Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

DP 0 Persen Berlanjut, Jalani Tips Ini Agar Bisa Beli Rumah

19 Desember 2022



Masih adakah kebijakan ekonomi berupa pemberian insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) kendaraan bermotor 0 persen dan Program Rumah DP O persen yang dikeluarkan pemerintah pada awal pandemi covid-19 pada 2020 lalu? Kabar gembira untuk masyarakat, dua kebijakan itu ternyata bakal dilanjutkan pada 2023. Kebijakan ini dilanjutkan dengan harapan bisa mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dan rumah yang ditakutkan lesu imbas resesi ekonomi 2023.

Terlepas dari kebijakan itu, calon pembeli tetap perlu pintar mengelola keuangan. Maklum, membeli mobil atau rumah harus menyiapkan dana yang cukup besar. Setidaknya, calon pembeli harus menyiapkan modal awal untuk membayar cicilan pertama, biaya bank, dan biaya notaris. Bila membeli harga rumah berada di kisaran Rp600 juta, modal yang harus disiapkan untuk pembayaran awal berkisar Rp50-70 juta.

Oleh sebab itu, perencanaan keuangan yang matang tetap dibutuhkan untuk memiliki rumah atau kendaraan idaman. Beberapa tips berikut ini diharapkan bisa memudahkan Anda dalam mengelola uang agar tujuan finansial yang diinginkan bisa tercapai:

1.    Tentukan Maksimum Budget
Tentukan harga maksimum rumah/mobil yang akan dibeli sejak awal. Tentunya menentukan harga menyesuaikan kemampuan Anda untuk membayar cicilan per bulan. Ingat, semakin pendek tenor yang diambil, semakin besar cicilan yang harus dibayarkan per bulan.

2.    Menempatkan Uang di Instrumen Investasi Jangka Panjang
Tidak tertarik dengan insentif DP 0 persen pada saat ini? Tidak masalah. Anda bisa merencanakan membeli rumah 5 atau 10 tahun mendatang dan lebih dulu mengalokasikan dananya ke investasi jangka panjang. Bisa dalam bentuk emas atau reksa dana saham. Contohnya melalui produk Reksa Dana Sequis Equity Indonesia.

Investasi emas atau reksa dana menawarkan potensi imbal hasil yang cukup menguntungkan pada masa depan. Dengan begitu, nilai uang Anda akan terus meningkat mengikuti harga rumah yang terus naik setiap tahun. Ketika waktunya tiba, hasil investasi Anda bisa digunakan untuk membayar DP atau melunasi biaya rumah.

3.    Hidup Hemat dan Kelola Keuangan Secara Cermat
Perencanaan keuangan yang sudah Anda siapkan harus dijalani secara disiplin. Bila uang untuk hiburan sudah habis, jangan memaksakan diri untuk jalan-jalan, hang-out, belanja, dan sebagainya. Bila perlu, kebiasaan Anda untuk jajan dikurangi selama proses membeli rumah/mobil.

4.    Lunasi Utang
Menabung akan lebih mudah bila Anda terbebas dari utang. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli rumah/mobil, pastikan Anda tidak memiliki utang kartu kredit dan sebagainya. Setelah utang lunas, Anda akan fokus ke tujuan utama, yakni mulai membayar cicilan KPR. Mengetahui cara menabung untuk beli rumah dan menjalankannya secara disiplin adalah kunci untuk memiliki tempat tinggal idaman.

Butuh bantuan ?