Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Awas Tertipu, Ayo Kenali Ciri-ciri Investasi Bodong

22 Juni 2023


Ilustrasi Covid-19 Omicron (Sumber foto: Berita Satu)


Penipuan berbalut investasi atau investasi bodong marak terjadi dalam satu dekade terakhir. Kemajuan teknologi dan kemudahan mengakses aplikasi investasi online digadang-gadang menjadi salah satu penyebab yang membuat masyarakat makin mudah tertipu investasi bodong.

Investasi bodong biasanya menawarkan imbal hasil yang besar dan sangat menggiurkan. Oleh karena itu para korban cepat tertarik dan tidak berpikir panjang untuk melakukan investasi. Padahal janji muluk investasi biasanya berujung penipuan yang merugikan masyarakat. Nah demi menghindari investasi bodong, ada baiknya mencermati beberapa tips berikut ini:  

Menawarkan Keuntungan Terlalu Tinggi
Konsep sederhana investasi adalah high risk, high return atau makin besar keuntungan yang ingin didapat, makin besar risikonya. Jadi, tidak ada sekuritas atau perusahaan investasi yang secara gamblang menjanjinkan keuntungan tinggi kepada investor.

Baca Juga
Ingin Meraih Kemerdekaan Finansial? Yuk, Investasi
Tips Terhindar dari Investasi Bodong
Gaji Ngepas Bisa Kok Berinvestasi
Rekomendasi Asuransi Unit Link Sequis untuk 2023
Pengertian Dana Pensiun, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

Investasi, terutama investasi pasar modal adalah dunia yang penuh perhitungan. Ada analisis fundamental dan teknikal  di dalamnya. Harga saham perusahaan juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi negara dan global, kinerja dan uang kas perusahaan,  hingga kondisi politik suatu negara. Jadi, tidak ada yang bisa menggaransi saham tertentu bisa memberikan keuntungan hingga 50% atau selalu memberikan cuan 10% tiap bulan.

Imbal Hasil Tinggi Dalam Waktu Singkat
Biasanya investasi bodong menawarkan imbal hasil yang dalam waktu cepat atau terlalu singkat. Bahkan, ada yang sesumbar bisa memberikan keuntungan hingga 100% hanya dalam kurun waktu 1-3 bulan. Anda patut curiga dan waspada bila ada penawaran investasi yang menawarkan keuntungan tinggi dalam waktu singkat.

Perusahaan dan Produk Investasi yang Tidak Jelas
Rekam jejak perusahaan investasi bodong biasanya tidak terdeteksi. Perusahaan tersebut juga tidak terdaftar di OJK dan terkesan sembunyi-sembunyi saat menawarkan produk. Bahkan, produk yang ditawarkan juga tidak dipaparkan secara detail. Dalam sejumlah kasus yang kerap muncul di media massa, korban investasi bodong tidak mengetahui produk yang dibeli. Jadi tidak heran, ketika korban meminta pertanggungjawaban, perusahaan investasi bodong juga tidak memiliki pembukuan dan pengelolaan sumber dana yang tidak jelas

Masyarakat harus lebih teliti dalam mengelola uang. Patut diingat, investasi yang baik dan benar tidak pernah menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat. Justru, berinvestasi yang sehat memiliki kemungkinan terjadi risiko.

Jadi, ada baiknya memilih instrumen investasi yang tepat. Jangan lagi terbuai oleh trading/investasi yang sebenarnya bersifat judi. Untuk saat ini, ada produk permodalan dan investasi yang layak dipertimbangkan oleh masyarakat. Kebetulan, investasi ini terbilang mudah bagi para pemula dan menjanjikan imbal hasil yang menarik, yaitu investasi reksa dana.

Bila Anda tertarik untuk mencoba reksa dana, tidak ada salahnya mempercayakan modal Anda kepada Sequis Aset Manajemen (SQAM). Untuk saat ini, SQAM menyediakan beragam pilihan reksa dana, yaitu pasar uang, pendapatan tetap, campuran, dan saham.

Untuk mengetahui perbedaan dan potensi keuntungan produk-produk tersebut, silakan berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant melalui live chat di halaman www.sequis.co.id atau menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21)2994 2929.

Butuh bantuan ?