5 Keuntungan Memiliki Asuransi Pendidikan dari Sekarang

30 Agustus 2019



Biaya pendidikan relatif naik tiap tahun. Sayangnya, pendapatan bisa terhenti kapan saja karena hal yang tidak diinginkan. Alhasil kita jadi kesulitan membayar biaya pendidikan yang terus membengkak.

Terlepas dari kejadian itu, jangan sampai orang tua mengorbankan pendidikan anak. Nah oleh sebab itu, asuransi pendidikan menjadi pilihan tepat agar para orang tua nggak pusing mikirin urusan biaya pendidikan yang terus membengkak.

Secara umum, asuransi pendidikan berfungsi untuk menjamin biaya pendidikan tertanggung (anak) hingga mereka menyelesaikan pendidikan. Prosedurnya, orang tua sebagai nasabah harus membayar premi sesuai sesuai dengan kesepakatan. Lalu, ketika anak (sebagai tertanggung) memasuki jenjang pendidikan tertentu, nasabah bisa mencairkan dana sejumlah ketentuan polis asuransi pendidikan yang dipilih.

Biar tambah yakin, yuk simak lima keuntungan memiliki asuransi pendidikan.

Jaminan dana pendidikan 
Keamanan dan kepastian pendidikan tertanggung merupakan goal utama dalam asuransi ini. Terutama ketika nasabah mengalami kesulitan untuk membiayai pendidikan anak (tertanggung). Asuransi pendidikan akan menjamin dana tersebut biasanya hingga selesai. Asuransi pendidikan lebih bisa diandalkan dibandingkan sekadar tabungan pendidikan yang pada umumnya berbunga rendah. Belum lagi biaya pendidikan yang terus meningkat.

Pengaturan keuangan yang lebih baik
Karena premi asuransi harus secara konsisten dan teratur dibayarkan dalam periode tertentu, nasabah akan terdorong untuk mengatur anggaran secara berkala, mendorong gaya hidup hemat, serta menabung dan memiliki dana darurat (untuk pendidikan).

Asuransi pendidikan biasanya termasuk banyak hal lainnya
Sudah banyak produk asuransi pendidikan yang disertai dengan asuransi kesehatan atau bahkan asuransi jiwa. Dengan demikian, asuransi pendidikan akan berperan sebagai asuransi jiwa dan asuransi kesehatan pula.

Perlu diingat bahwa biaya perawatan anak akan terus meningkat, begitu juga dengan biaya pendidikan. Jika Anda mengalokasikan biaya hanya untuk perawatan anak, pendidikan anak pun biayanya harus dikumpulkan dari awal. Di sinilah asuransi pendidikan berperan untuk membantu Anda.

Premi rendah sesuai finansial
Asuransi pendidikan memiliki premi yang relatif fleksibel, berbeda dengan asuransi kesehatan yang bergantung pada kondisi kesehatan. Gambaran besarnya premi yang harus disetorkan bisa diperkirakan dari kondisi finansial Anda. Bila finansial kurang mendukung, Anda bisa mendapat opsi premi yang ekonomis. Dan bila finansial Anda mendukung, maka jenjang yang asuransi pendidikan cover akan semakin tinggi pula. Kabar baiknya, premi asuransi pendidikan bahkan bisa disetorkan dalam jangka waktu tiga bulan sekali atau setengah tahun sekali, tergantung pada kesepakatan awal. Jadi, tidak kaku setiap sebulan sekali. 

Perlindungan jiwa untuk jaminan masa depan pendidikan anak
Asuransi pendidikan memberikan jaminan pendidikan anak. Kenapa? Karena dana pendidikan dijamin keluar meski ada risiko menimpa orang tua (pencari nafkah), seperti kematian atau sakit. Artinya, pendidikan anak bisa terus berlanjut karena dana pendidikan tetap dibayarkan sesuai jadwal. Selain itu, ada santunan meninggal yang diberikan asuransi bila orang tua meninggal dunia. Nantinya biaya santunan itu bisa ditabung untuk kebutuhan masa depan.

Butuh bantuan ?