Daftar Asuransi Jiwa Terbaik dan Tepercaya

27 November 2020



Sebelum membeli produk asuransi jiwa, mari kita pahami dulu jenis-jenis asuransi jiwa yang ada di Indonesia. Tujuannya, agar kita lebih cermat sebelum membeli asuransi dan tidak terjebak dengan membeli produk yang tidak sesuai kebutuhan kita yang akan merugikan kita tentunya. Berikut 4 macam asuransi jiwa yang sering ditawarkan:

Asuransi jiwa berjangka (term life insurance)
Asuransi jiwa berjangka atau term life memberikan perlindungan kepada Tertanggung/pemegang polis, dengan jangka waktu sesuai dengan kesepakatan yang berlaku. Jangka waktu tersebut bisa 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun, dan seterusnya. Sedangkan, untuk masalah premi, asuransi jiwa berjangka memiliki premi yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan jenis asuransi jiwa lainnya. Menariknya lagi, asuransi jiwa berjangka juga menawarkan kebebasan menentukan premi sesuai dengan kemampuan Tertanggung. Intinya adalah premi terjangkau, namun proteksi maksimal.

Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance)
Whole life insurance merupakan asuransi yang ditujukan untuk (calon) Tertanggung yang ingin mendapatkan perlindungan seumur hidupnya sesuai ketentuan dalam polis dengan periode pembayaran tertentu sesuai yang disepakati di awal. Jika dibandingkan dengan asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup memiliki premi yang relatif lebih tinggi. Namun kelebihannya adalah tidak perlu bayar seumur hidup untuk perlindungan seumur hidup. Premi yang sudah dibayarkan dapat digunakan untuk membayar premi yang akan datang. Premi juga tidak akan hangus dan dapat diambil keseluruhan usai kontrak asuransi berakhir.

Asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance)
Sesuai namanya, asuransi jiwa dwiguna menawarkan dua manfaat utama, yakni sebagai asuransi berjangka sekaligus tabungan. Asuransi jiwa dwiguna memiliki karakteristik berupa manfaat Uang Pertanggungan saat Tertanggung meninggal dunia dan sekaligus memberikan seluruh Uang Pertanggungan jika Tertanggung masih hidup pada akhir Masa Pertanggungan. Dua manfaat inilah yang membuat tipe ini disebut dwiguna.

Asuransi jiwa dwiguna juga dapat memberikan uang pertanggungan apabila Tertanggung mengalami kematian sebelum masa Pertanggungan berakhir. Selain manfaat hidup dan manfaat meninggal dunia, asuransi dwiguna memiliki nilai tunai yang bisa dijadikan sebagai dana pendidikan anak atau dana pensiun. Anda juga bisa mengombinasikan  dengan asuransi kesehatan seperti Sequis Q Infinite MedCare Rider dan Sequis Q Health Platinum Plus Rider.

Asuransi jiwa unit-link
Asuransi jiwa unitlink adalah penggabungan antara asuransi dan investasi atau disebut juga dengan PAYDI (produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi). Karakteristik asuransi ini cukup unik karena memenuhi kebutuhan nasabah yang ingin mendapatkan perlindungan jiwa dan kesehatan sekaligus kebutuhan berinvestasi. Salah satu keunggulannya tentu saja kepraktisannya karena Anda bisa berinvestasi sekaligus mendapatkan perlindungan asuransi dalam produk yang sama. 
Terlebih, hasil pengembangan atau return investasi bisa ditarik dalam kurun waktu tertentu. Bahkan umumnya return investasi bisa digunakan untuk membayar biaya asuransi tambahan atau untuk penarikan dana (withdrawal). Namun karena investasi tersebut tergantung pada kondisi pasar, dan kerugian investasi tetap ditanggung oleh nasabah, ada faktor risiko bahwa pengembangan investasi tidak sesuai harapan awal.

Nah setelah memahami beragam produk asuransi, pilihlah asuransi jiwa terbaik  dan tepercaya sesuai kebutuhan Anda. Cek kembali kemampuan finansial untuk membayar premi. Jangan sampai ada masalah dalam proses pembayaran premi asuransi jiwa. Ingat! asuransi tidak harus mahal, semua disesuaikan dengan tujuan kita untuk masa depan yang lebih baik lagi.

Butuh bantuan ?