Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Pintar Mengatur Keuangan Dengan Gaji Rp4 Juta

13 Agustus 2020



Penghasilan besar tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan jika kita tidak tahu cara mengatur keuangan dengan baik dan benar. Oleh karena itu, mengatur keuangan adalah kunci utama dalam menggapai kesuksesan finansial. Apalagi dengan biaya hidup yang semakin meningkat sehingga menuntut kita untuk lebih cerdas dalam mengatur keuangan. 

Jadi, perencanaan keuangan yang lebih matang harusnya dilakukan oleh para freelancer atau first jobber yang masih bergaji 4 juta per bulan. Lantas, bagaimana mengelola keuangan dengan gaji sebesar itu?

1. Biaya Kontrakan atau Cicilan KPR Tidak Lebih dari 20 Persen.
Cari rumah kontrakan atau beli rumah dengan sistem KPR yang sesuai dengan kebutuhan. Beruntungnya, saat ini masih ada beberapa perumahan subsidi yang menawarkan cicilan Rp 800 ribu per bulan. Pastikan biaya bulanannya gak lebih dari 20 persen gaji kita.

2. Sebisa mungkin berhemat 
Biaya makan termasuk salah satu biaya paling besar. Jadi agar bisa berhemat,  lebih baik masak sendiri. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat 50 persen dari pengeluaran yang biasanya digunakan untuk makan di luar. 

3. Maksimalkan promo
Menggunakan transportasi umum adalah pilihan bijak dengan pekerja berpenghasilan Rp4 juta. Lalu, Anda juga bisa menggunakan transportasi online sebagai moda menuju kantor. Manfaatkan promo-promo yang ada di aplikasi agar memangkas pengeluaran Anda untuk transportasi.

4. Tabungan Masa Depan
Sisihkan 20 persen gaji untuk tabungan,  dan investasi/asuransi. Bisa dengan 5 persen untuk tabungan. Lalu 15 persen untuk investasi/asuransi. Dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari kesulitan keuangan ketika hal-hal tidak terduga datang.

Sequis menyediakan beragam produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan ragu lagi untuk berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant untuk menemukan pilihan proteksi dan investasi yang kamu butuhkan. Sequis Care (62-21) 2994 2929 atau care@sequislife.com siap membantu Anda. 

6. Siapkan Dana Darurat
Ini salah satu pos yang terlihat sepele namun cukup menguras dompet. Sebaiknya disiapkan secara rutin setiap bulan. Dengan begitu, kita enggak merasa terbebani secara finansial ketika ada kebutuhan mendadak. 

7. Tetap Perlu Dana Rekreasi 
Hemat namun bukan berarti dengan gajiRp 4 juta kamu enggak bisa rekreasi yaa.  Caranya dengan menyisihkan lima persen gaji untuk rekreasi. Nah, dana tersebut bisa kita gunakan untuk nonton atau ke mall.

Ingat, penghasilan sebesar apapun tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan jika kita tidak tahu cara pintar mengatur keuangan. Untuk itu, mari biasakan diri mengelola keuangan lebih baik agar kebutuhan dapat terpenuhi.

Butuh bantuan ?