Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Penting! Ini Alasan Asuransi Rawat Jalan Harus Dimiliki

23 Oktober 2020



Banyak orang sudah memiliki asuransi kesehatan tapi tidak banyak yang tahu akan manfaat produk asurans ikesehatan lainnya. Salah satunya adalah asuransi rawat jalan. Jenis perlindungan ini biasanya merupakan manfaat tambahan dari asuransi rawat inap. Program ini memberikan jaminan perlindungan pengobatan yang dilakukan tanpa perawatan dan penanganan khusus di rumah sakit. Dengan kata lain, pasien hanya perlu mengonsumsi obat yang diperlukan dan mengunjungi rumah sakit untuk kontrol dalam jangka waktu yang ditentukan karena mereka tidak memerlukan pengawasan langsung dari dokter seperti saat mereka dirawat inap di rumah sakit. 

Asuransi rawat jalan menjadi preferensi sebagian besar orang karena manfaat yang bisa mereka dapatkan. Banyak orang akan berobat ke rumah sakit atau klinik terdekat saat mereka sakit. Mereka akan mendapatkan resep dari dokter untuk proses penyembuhannya tanpa perlu penanganan khusus jika memang penyakit yang diderita adalah jenis penyakit ringan. Sangat jarang orang menginginkan perawatan inap di rumah sakit jika penyakit mereka tidak terlaluberat. Hal ini lah yang menjadi alasan mengapa produk asuransiini banyak diminati oleh banyak orang. 

Untuk mendapatkan biaya pertanggungan rawat jalan, ada beberapa ketentuan yang ditetapkan mengenai kapan dan bagaimana biaya pertanggungan dapat diklaim. Biaya pertanggungan ini bisa diberikan selama Anda berobat jalan dan selama rumah sakit yang Anda tuju bisa memberikan pengobatan yang memenuhi peraturan yang ada. Jadi, Anda diharapkan untuk memahami betul kebijakan yang sudah Anda sepakati di awal dengan perusahaan penyedia layanan asuransi. 

Sebelum mendaftarkan diri, ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memiliki perlindungan rawat jalan.

Pertama adalah premi yang harus Anda setorkan secara rutin. Pembayaran premi ini akan dibayarkandalam jangka waktu yang cukup lama, jadi sebaiknya sesuaikan besarannya dengan penghasilan Anda. Dengan begitu, pembayaran premi akan berjalan dengan lancar dan tidak macet di tengah jalan. 

Kedua adalah sistem klaim biaya pertanggungan. Anda bisa memilih sistem klaim reimburse atau cashless. Sistem reimburse mengharuskan Anda membayarkan biaya dengan uang pribadi terlebih dahulu, baru kemudian Anda bisa mengajukan klaim ke perusahaan untuk mendapatkan penggantian. Sedangkan sistem cashless adalah sistem nontunai dimana Anda dapat membayar biaya pengobatan dengan kartu asuransi. Sangat mudah bukan? 

Ketiga adalah pertanggungan yang ditanggungoleh asuransi. Biasanya biaya pertanggungannya meliputi biaya kontrol dokter, biaya obat-obatan, laboratorium, dan tindakan lainnya yang diperlukan. Poin ketiga ini juga mencakup rumah sakit mana yang bisa Anda datangi, frekuensi kunjungan dalam tiap bulan atau tahun, dan jumlah maksimal biaya pertanggungan. 

Semua hal yang disebutkan di atas tercantum dalam polis asuransi dimana hak dan kewajiban Anda sebagai pemegang polis juga terdapat di dalamnya. Pastikan Anda memahami setiap poinnya agar tidak terjadi kesalahpahaman yang akhirnya menimbulkan kerugian nantinya. 

Paling penting adalah memilih provider asuransi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan terburu-buru memilih, pastikan Anda membandingkan produk perlindungan di beberapa perusahaan agar menemukan yang cocok untuk Anda. Ada baiknya juga mencari beberapa referensi dari teman atau kerabat yang sudah terlebih dahulu menggunakan produk asuransirawat jalan. 

Bila masih bingung memilih penyedia layanan perlindungan tepercaya yang menawarkan produk sesuai kebutuhan Anda, silakan mempelajari profil dan produk Sequis di sini. Apabila membutuhkan bantuan untuk mempertimbangkan jenis proteksi yang dibutuhkan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Nah, jika Anda sudah menemukan produk yang cocok dan yakin dengan pilihan Anda, jangan tunggu lama-lama. Segera miliki asuransi rawat jalan untuk mendapatkan manfaatnya.

Butuh bantuan ?