Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Asuransi Pendidikan

2 September 2020



Apakah memiliki asuransi pendidikan menjadi langkah tepat untuk menjamin ketersediaan biaya sekolah anak? Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak Anda. Jawabanya adalah ya sangat tepat! Asuransi pendidikan dibutuhkan agar Anda tidak lagi pusing memikirkan kenaikan biaya sekolah pada masa depan. 
Selain itu, perusahaan asuransi juga akan menjamin dana pendidikan anak bila sewaktu-waktu Anda sebagai orang tua meninggal dunia atau cacat tetap sehingga tidak lagi bekerja serta punya penghasilan. 

Lalu, hal lain apa saja yang harus diketahui mengenai asuransi pendidikan?

1.    Berapa uang proteksi jiwa?
Sebelum membeli asuransi pendidikan, Anda harus mengetahui besar kecilnya uang proteks jiwa. Anda harus menanyakan kepada agen asuransi mengenai jumlah uang pertanggungan yang bisa diklaim ketika pihak tertanggung meninggal dunia. 

2.    Instrumen investasi yang digunakan
Salah satu jenis asuransi pendidikan adalah asuransi pendidikan unit link. Di dalam asuransi unit link ini terdapat unsur investasinya. Dalam hal ini, Anda tanyakan dengan jelas apa instrumennya dan pahami keuntungan serta kemungkinan risiko yang terjadi.

3.    Jumlah potongan-potongan yang dilakukan perusahaan
Asuransi pendidikan juga terdapat potongan-potongan setiap bulan. Oleh karena itu, tanyakan dengan jelas jumlah uang yang dipotong. Biasanya pada lima tahun pertama potongan premi cukup besar. Akibatknya uang yang digunakan untuk investasi jadinya menurun. 

4.    Periode pembayaran premi dan masa pertanggungan
Biasanya setiap perusahaan asuransi memiliki penawaran yang berbeda-beda. Jangan sampai Anda lupa tidak membayar premi karena Anda mengira masa pembayaran telah usai.

Demikian uraian tentang hal-hal penting yang harus Anda ketahui sebelum membeli asuransi pendidikan. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai asuransi, Anda bisa menghubungi langsung melalui Sequis Center di nomor telepon (+62-21) 2994 2929.

Butuh bantuan ?