Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Hindari Paparan Polutan & Miliki Asuransi Kesehatan



Sayangi Paru-paru: Hindari Paparan Polutan & Miliki Asuransi Kesehatan

 

  • Mereka yang memiliki riwayat penyakit paru perlu waspada pada penularan covid-19
  • Paparan polutan dapat menyebabkan menurunnya kesehatan paru dan membutuhkan biaya tinggi untuk pengobatan medis
  • Asuransi kesehatan SQIMC X dari Sequis berguna untuk menjaga kestabilan finansial nasabah saat pengobatan. 

Dua tahun terakhir, kesehatan paru menjadi topik hangat seiring merebaknya virus covid-19. Virus ini dapat mengganggu sistem pernafasan dengan tingkat keparahan yang berbeda pada penderitanya. Pasien yang sudah sembuh pun ada yang masih merasakan gejala covid dalam jangka waktu lama (long covid) yang menyerang otak dan paru-paru. Mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit paru harus ekstra waspada terkena infeksi covid-19 karena berisiko memperparah penyakit paru yang ada dan harus segera mendapat penanganan medis.

Senior Manager Medical Underwriter Sequis dr Fridolin Seto Pandu mengatakan penyakit paru dapat menyerang siapa saja. Terutama, mereka yang memiliki gaya hidup tidak sehat, seperti perokok aktif atau sering terpapar asap rokok akan mudah terkena penyakit Bronchitis Kronis dan PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik). Mereka yang beraktivitas atau bekerja sering terpapar debu atau zat kimia dalam waktu lama dapat mengalami iritasi dan peradangan pada paru karena debu dan zat kimia masuk ke saluran pernafasan sehingga menyebabkan Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Mereka yang tinggal di daerah perkotaan rentan terpapar polusi udara dari emisi gas buang kendaraan, asap pembakaran sampah dan pabrik serta asap dan uap dari dapur.

“Jangan remehkan penyakit paru walau beberapa penyakit masih bisa disembukan, seperti infeksi Bronchitis akut, Pneumonia, ISPA, TB. Tetapi, tingkat kesembuhan atau keparahan pasien dipengaruhi oleh sistem imun, usia, dan keberadaan penyakit penyerta (komorbiditas). Ada juga penyakit paru yang sangat sedikit kemungkinannya untuk sembuh karena sudah terjadi dalam jangka panjang. Jenis pengobatan dan masa pengobatan tergantung tingkat kritisnya. Jika pun dapat sembuh kemungkinan sudah terdapat penurunan dari fungsi paru tersebut. Seperti, PPOK (Penyakit Paru Obstruksi Kronis) atau kanker paru. Penyebab utama penyakit ini dapat berbeda-beda tapi umumnya terjadi karena merokok dalam jangka waktu lama (tahunan) dan terpapar polusi udara menahun” sebut dr. Fridolin. 

Cara Terbaik Menjaga Kesehatan Paru
Cara terbaik menjaga kesehatan paru menurut dr. Fridolin adalah menghindari penyebab penyakit-penyakit tersebut. “Jangan tidur di lantai tanpa alas, mulai untuk berhenti merokok, dan hindari asap rokok juga paparan polutan lainnya. Baik juga jika tidak bepergian pada malam hari atau jika tidak dapat dihindari maka gunakan pelindung yang aman, seperti pakaian lebih tebal atau jaket saat berkendara, gunakan juga masker KN95 atau KF94 di ruang publik, “ sebut dr. Fridolin. 

Ia juga menyarankan masyarakat menjaga kebersihan udara di rumah dengan membersihkan pendingin, jendela, ventilasi, dan memastikan sirkulasi udara di rumah tetap lancar. Kebersihan diri juga penting diperhatikan, misalnya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir terutama sebelum,  sesudah makan, dan setelah buang air. Mengingat penyakit ini berkaitan dengan imunitas sehingga kita perlu meningkatkan imunitas dengan aktif bergerak, rutin berolahraga, dan menyeimbangkan waktu bekerja dengan beristirahat, asupan bergizi serta senantiasa berpikir positif dan menghindari stress berlebih.
 
Sedia Jaring Pengaman Finansial dengan Asuransi
Meskipun kita sudah menjaga kesehatan dengan baik, namun banyak faktor luar yang tidak dapat kita kontrol yang masih dapat mengganggu kerja sistem paru. Misalnya saja, penyebaran polusi yang semakin tinggi sementara Ruang Terbuka Hijau (RTH) semakin sedikit. Sebut saja  polusi di Jakarta yang tengah ramai dibicarakan karena berada dalam posisi kualitas terburuk bahkan terlihat kasat mata. Paparan polusi ini sangat cepat berdampak pada warga yang memiliki riwayat gangguan saluran pernafasan dan kardiovaskuler. 

Berhubung risiko gangguan kesehatan menjadi semakin tinggi maka Faculty Head Sequis Quality Empowerment Yan Ardhianto, AWP, RFP, IPP menyarankan masyarakat melengkapi diri dan keluarga dengan jaring pengaman berupa asuransi kesehatan dan penyakit kritis.

“Manfaat asuransi kesehatan dan penyakit kritis pada dasarnya untuk melindungi aset dan kekayaan agar tidak tergerus karena harus membiayai pengobatan medis. Apalagi, pengobatan penyakit kritis bersifat jangka panjang dan berbiaya mahal. Dengan memiliki asuransi kesehatan maka biaya pengobatan selama sesuai perjanjian pada polis  akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Sangat baik lagi jika asuransinya sudah dilengkapi kartu berobat cashless karena akan memudahkan pasien segera ditangani di rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan asuransi,” sebut Yan.  Ia juga menyarankan bagi mereka yang sudah memiliki asuransi kesehatan dan tidak memiliki permasalahan dalam perencanaan keuangan, dapat menambah perlindungan dengan asuransi penyakit kritis. Bilamana terkena penyakit kritis dan tidak bisa lagi mencari nafkah maka Uang Pertanggungan dari asuransi penyakit kritis bisa digunakan untuk menggantikan penghasilan yang hilang. 

Beda halnya dengan mereka yang belum memiliki asuransi kesehatan atau asuransi penyakit kritis. Bilamana terjadi risiko sakit maka harus menyediakan sejumlah uang dengan cepat dan nilainya bisa lebih besar dari simpanan yang dimiliki. Mereka yang tidak memiliki asuransi kesehatan juga cenderung mendapatkan pengobatan lebih lama karena harus menyelesaikan pembayaran biaya tindakan medis sebelum bisa mendapat pengobatan selanjutnya. 

Pelajaran Berharga dari Pengalaman Ibu Felicia, nasabah Sequis
Manfaat asuransi kesehatan nyata dirasakan oleh salah satu nasabah Sequis, Felicia, karyawan swasta yang mengidap covid-19 pada Februari 2021. Ia dirawat selama 8 hari di RS Pondok Indah Puri Indah dan menghabiskan biaya sekitar Rp60 juta. Semua biaya pengobatan ditanggung seluruhnya oleh Sequis karena telah memiliki produk Sequis Q Infinite MedCare Rider X Booster (SQIMCX) Plan 0 sejak tahun 2020.  Ia pun merasakan layanan cashless Sequis yang membuat keluarganya terbantu saat mengurus pengobatan sehingga dapat berjalan dengan cepat tanpa ada hambatan.

Sayangnya, tidak lama setelah sembuh dari covid-19, Felicia didiagnosis terkena infeksi paru pada September 2021. Penyakitnya mulai ditangani serius di RS Medistra sejak Februari 2022 setelah rumah sakit sebelumnya tidak mampu menangani penyakit yang dideritanya. Penyebab infeksi paru Felicia adalah Aspergillus Fungi (jamur aspergilus) yang cukup umum ada di udara. Felicia dirawat sejak 31 Maret 2022 dan diberikan serangkaian obat-obatan yang biayanya cukup mahal. Ia mengisahkan antara lain ada 1 obat infus yang harganya Rp9,7 juta dan diberikan selama 2 minggu. Dokter juga melakukan tes biopsy sampai bronchoscopy yang harus diperiksakan sampai ke laboratorium di luar rumah sakit. 

"Kasus saya ini cukup unik dan langka sehingga membutuhkan proses pengobatan yang panjang. Bahkan tim dokter yang menangani pun mencapai 10 orang. Saya merasa terbantu karena memiliki perlindungan asuransi kesehatan dari Sequis sehingga biaya pengobatan tidak perlu saya tanggung sendiri. Jika saya tidak memiliki SQIMCX, bisa jadi saya harus menjual mobil untuk biaya pengobatan. Belajar dari kasus saya, sakit itu sangat mahal, jauh lebih mahal daripada membayarkan premi asuransi. Biaya pengobatan saya hingga tanggal 9 Juni 2022 sudah mencapai sekitar Rp750 juta dan hingga kini pengobatan masih terus berjalan di salah satu rumah sakit di Malaysia. Jadi, jangan tunda memiliki asuransi karena sakit betul-betul datang tanpa diduga,“ sebut Felicia. 

Belajar dari pengalaman nasabah Sequis yang harus menjalankan pengobatan yang mahal maka Yan mengajak  masyarakat untuk segera memiliki asuransi kesehatan selagi sehat. “Seringkali kesadaran akan pentingnya asuransi kesehatan atau asuransi penyakit kritis baru muncul setelah merasakan sulitnya memenuhi biaya pengobatan. Namun apa mau dikata jika sudah sakit akan sulit mendapatkan asuransi,” imbuh Yan.

Bagi mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit paru bisa jadi masih boleh mengajukan asuransi tapi dengan melengkapi syarat underwriting, yaitu dokumen-dokumen medis terkait penyakit parunya serta hasil – hasil pemeriksaan yang dimiliki. Dokumen ini kemudian akan direview dan dianalisa oleh perusahaan asuransi kesehatan. Bisa jadi calon nasabah diminta melakukan pemeriksaan, seperti pemeriksaan fisik dan rontgen dada. Jika penyakitnya diperkirakan dapat memengaruhi fungsi paru maka akan ditambahkan dengan pemeriksaan spirometry (uji fungsi paru). Bila hasil seleksi risiko tidak memenuhi syarat maka perusahaan asuransi akan menolak pengajuan asuransi. Jika pengajuan polis diterima, biasanya ada ketentuan syarat tertentu (sub standard) yakni premi yang lebih tinggi dari umumnya atau diberlakukan ketentuan pengecualian (exception), yaitu perusahaan tidak menanggung penyakit yang sudah diderita sebelumnya.  

“Asuransi ditujukan untuk membantu kita mengelola kondisi finansial bilamana terjadi risiko sakit.  Apalagi, sejak pandemi, risiko sakit dan kematian menjadi sangat tinggi. Saat ini pun sudah banyak masyarakat yang kembali bekerja normal tapi dalam kewaspadaan tinggi karena munculnya subvarian BA.4 dan BA.5, sehingga sangat bijaksana jika kita segera melengkapi diri dengan asuransi kesehatan, “ sebut Yan  yang menutup paparannya dengan menyampaikan komitmen Sequis terhadap nasabahnya senantiasa dilakukan melalui pembayaran klaim. 

Pembayaran Klaim dan Manfaat yang dibayarkan Sequis sepanjang tahun 2021 mencapai Rp2,9 triliun. Sedangkan hingga Mei 2022 (year-on year), Sequis Life tetap menjalankan komitmennya dengan membayar Klaim dan Manfaat sebesar lebih dari Rp672,4 miliar. Sejak awal pandemi sampai bulan Mei 2022, Sequis juga telah membayarkan Total Klaim Kesehatan terkait covid-19 sebesar lebih dari Rp150 miliar untuk lebih dari 14 ribu kasus. Sedangkan melalui produk Sequis Q Infinite MedCare Rider yang telah banyak membantu nasabah Sequis dalam pengobatan penyakit kritis, hingga Mei 2022 pembayaran klaim kesehatan dari produk ini telah  mencapai Rp51, 6 miliar untuk sekitar 3.000 kasus.

Dapatkan informasi terkait Sequis Q Infinite MedCare Rider dan Sequis System and Organ Function Insurance (SOFI) dengan menghubungi Sequis Care di nomor (62-21) 2994 2929 atau e-mail ke care@sequislife.com. Anda pun bisa menemukan  agen tepercaya Sequis dengan memanfaatkan fitur Find Agent. Fitur ini akan membantu Anda mencari dan menemukan agen asuransi terbaik Sequis dengan mudah, cepat, dan tanpa harus berinteraksi secara langsung.

 -0O0-

Kontak:
Lana Christy

PT Asuransi Jiwa Sequis Life
Tel: 021 5223 123 ext. 2110
lana.christy@sequislife.com

Ineke Novianty Sinaga
PT Asuransi Jiwa Sequis Life 
Tel: 021 5223 123 ext. 2101
ineke.sinaga@sequislife.com

Butuh bantuan ?