Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Gaji Hangus saat Musim Liburan? Perhatikan 3 Hal Ini

5 September 2022



Pertengahan tahun dikenal sebagai 'musim' liburan. Fenomena ini muncul karena orang tua sering mengagendakan keluarga berlibur ke luar kota tepat saat fase libur sekolah anak.

Musim liburan pertengahan tahun menjadi salah satu masa yang membuat keuangan keluarga sedikit terguncang. Sebab, selain mengeluarkan uang untuk biaya transportasi (tiket, bensin, dll), masa-masa liburan juga diisi dengan kegiatan berbelanja. Alhasil, pengeluaran terasa sangat membengkak selama berlibur bersama keluarga dan krisis keuangan muncul usai liburan usai.

Baca Juga
Wujudkan Liburan dengan Investasi Jangka Panjang
Siapkan Dana Liburan 2025 dengan Investasi Jangka Panjang

Anda juga mengalami hal yang sama pada musim liburan pada tahun-tahun sebelumnya? Agar hal serupa tidak terjadi pada tahun ini dan tahun depan, ada baiknya mencermati beberapa tips berikut ini: 

1. Antisipasi kenaikan harga tiket
Harga tiket perjalanan (bis, kereta, pesawat) sudah pasti naik selama musim liburan. Bahkan, harganya bisa naik hingga 2-3 kali lipat dari harga normal. Untuk menyiasatinya, rencanakan liburan keluarga sejak 'jauh hari' atau sebelum harga tiket sudah melambung tinggi.

2. Kunjungi Tempat Wisata dengan Harga Terjangkau
Memboyong keluarga untuk mengunjungi objek wisata sudah menjadi menu wajib saat musim liburan. Namun sesekali, Anda bisa eksplor destinasi liburan ANda dengan mengunjungi wisata alternatif antimainstrem yang tentunya tidak mematok tiket mahal atau bahkan gratis. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat budget sekaligus mengajak keluarga ke tempat baru.

Baca Juga
Libur Saat Pandemi: Perhatikan Kesehatan & Finansial
Mudik Aman dan Nyaman dengan Memiliki Asuransi Jiwa

3. Jangan ‘Silau’ dengan diskon dan promo musim liburan
Pusat perbelanjaan tak henti menawarkan produk-produk terbaik dengan harga promo atau diskon. Di satu sisi, situasi ini bisa membuat seseorang membeli barang yang diinginkan dengan harga 'miring'. Namun di sisi lain, godaan promo/diskon membuat Anda menjadi kalap belanja dan membeli barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan. 

Yuk evaluasi ulang pengeluaran Anda selama musim liburan. Usahakan untuk mengelola uang dengan baik sehingga Anda memiliki cukup dana untuk berlibur dan untuk kegiataan-kegiatan lainnya setelah masa 'melancong' telah usai.

Butuh bantuan ?