Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Persiapkan Dana Pensiun dengan Investasi Jangka Panjang

28 Juli 2020



Masa tua yang nyaman dan bahagia adalah dambaan setiap orang. Salah satu cara untuk mewujudkan masa tua yang menyenangkan bisa dilakukan dengan investasi jangka panjang. Nantinya, return atau hasil investasi dapat menjadi sumber penghidupan yang sangat menjanjikan saat kondisi fisik tidak lagi memungkinkan untuk bekerja dan menghasilkan uang. 

Investasi adalah cara ampuh ketimbang menabung jika memang diperuntukkan untuk jangka panjang. Meski demikian, Anda perlu mempertimbangkan jenis produk penanaman modal yang tepat agar tujuan finansial tercapai. 

Salah satu jenis investasi jangka panjang yang banyak dilirik masyarakat adalah reksa dana saham. Instrumen ini dapat diperoleh dengan modal yang sangat murah, namun potensi keuntungannya terbilang menjanjikan. Instrumen investasi ini juga tidak membuat Anda pusing karena akan dikelola oleh Manajer Investasi profesional. Nantinya, Manajer Investasi akan membantu Anda untuk mengelola uang yang disetorkan hingga menghasilkan keuntungan. 

Dengan berinvestasi saham, Anda seolah-olah akan menjadi pemilik  dari perusahaan tempat Anda menanam modal. Anda akan mengikuti pertumbuhannya dari waktu ke waktu dan turut mendapatkan hasil saat perusahaan tersebut berkembang dan menghasilkan omset yang besar. Pada akhirnya, timbal balik dari penanaman modal Anda di reksa dana saham akan menjadi sumber pasive income buat Anda. Sumber penghasilan yang tentunya bisa digunakan sebagai modal untuk menghadapi masa-masa pensiun. 

Faktor yang harus diperhatikan
Ada 3 faktor utama yang harus Anda pertimbangkan saat memutuskan untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Ketiga faktor ini adalah waktu yang dibutuhkan, jumlah uang yang harus diinvestasikan setiap bulan atau per tahunnya dan nilai total pengembalian investasi yang Anda inginkan di akhir periode investasi. Mari kita paparkan satu-persatu.   

Pertama, semakin rendah toleransi risiko dan tinggi nilai yang diinginkan, semakin panjang waktu yang diperlukan. Jika Anda menginginkan nilai pengembalian investasi yang tinggi, tentunya Anda akan memerlukan waktu investasi yang panjang. Dengan waktu investasi yang lebih panjang, Anda juga membagi jumlah uang yang harus Anda investasikan tiap bulannya menjadi lebih ringan.

Kedua, semakin besar jumlah uang yang diinvestasikan setiap bulan, semakin cepat mencapai target. Jika Anda menginginkan mencapai target pada jangka waktu tertentu, maka uang yang harus diinvestasikan setiap bulannya tentu juga besar. 

Ketiga, semakin tinggi nilai pengembalian investasi yang diinginkan di akhir periode, semakin lama waktu berinvestasinya dan harus berinvestasi pada instrumen yang lebih tinggi risikonya. Jumlah uang yang Anda inginkan di masa depan dengan investasi akan dipengaruhi oleh jenis instrumen yang Anda pilih dan lamanya investasi. Jadi Anda dapat mengukur tingkat pengembaliannya akan tercapai atau tidak dari sekarang.

Sequis memiliki produk reksa dana saham buat Anda yang ingin berinvestasi serta menyiapkan dana pensiun. Rencanakan kebutuhan finansial Anda dengan matang, apabila membutuhkan bantuan, silakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Sequis Personal Assistant melalui live chat di https://www.sequis.co.id. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Plan “Your Better Tomorrow” with Sequis.

Butuh bantuan ?