Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Fungsi dan Tugas Manajer Investasi

5 September 2022



Peran Manajer Investasi sangat penting dalam investasi reksa dana. Secara garis besar, mereka bertugas menentukan kinerja investasi dan memastikan legalitas serta keamanan dari produk reksa dana yang dikelola. Lantaran mengelola aset investor, manajer investasi harus profesional dan terdaftar serta mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk lebih lengkap mengenai tugas manajer investasi, simak uraian berikut ini:

1. Kelola Aset
Dana yang nasabah setorkan ke investasi reksa dana akan dikelola oleh manajer investasi. Selanjutnya, manajer investasi akan memilih instrumen investasi yang tepat. Bisa ke saham, obligasi, atau deposito. Anda sebagai nasabah hanya perlu memantau hasil investasi yang sudah dilakukan. 

2. Jual Instrumen Investasi
Selain membeli, manajer investasi juga membuat putusan ketika menjual saham atau obligasi yang dirasa berkinerja kurang optimal. Intinya, manajer investasi akan memastikan portofolio nasabah/investor punya performa yang baik.

Baca Juga
Penyebab Rencana Menabung Cuma Jadi Wacana
Solusi Investasi Usai Pasar Kripto Perlahan Menurun
Tips Investasi Jangka Panjang untuk Pasangan Muda
Tips Investasi untuk Milenial Demi Raih Financial Freedom
Tips dari OJK untuk Mengenali Ciri-Ciri Investasi Bodong

3. Laporan Hasil Investasi
Proses beli dan jual instrumen investasi yang sudah dikelola akan dibuat dalam bentuk laporan oleh manajer investasi. Laporan tersebut bisa dilihat oleh nasabah di aplikasi manajer investasi yang sudah dipilih. 

Jenis Laporan Keuangan Reksa Dana
1. Laporan Aset dan Kewajiban, ini menginformasikan posisi aset, kewajiban, jumlah unit penyertaan dan nilai aktiva bersih per unit penyertaan perusahaan
2. Laporan Laba Rugi Operasi, ini merupakan laporan yang berisi pendapatan dan beban investasi yang ditanggung reksa dana
3. Laporan Perubahan Aset Bersih, ini merupakan laporan yang menunjukan transaksi subscription dan redemption reksa dana 

Tertarik menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk dikelola manajer investasi ke reksa dana? Berinvestasi bersama  bisa menjadi pilihan. Selain menyediakan produk asuransi, Sequis juga menjadi penyedia investasi reksa dana yang dapat diandalkan karena didukung oleh Manajer Investasi yang profesional. Untuk lebih mengetahui investasi reksa dana yang cocok untuk Anda, silakan mengakses informasinya di situs resmi Sequis Asset Management (SAM) yakni www.sequisam.co.id atau email ke cara@sequisam.co.id. 

Butuh bantuan ?