupa manfaat Uang Pertanggungan saat Tertanggung meninggal dunia dan manfaat Uang Pertanggungan bila Tertanggung masih hidup pada akhir Masa Pertanggungan. Selain manfaat hidup dan manfaat meninggal dunia, asuransi dwiguna memiliki nilai tunai yang bisa dijadikan sebagai dana pendidikan anak atau dana di hari tua. 

D.    Asuransi jiwa unit-link
Asuransi jiwa unit link adalah penggabungan antara asuransi dan investasi atau disebut juga dengan PAYDI (produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi). Karakteristik asuransi ini cukup unik karena memenuhi kebutuhan nasabah yang ingin mendapatkan perlindungan jiwa sekaligus berinvestasi. Hasil pengembangan atau return investasi bisa ditarik dalam kurun waktu tertentu. Bahkan umumnya return investasi bisa digunakan untuk membayar biaya asuransi. Namun karena investasi tersebut tergantung pada kondisi pasar yang tidak bisa ditentukan fluktuasinya maka kerugian investasi tetap ditanggung oleh nasabah, ada faktor risiko bahwa pengembangan investasi tidak sesuai harapan awal. Oleh sebab itu biasanya profil risiko nasabah harus terlebih dahulu diketahui untuk menentukan produk investasi yang tepat.

Asuransi Jiwa sebagai Warisan
Asuransi jiwa bisa dijadikan sebagai proteksi, investasi, dan warisan. Intinya, asuransi akan meminimalkan risiko/beban finansial yang ditimbulkan saat nasabahnya jatuh sakit, kecelakaan, hingga kematian. Jadi, nasabah asuransi tidak perlu lagi mencemaskan kehidupan keluarga bila risiko-risiko tersebut muncul karena ahli waris (penerima manfaat asuransi) akan diberikan sejumlah Uang Pertanggungan (UP) sesuai dengan ketentuan polis. Dengan kata lain, asuransi akan menjadi warisan buat orang-orang yang ditinggalkan. 

Memilih asuransi jiwa terbaik sebagai warisan untuk keluarga makin terasa sebagai sebuah langkah tepat karena UP bisa langsung dimanfaatkan oleh keluarga. Ini tentunya berbeda dengan bentuk warisan lain seperti rumah, harta, atau tanah yang harus melalui proses pemindahan tangan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ahli waris.

Selain itu, ahli waris asuransi jiwa juga tidak dikenakan biaya pengambilan hak, pajak balik nama, atau biaya-biaya administrasi lainnya seperti yang terjadi dalam proses pengurusan warisan aset tanah, rumah, atau uang. Dengan begitu, nasabah sebagai Tertanggung sudah menjamin ketersediaan manfaat kepada keluarga tercinta sekaligus memudahkan mereka mendapatkannya.

Nah, setelah memahami beragam jenis produk asuransi jiwa dan manfaat yang bisa didapatkan, sudah waktunya buat Anda untuk memilih asuransi jiwa terbaik, tepercaya, dan sesuai kebutuhan.
Asuransi Jiwa milik Sequis, yakni Asuransi Millenium Gold Plus Rupiah bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Asuransi Millenium Gold Plus Rupiah layak dipertimbangkan dalam bagian perencanaan keuangan Anda karena memberikan manfaat pengembalian yang menarik ditambah manfaat asuransi atas risiko meninggal dunia bukan atau karena kecelakaan. Selain itu, proses Underwriting yang sederhana menjadi nilai plus karena akan memudahkan calon nasabah memiliki Asuransi Millenium Gold Plus Rupiah

Asuransi Jiwa dwiguna yang memberikan perlindungan terhadap risiko meninggal dunia serta manfaat pengembalian premi ini memiliki beragam keunggulan, di antaranya:
a.    135% pengembalian premi 
b.    Perlindungan asuransi atas risiko meninggal dunia hingga 200% Uang Pertanggungan (UP)
c.    Masa perlindungan yang panjang, masa pembayaran premi yang singkat 
d.    Premi yang sudah dibayar akan diakumulasi menjadi kekayaan yang dibayarkan dalam bentuk Manfaat Hidup
e.    Proses seleksi Underwriting yang mudah tanpa pemeriksaan kesehatan (berlaku untuk nilai UP risiko awal dan usia tertentu)

Jadi jangan tunggu siapkan warisan terbaik untuk keluarga Anda sekarang. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mempelajari produk- produk asuransi di www.sequis.co.id atau konsultasi langsung dengan Sequis Center di nomor telepon (+62-21) 2994 2929

Butuh bantuan ?