4 Cara Memilih Jenis Investasi yang Paling Menguntungkan

Kamis, 13 Juni 2019

Sekarang ini, jenis investasi sudah semakin bervariasi. Anda bisa memilih instrumen investasi konvensional seperti properti, atau Anda bisa juga mencoba cara praktis dan modern seperti peer-to-peer lending (P2P lending). 
Dengan jenis yang bervariasi, ada baiknya memilih investasi yang cocok dan menguntungkan untuk Anda. Lantas, bagaimana cara mengetahui investasi yang tepat? Cek dulu ulasan berikut ini: 
Tentukan tujuan investasi Anda
Pertama, Anda harus menentukan tujuan sebelum investasi. Untuk menunjang kehidupan sekarang atau untuk tabungan pada masa tua? Dengan tujuan yang pasti, Anda tidak akan kesulitan memilih di antara investasi jangka pendek atau jangka panjang. 
Bila Anda menginginkan investasi untuk tabungan setelah pensiun,  investasi jangka panjang adalah jawabannya. Sedangkan, jika Anda membutuhkan uang untuk menunjang kebutuhan pendidikan anak, pilih instrumen investasi jangka pendek. Hingga saat ini, jumlah investasi jangka panjang atau jangka pendek sama banyaknya. Sehingga Anda tidak perlu merasa kekurangan pilihan.
Ingat, setiap jenis investasi memiliki risiko
Setelah itu, pahami prinsip dasar investasi. Ingat! Apa pun jenis dan bentuknya, investasi rentan terhadap risiko. Profil risiko ini memengaruhi kondisi keuangan Anda pada masa mendatang. 
Akan tetapi, bukan berarti Anda jadi terpaku mencari-cari jenis investasi yang minim risiko. Pilihlah instrumen investasi dengan risiko yang masih bisa Anda toleransi. Bila merasa mampu menghadapi perubahan yang datang tiba-tiba, investasi fluktuatif semacam saham cocok untuk Anda. Namun, jika Anda hanya bisa bertahan dalam kondisi stabil, pilihlah jenis reksa dana pendapatan tetap atau obligasi. 
Pilih investasi yang familiar
Supaya investasi yang Anda pilih bisa memberikan hasil besar, ada baiknya untuk memilih investasi yang Anda sudah familiar atau Anda pahami. 
Jika Anda ingin menantang diri dengan memilih instrumen investasi yang baru, ada baiknya untuk menggali informasi sedalam mungkin terlebih dahulu.  Dengan mengetahui lebih awal tentang jenis investasi, Anda akan lebih mudah mengatur pengelolaannya. Tidak hanya itu, Anda juga mengetahui cara untuk meminimalkan risiko dari investasi tersebut
Jangan mudah tergiur
Mungkin, Anda tertarik untuk berinvestasi karena tergiur dengan hasil yang ditawarkan. Alasan tersebut tidak salah. Namun, Anda sebaiknya juga membentengi diri dari iming-iming pemasukan dalam jumlah yang besar.
Dengan melakukan langkah preventif, Anda akan mengurangi risiko rugi. Anda juga bisa terhindar dari kemungkinan adanya money game. Ya, banyak jenis money game yang mirip dengan investasi sehingga bisa menjebak investor awam pada saat ini. Oleh karena itu, cari informasi sebanyak-banyaknya agar Anda bisa membedakan antara investasi asli dengan yang bodong atau bahkan money game.
Empat ulasan tersebut rasanya bisa menjadi panduan bagi Anda untuk menentukan investasi yang tepat. Jika masih ragu, coba pertimbangkan investasi reksa dana dari SequisAset Manajemen. Anda akan terbantu dan termudahkan karena ditangani langsung oleh manajer investasi kredibel yang siap membantu mengelola portofolio Anda. 

Butuh bantuan ?