Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Alasan Anda Harus Memiliki Investasi Jangka Panjang

14 September 2020



Menabung untuk kebutuhan yang sifatnya jangka pendek merupakan langkah tepat. Namun, agar kebebasan finansial pada masa depan makin berpeluang terwujud, ada baiknya Anda mulai mencoba investasi jangka panjang.  

Kenapa investasi? Berikut beberapa alasannya: 
1.    Dapat memenuhi kebutuhan pada masa depan 
Anda pasti memiliki angan-angan ataupun tujuan yang ingin diwujudkan pada masa depan. Tujuan itu dapat berupa liburan ke luar negeri bersama keluarga, menyekolahkan anak hingga jenjang tertinggi, membeli rumah, menyiapkan dana pensiun, dan lain-lain. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut, investasi jangka panjang sangat mampu untuk diandalkan. 

2.    Potensi return yang tinggi 
Masa investasi Anda juga akan berpengaruh ke hasil yang akan diperoleh dari efek compounding atau bunga yang berbunga. Selain itu, uang yang Anda tanamkan tentu semakin bertambah (tergantung situasi pasar saham). Sehingga hasil yang dirasakan bisa lebih besar dibandingkan dengan investasi jangka pendek. 

3.    Risiko terbilang minim 
Semakin rendah toleransi risiko dan tinggi nilai yang diinginkan, semakin panjang waktu yang diperlukan. Jika Anda menginginkan nilai pengembalian investasi yang tinggi, tentunya Anda akan memerlukan waktu investasi yang panjang. Dengan waktu investasi yang lebih panjang, Anda juga membagi jumlah uang yang harus Anda investasikan tiap bulannya menjadi lebih ringan.

Salah satu investasi jangka panjang yang bisa Anda pertimbangkan adalah reksa dana. Anda bisa memilih reksa dana saham, pendapatan tetap, atau pasar uang. Hal ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat risiko yang sanggup Anda terima. Reksa dana pasar uang cocok bagi investor pemula karena tingkat risiko paling rendah. Sedangkan reksa dana saham lebih sesuai untuk investor dengan profil risiko tinggi. Nantinya, Manajer Investasi akan membantu Anda mengelola berbagai instrumen investasi dan memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan profil risiko Anda.

Salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai macam reksa dana yaitu Sequis Asset Management. Apabila Anda ingin mengetahui tipe dan karakteristik reksa dana dari Sequis Asset Management (SAM). Anda bisa mengakses informasinya melalui www.sequisam.co.id atau email ke care@sequisam.co.id. Di dalam website tersebut Anda akan menemukan berbagai bentuk reksa dana yang bisa Anda pilih sesuai dengan profil risiko dan dana investasi Anda.

Butuh bantuan ?