Belum Pernah Berinvestasi? Yuk Coba Jenis Investasi Ini

10 Juli 2020



Banyak orang ingin berinvestasi tapi merasa takut karena mereka belum memahami bagaimana cara berinvestasi yang benar. Mereka khawatir menggeluti bisnis investasi karena berpotensi merugikan karena mereka tidak memiliki pengalaman yang cukup tentang jenis investasi apa yang menguntungkan dan bagaimana cara mendapatkan keuntungan dengan investasi. Faktanya, siapa saja sebenarnya bisa berinvestasi walaupun belum pernah bergelut di dunia ini sebelumnya. 

Ada banyak jenis investasi yang bisa memberikan banyak keuntungan bagi pelakunya. Sebagai pemula, Anda harus bisa memilih jenis mana yang cocok agar usaha penanaman modal yang Anda jalankan berjalan lancar. Cari referensi sebanyak-banyaknya dari teman atau kerabat dan pelajari produk secara lengkap. Berikut adalah beberapa produk yang bisa digunakan berinvestasi untuk Anda yang baru memulai. 

Deposito berjangka
Deposito berjangka ini dilakukan dalam jangka waktu dan jumlah setoran tertentu. Sebagai pemula, Anda bisa memilih deposito yang jangka waktunya pendek dan jumlah setorannya paling sedikit. Hasil dari jenis investasi baru bisa diambil setelah tanggal jatuh tempo. Jika diambil sebelumnya maka Anda akan terkena penalti. Deposito berjangka terbilang cukup aman dan risikonya kecil.

Emas 
Jenis investasi klasik ini merupakan preferensi banyak orang karena nilai jualnya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Investasi logam mulia bisa berupa batangan, koin, atau perhiasan. Jenis ini sangat cocok untuk pemula karena sifatnya yang aman, stabil, dan tidak terpengaruh oleh inflasi. Selain itu, hasil investasi bisa didapatkan dengan menjual emas yang dapat dilakukan kapan saja dengan cepat dan mudah. Jika ingin memulainya, mulailah dengan berinvestasi dari emas dengan nilai terendah.

Properti 
Jenis investasi properti biasanya berupa tanah dan/atau bangunan. Untuk pemula, Anda bisa membeli properti untuk keperluan pribadi. Mengingat sifat properti yang nilai jualnya selalu meningkat dari masa ke masa, Anda bisa menunggu hingga nilai jual di pasaran tinggi dan kemudian menjualnya. Atau Anda juga bisa menyewakan properti yang Anda punya untuk mendapatkan passive income. Tetapi Anda juga harus sadar akan adanya risiko kerusakan setelah masa sewa selesai. 

Peer to Peer Lending (P2P Lending)
Jenis investasi ini dilakukan secara online antara pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dana. Sebagai pemula, Anda bisa menjadi pemberi pinjaman atau kreditur yang memberikan pinjaman dana dalam jangka waktu yang sudah disepakati. Dana yang Anda pinjamkan akan bertambah karena adanya bunga yang bisa mencapai 18% per tahun. Jangan khawatir soal besarnya modal yang Anda perlukan karena hanya dengan Rp100.000,- Anda bisa memulai investasi jenis ini. 

Mungkin jenis investasi saham adalah jenis investasi yang kurang sesuai untuk orang yang baru mulai berinvestasi karena sifatnya high risk-high return. Artinya, investasi saham berisiko tinggi karena harga saham dapat naik dan turun secara drastis dalam waktu yang relatif cepat, tetapi keuntungan yang didatangkan juga sangat besar. Jadi, jenis investasi ini cocok untuk orang yang sudah memahami segala sesuatu tentang saham dan cara kerjanya. 

Namun ada salah satu investasi lain yang disarankan untuk pemula, yaitu reksadana. Produk ini memang menyasar pada para pemodal yang ingin melakukan investasi namun memiliki waktu dan pengetahuan yang minim tentang usaha permodalan. Dana yang disetorkan lewat reksadana akan diinvestasikan dalam portofolio jenis efek dan dikelola oleh MI (Manajer Investasi). Reksadana memungkinkan siapapun untuk dapat mencoba bisnis permodalan dengan modal yang kecil dan ilmu yang minim. 

Nah, apakah Anda sudah memiliki pilihan jenis investasi yang sesuai? Jangan pernah takut untuk memulai. Yang belum berpengalaman pun bisa meraup keuntungan denganmulai berinvestasi. Apabila berencana untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi pemodal, Sequis Asset Management  menyediakan pilihan produk investasi reksadana saham, pendapatan tetap, pasar uang, dan campuran yang dapat dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan di sini.

Jika membutuhkan bantuan untuk mempertimbangkan produk yang dibutuhkan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant di sequis.co.id. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?