Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Menabung untuk Beli Rumah yang Bisa Anda Terapkan

8 September 2020



Butuh dana besar untuk membeli rumah. Oleh sebab itu, butuh perencanaan yang matang untuk mewujudkan memiliki rumah idaman. Kunci dalam usaha mengumpulkan uang untuk membeli rumah adalah disiplin. Tanpa hal itu, memiliki rumah impian hanya akan terus menjadi impian yang sulit direalisasikan. 

Tunggu apa lagi, mulailah untuk segera mengatur langkah-langkah agar dapat membeli sebuah rumah. Gunakan cara-cara menabung berikut ini untuk membantu Anda. 

1.    Tentukan Maksimum Budget 
Tentukan harga maksimum rumah yang akan dibeli sejak awal. Tentunya menentukan harganya menyesuaikan kemampuan Anda untuk membayar down payment (DP) serta cicilan per bulan. Biasanya, DP sebesar 10 persen dari harga rumah. Dari situ, sudah terbayang berapa jumlah yang harus Anda tabung secara konvensional per bulan sebelum membayar DP. Untuk memastikan agar tabungan tidak terpakai untuk urusan lain di luar rencana beli rumah, Anda bisa menggunakan fasilitas pembayaran DP secara cicilan ke pihak developer. 

2.    Menempatkan Uang di Instrumen Investasi Jangka Panjang
Cara ini sangat dianjurkan bila Anda baru berencana memiliki rumah lima atau 10 tahun mendatang. Investasi jangka panjang bisa dalam bentuk emas atau reksa dana saham. Contohnya melalui produk Reksa Dana Sequis Equity Indonesia.

Keduanya menawarkan imbal hasil yang cukup menguntungkan pada masa depan. Dengan begitu, nilai uang Anda akan terus meningkat mengikuti harga rumah yang terus naik setiap tahun. Ketika waktunya tiba, hasil investasi Anda bisa digunakan untuk membayar DP atau melunasi harga rumah.

3.    Hidup Hemat dan Kelola Keuangan Secara Cermat 
Perencanaan keuangan yang sudah Anda siapkan harus dijalani secara disiplin. Bila uang untuk hiburan sudah habis, jangan memaksakan diri untuk menggunakan uang dari pos lain untuk jalan-jalan, hang-out, belanja, dan sebagainya. Bila perlu, kebiasaan Anda untuk jajan dikurangi selama proses membeli rumah.

4.    Lunasi Utang
Menabung akan lebih mudah bila Anda terbebas dari utang. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli rumah, pastikan Anda tidak memiliki utang kartu kredit dan sebagainya. Setelah utang lunas, Anda akan fokus ke tujuan utama, yakni menabung untuk membayar DP rumah dan mulai membayar cicilan KPR.

Mengetahui cara menabung untuk beli rumah dan menjalankannya secara disiplin adalah kunci untuk memiliki tempat tinggal idaman. Rencanakan masa depan Anda Bersama Sequis. Bila membutuhkan bantuan untuk merencanakan jenis tabungan dan investasi jangka panjang, silakan berkonsultasi dengan Sequis Personal Assitant atau menghubungi Sequis Center di 021-29942929.

Butuh bantuan ?