Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

BPJS Kesehatan vs Asuransi Kesehatan: Mana yang Terbaik?

5 Desember 2018



Asuransi kesehatan keluarga memberikan proteksi kesehatan bagi Anda dan keluarga sekaligus. Ini adalah sebuah langkah preventif yang tepat untuk mengantisipasi masa depan yang tidak terprediksi. Menggunakan asuransi kesehatan, maka Anda bisa mendapatkan proteksi atas beragam risiko kesehatan serta dapat meringankan beban biaya medis di saat Anda sakit.

Saat ini telah tersedia banyak perusahaan yang menyediakan produk asuransi kesehatan. Tidak hanya itu, pemerintah juga terus berupaya menjamin kesehatan rakyatnya melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal ini tentu membuat Anda yang ingin mulai menggunakan asuransi kesehatan merasa kebingungan, apakah masih perlu memiliki asuransi kesehatan karena sudah disediakan fasilitas BPJS Kesehatan oleh pemerintah.

Untuk membantu Anda menentukan pilihan, berikut ini perbandingan antara BPJS Kesehatan dengan asuransi kesehatan keluarga.

Ditilik dari segi premi yang dibayarkan

Pada umumnya, asuransi kesehatan keluarga diselenggarakan pihak swasta. Jenisnya pun bermacam-macam, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi finansial. Untuk pembayaran preminya pun Anda akan diberikan pilihan jangka waktu antara satu bulan, tiga bulan, enam bulan, atau satu tahun.

Sementara itu, untuk BPJS Kesehatan preminya disebut juga dengan iuran. Jangka waktu pembayaran iurannya adalah setiap satu bulan sekali. Jumlah yang dibayarkan tergantung kesepakatan awal, Anda bisa memilih dari tiga jenis kelas yang ditawarkan, yakni kelas 1, kelas 2, dan kelas 3.

Dari segi pelayanan

Untuk asuransi kesehatan keluarga, Anda dapat langsung menuju ke rumah sakit terdekat pilihan Anda untuk mendapatkan penanganan tidak memerlukan rujukan sebelumnya. Meski rumah sakit yang dituju tidak bekerja sama dengan asuransi kesehatan milik Anda, pada umumnya mereka bisa menerima sistim reimbursement. Prosedur yang harus Anda lalui pun tidak akan berbelit dan makan waktu. Proses klaim pun bisa dilakukan secara cepat.

Lain halnya dengan BPJS Kesehatan. Program pemerintah ini menggunakan layanan yang berjenjang. Prosedurnya diawali dengan meminta rujukan pada Fasilitas Kesehatan Pertama (Faskes I). Dari sana Anda akan dirujuk pada rumah sakit yang telah menjadi mitra. Ada kalanya proses ini akan memakan banyak waktu.

Dilihat dari segi pilihan rumah sakit

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, rumah sakit mana pun selama menjadi rekanan sebuah produk asuransi kesehatan akan menerima dan melayani Anda dengan asuransi kesehatan tersebut. Dengan demikian, Anda akan cepat mendapat penanganan.

Untuk BPJS Kesehatan, Anda hanya bisa datang ke rumah sakit yang telah ditunjuk yang jumlahnya masih terbatas. Pihak BPJS Kesehatan memang telah menunjuk beberapa rumah sakit di Indonesia sebagai mitra. Namun jika keadaan tidak darurat, Anda akan dirujuk pada rumah sakit yang ditunjuk oleh Faskes I. Apabila Anda ingin mengubah Faskes I, maka harus melalui beberapa prosedur khusus.

Dari segi jangkauan wilayah

Ada kalanya Anda mungkin jatuh sakit di luar daerah tempat tinggal atau tempat bekerja. Hal ini bisa terjadi apabila kesibukan Anda menuntut mobilitas yang tinggi. Lantas, bagaimana dengan asuransi kesehatan keluarga dan BPJS Kesehatan?

Untuk BPJS Kesehatan, jangkauannya adalah di seluruh wilayah dalam negeri. Anda bisa menggunakan layanannya meski Anda tidak berada di lokasi yang sama dengan yang tercantum pada kartu peserta. Ini karena layanan BPJS memang berlaku dalam skala nasional.

Asuransi kesehatan keluarga juga bisa dipergunakan meski Anda tidak berada di daerah tempat tinggal. Seperti yang telah disebutkan pada poin tentang daerah cakupan.

Nilai tambah tersendiri bagi asuransi kesehatan keluarga adalah jangkauannya yang bahkan mencakup rumah sakit di luar negeri. Salah satunya adalah asuransi kesehatan Sequis yang menjangkau rumah sakit di seluruh dunia.

Nasabah Sequis, Bapak Budi Darmawan Hartono, pemegang polis kesehatan Sequis Q Infinite Medcare Rider telah membuktikan hal tersebut. Bapak Budi melakukan perawatan di Mount Elizabeth Hospital Singapore dan telah dibayarkan klaimnya penuh. Beliau mengajukan klaim pada 5 Juni 2018 dan proses klaimnya berjalan lancar.  

Ingin mendapat proteksi seperti Bapak Budi? Segera konsultasikan kebutuhan Anda dengan Sequis Personal Assistant via live chat yang akan membantu Anda menemukan jenis asuransi kesehatan yang paling tepat sesuai kemampuan finansial Anda untuk membayar premi bulanan. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Lindungi diri Anda dan keluarga dengan perlindungan asuransi karena hidup akan selalu punya kejutan, Plan The Unplanned with Sequis!

Butuh bantuan ?