Jelang Tahun Ajaran Baru, Kenali Asuransi Pendidikan Terbaik

16 Maret 2021



Bulan Maret menjadi bulan krusial buat para orang tua. Sebab, pada bulan inilah biasanya orang tua harus mendaftarkan anaknya ke sekolah untuk tahun ajaran yang baru. 

Sebagian orang tua sudah pasti senang karena sang buah hati akan bersosialisasi di sekolah. Sebagian lagi sudah tentu dibuat pusing karena biaya sekolah tidaklah murah. Bahkan, biaya untuk masuk ke Taman Kanak-anak (TK) sudah mencapai belasan hingga puluhan juta pada saat ini.
Buat yang kebingungan dengan biaya sekolah, rasanya belum memahami manfaat dari asuransi pendidikan. Ketidaktahuan mereka bisa karena kurang mendapatkan informasi mengenai literasi keuangan atau karena kesengajaan untuk terus-menerus menunda menyiapkan dana untuk asuransi pendidikan anak.

Bagi yang belum menyiapkan karena minim informasi literasi keuangan, sudah pasti banyak pertanyaan di benak mereka. Untuk membantu mereka menyiapkan masa depan anak yang lebih baik, yuk kita kupas tuntas mengenai asuransi pendidikan.

Baca Juga
Pendidikan Anak Lebih Terjamin dengan Asuransi Pendidikan
Meraih Pendidikan Tinggi dengan Asuransi Pendidikan
Asuransi Pendidikan Bantu Anak Mendapat Pendidikan Terbaik
Asuransi Pendidikan VS Tabungan Pendidikan: Pilih yang Mana?
Menyiapkan Dana Pendidikan Anak dengan Asuransi Pendidikan

Apa yang dimaksud dengan asuransi pendidikan?
Asuransi pendidikan adalah sebuah bentuk jaminan biaya sekolah anak yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Nantinya, perusahaan akan tetap menjamin ketersediaan uang pendidikan buat anak walau orang tua, yang notabene bertugas sebagai pencari nafkah meninggal dunia atau cacat tetap yang menyebabkan kehilangan pendapatan. 

Bagaimana cara kerja asuransi pendidikan?
Asuransi pendidikan disediakan oleh lembaga jasa keuangan non bank yang merupakan pengembangan dari produk asuransi jiwa. Inilah nilai plus yang dimiliki asuransi pendidikan. 
Bila orang tua meninggal atau mengalami cacat, anak akan mendapat dana santunan, dan juga dana pendidikan yang akan dibayarkan oleh perusahaan sesuai dengan jadwal pencairan yang ada di buku perjanjian polis. Kemudian secara otomatis kewajiban untuk membayar premi akan berakhir.

Apa yang harus diperhatikan sebelum memilih asuransi pendidikan?
Langkah pertama yang paling penting adalah mengenali produk yang ingin diambil. Dengan begitu, Anda akan dengan mudah mengenali kelemahan dan kelebihan setiap produk.
Selanjutnya, pilih penyedia layanan asuransi yang kredibel dan tepercaya. Setelah itu, pastikan Anda mengomunikasikan jenis produk yang Anda butuhkan kepada agen asuransi agar dipastikan mendapat produk yang tepat. Biasanya agen akan membuat ilustrasi agar Anda memahami manfaat produk yang akan Anda ambil.

Pastikan Anda sudah merencanakan pendidikan anak dengan baik untuk dapat memilih program jaminan yang sesuai untuk buah hati Anda. Misalnya, pertimbangkan jenjang pendidikan dan jenis sekolah yang Anda serta anak inginkan. Apakah anak Anda akan belajar hingga Strata 1 atau Strata 2? Apakah anak Anda akan bersekolah di sekolah negeri atau swasta? Hal-hal tersebut juga akan menentukan besar premi yang harus Anda bayarkan tiap bulan.

Apakah asuransi pendidikan menguntungkan?
Tentu saja menguntungkan. Ingat, biaya pendidikan selalu naik setiap tahun. Inflasi yang terlampau tinggi diprediksi akan membuat biaya kuliah di universitas favorit di Indonesia mengalami kenaikan hingga Rp 40-60 juta pada lima tahun mendatang. Nah, dengan memiliki asuransi pendidikan, Anda tak perlu risau memikirkan biaya sekolah anak. Pendidikan anak juga akan terjamin dari SD, SMP, SMA, hingga Universitas. Dalam praktiknya, biaya pendidikan akan tetap dibayarkan oleh perusahaan asuransi walau orang tua selaku pemberi nafkah mengalami musibah kecelakaan yang menyebabkan cacat atau meninggal dunia.

Butuh bantuan ?