Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jika Tak Punya Hobi Ekstrem, Premi Asuransi Anda Bisa Murah

7 Januari 2020


Siapa bilang premi asuransi mahal. Premi asuransi Anda bisa mura bila tidak memiliki hobi olahraga ekstrem


Hasil dari sebuah riset yang dipublikasikan dalam Annals of Behavioral Medicine juga menyatakan, bahwa hobi dapat menghilangkan stress seseorang.

Namun siapa sangka, ternyata hobi turut menjadi salah satu hal yang disoroti perusahaan asuransi ketika menilai calon nasabahnya. Orang-orang dengan hobi tertentu terutama olahraga ekstrem, berpotensi dikenakan premi yang lebih besar.  Karena, risiko terjadinya kecelakaan juga sangat tinggi. Detailnya seperti ini: Anda akan diminta untuk mengisi Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) saat mendaftarkan diri di perusahaan asuransi. Di dalam formulir, Anda akan menemukan rentetan pertanyaan yang harus dijawab secara jujur.

Nah, pertanyaan tentang hobi kerap kali diabaikan oleh nasabah atau mengisinya secara asal-asalan. Padahal, tindakan tersebut bisa memengaruhi proses klaim tertanggung nantinya.

Bila keterangan hobi tidak disertakan, ada kemungkinan klaim tidak akan dibayarkan jika tertanggung mengalami kecelakaan atau meninggal dunia saat melakukan aktivitas yang berkaitan dengan hobinya. Lalu hobi seperti apakah yang harus diperhatikan oleh nasabah serta bisa membuat premi menjadi murah atau mahal?

Hobi-hobi yang diperhitungkan

Beberapa pekerjaan yang memiliki tingkat bahaya tinggi, seperti militer, pilot, dan buruh tambang, sering menjadi perhatian khusus oleh perusahaan asuransi sebelum menerbitkan polis asuransi calon nasabah dan perusahaan asuransi bisa membebankan biaya premi lebih (ekstra premi) untuk menyeimbangkan potensi risiko tertanggung.

Selain pekerjaan, orang-orang dengan hobi yang mengandung risiko besar juga turut menjadi perhatian. Beberapa hobi, kegiatan, atau olah raga yang dinilai mengandung risiko tersebut di antaranya:

1.  Balap mobil
2.  Balap motor
3.  Balap kuda
4.  Berlayar
5.  Mendaki gunung
6.  Bertinju
7.  Memanjat tebing
8.  Terjun payung (sky diving)
9.  Bungee jumping
10. Cave diving
11. Gantolle
12. Kite surfing, dll.

Apakah ada salah satu dari daftar di atas yang merupakan hobi Anda? Jika tidak, Anda kemungkinan besar bisa mendapatkan asuransi jiwa dengan premi lebih murah. Namun menggemari kegiatan-kegiatan ekstrem tersebut, sudah sepatutnya  disertakan dalam keterangan di Surat Permintaan Asuransi (SPA). Keterbukaan Anda kepada agen pemasaran akan mempermudah pengajuan klaim pada masa depan.

Keterbukaan dan kejujuran adalah kunci. Jangan dulu dipusingkan dengan besaran premi. Toh, tidak semua penggiat hobi ekstrem akan dikenakan premi tinggi. Sebab, perusahaan asuransi akan melakukan riset secara komplet tentang hobi calon nasabah.

Premi calon nasabah dengan hobi yang hanya dilakukan satu tahun sekali atau per semester tentu tidak akan disamakan atlet profesional yang terbiasa melakukan kegiatan ekstrem, Sequis menyediakan pilihan produk jaminan perlindungan jiwa yang cocok untuk melindungi Anda dari risiko hobi yang berbahaya, dapatkan informasinya di sini. Jika ada pertanyaan terkait pengajuan asuransi di sequis, jangan ragu untuk mengkonsultasikannya dengan Sequis personal assistant di www.sequis.co.id . Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?