Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mencari Perusahaan Asuransi Terbaik



Menurut data yang dimiliki Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terhitung hingga akhir 2019 telah terdaftar penyedia asuransi jiwa sekitar 50 perusahaan, dan proteksi umum sejumlah 76 perusahaan. Dengan jumlah sebanyak itu, wajar bila Anda merasa bingung memilih perusahaan asuransi terbaik untuk Anda dan keluarga. 

Sebagai konsumen yang cerdas, Anda mesti jeli dalam menilai perusahaan yang dapat diandalkan untuk memberikan perlindungan bagi nasabahnya. Penting kiranya untuk meluangkan waktu mencari informasi dan membandingkan berbagai perusahaan asuransi yang ada. 
Untuk membantu Anda memilih perusahaan terbaik, berikut ini terangkum kiat-kiat yang dapat dijadikan acuan. 

1.    Periksa kesehatan perusahaan 
Perusahaan asuransi harus memiliki kondisi keuangan yang sehat dan kinerja yang baik. Ada 10 tolok ukur yang menandakan perusahaan dalam kondisi yang sehat menurut Menurut penilaian InfoBank dalam Rating 123 Asuransi versi InfoBank, yaitu: 

A.    Memiliki rasio Risk Based Capital (RBC) atau Rasio Solvabilitas yang besar
B.    Rasio likuiditas tinggi 
C.    Dana jaminan untuk nasabah besar 
D.    Aktiva tetap tidak melebihi angka 25%
E.    Nilai perubahan premi bruto mencapai 33% atau lebih
F.    Pendapatan premi neto atas modal sendiri berada di angka di bawah atau sama dengan 300%
G.    Pendapatan investasi neto terhadap rata-rata investasi sebaiknya lebih besar dari rata-rata suku bunga investasi
H.    Rasio beban klaim neto harus sama atau lebih kecil dari 100%
I.    Investasi/cadangan teknis plus utang klaim nilainya sama dengan atau lebih dari 100%
J.    Rasio laba (rugi) sebelum pajak terhadap rata-rata modal sendiri cenderung sama dengan atau lebih dari rata-rata suku bunga investasi

2.    Cermati prestasi perusahaan 
Langkah untuk menemukan perusahaan asuransi terbaik selanjutnya adalah memeriksa prestasi perusahaan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengunjungi website perusahaan tersebut ataupun melihat pada laman situs berita tepercaya. Prestasi perusahaan dapat dilihat dari penghargaan yang diraih dan testimoni atau pernyataan kepuasan pelanggan. 

3.    Cari tau jumlah rumah sakit rekanan
Semakin banyak rumah sakit rekanan yang bekerja sama dengan penyedia layanan proteksi, akan semakin memudahkan Anda dalam memperoleh pengobatan. Pilihlah perusahaan yang memiliki jumlah rumah sakit relasi yang tersebar di seluruh Indonesia hingga ke luar negeri, misalkan Malaysia dan Singapura. Sehingga, Anda bisa mendapatkan perawatan saat berada di Indonesia dan juga di luar negeri. 

4.    Pertimbangkan pilihan produk yang ditawarkan
Produk asuransi didesain memiliki kelebihan dan kekurangan. Produk yang memiliki manfaat lengkap biasanya seiring dengan biaya premi yang mahal. Sedangkan produk dengan iuran murah cenderung memiliki keterbatasan manfaat. Pilihlah perusahaan yang menyediakan fitur dengan jumlah preminya terjangkau namun sesuai dengan yang Anda butuhkan. 
Mencari perusahaan asuransi terbaik memang tidak mudah dilakukan. Namun dengan menerapkan kiat-kiat di atas, Anda pasti akan menemukan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 
Jangan ragu untuk mengunjungi website perusahaan asuransi dan bertanya kepada agen pemasaran terkait kebutuhan perlindungan Anda. Bila ingin mengetahui produk proteksi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial, silakan berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistent di sini. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?