Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ingin Berinvestasi? Cek Dulu Jenis Investasi untuk Pemula


Mengelola keuangan dengan bijak adalah suatu keharusan. Terutama untuk kalangan anak muda. Karena dengan mengatur keuangan secara tepat saat muda, kesempatan merasakan financial freedom saat berkeluarga dan masa tua sangat besar. 

Kini, banyak jenis investasi yang bisa dipilih. Jadi, Anda perlu memilih instrumen investasi yang tepat dengan kondisi keuangan. Lalu, apa saja jenis investasi yang cocok untuk pemula?

Sebagai awalan, Anda harus menentukan jangka waktu investasi. Ingin investasi untuk jangka pendek atau jangka panjang. Sebab poin itu akan menentukan instrumen investasi yang akan dipilih. Patut diingat, jenis investasi jangka pendek biasanya menawarkan keuntungan yang lebih kecil, seperti:
1.    Reksa Dana Pasar Uang
2.    Forex Trading
3.    P2P Lending
4.    Deposito 

Sementara jenis investasi jangka panjang memberikan keuntungan yang lebih besar namun membutuhkan jangka waktu cukup lama, seperti: 
1.    Emas
2.    Tanah dan properti
3.    Asuransi Jiwa
4.    Reksa dana Pasar Saham

Baca Juga
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana
Mana yang Lebih Cuan, Investasi Reksa Dana atau Emas?
Populer saat Pandemi, Ini Tips Investasi Reksa Dana
Sedang Naik Daun, Pilih Kripto atau Investasi Reksa Dana
Memilih Manajer Investasi Reksa Dana yang Dapat Diandalkan

Beberapa jenis investasi yang cocok untuk pemula adalah:

Deposito berjangka
Deposito berjangka ini dilakukan dalam jangka waktu dan jumlah setoran tertentu. Sebagai pemula, Anda bisa memilih deposito yang jangka waktunya pendek dan jumlah setorannya paling sedikit. Hasil dari jenis investasi baru bisa diambil setelah tanggal jatuh tempo. Jika diambil sebelumnya maka Anda akan terkena penalti. Deposito berjangka terbilang cukup aman dan risikonya kecil. 

Emas
Jenis investasi klasik ini merupakan preferensi banyak orang karena nilai jualnya yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Investasi logam mulia bisa berupa batangan, koin, atau perhiasan. Jenis ini sangat cocok untuk pemula karena sifatnya yang aman, stabil, dan tidak terpengaruh oleh inflasi. Selain itu, hasil investasi bisa didapatkan dengan menjual emas yang dapat dilakukan kapan saja dengan cepat dan mudah. Jika ingin memulainya, mulailah dengan berinvestasi dari emas dengan nilai terendah.

Peer to Peer Lending (P2P Lending)
Jenis investasi ini dilakukan secara online antara pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dana. Sebagai pemula, Anda bisa menjadi pemberi pinjaman atau kreditur yang memberikan pinjaman dana dalam jangka waktu yang sudah disepakati. Dana yang Anda pinjamkan akan bertambah karena adanya bunga yang bisa mencapai 18% per tahun. Jangan khawatir soal besarnya modal yang Anda perlukan karena hanya dengan Rp100.000,- Anda bisa memulai investasi jenis ini. Namun Anda harus memastikan penerima pinjaman yang Anda pilih merupakan perusahaan yang cukup kredibel dan kuat sehingga pengembalian dana Anda tidak akan terhambat nantinya.

Investasi Reksa dana
Ada salah satu jenis investasi lain yang disarankan untuk pemula, yaitu reksa dana. Investasi reksa dana dianggap cocok untuk pemula karena tidak memerlukan keahlian dan banyak waktu untuk menghitung risiko investasi dan pergerakan pasar modal. Modal investasi yang terjangkau menjadi nilai plus. Investasi Reksa dana bisa  dimulai dengan modal Rp100 ribu. Ada banyak jenis investasi reksa dana, di antaranya yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana pasar saham. 

Nah, apakah Anda sudah memiliki pilihan jenis investasi yang sesuai? Jangan pernah takut untuk memulai. Yang belum berpengalaman pun bisa meraup keuntungan dengan mulai berinvestasi. Apabila berencana untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi pemodal, Sequis Asset Management menyediakan pilihan produk investasi reksa dana saham, pendapatan tetap, pasar uang, dan campuran yang dapat dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan di sini. Jika membutuhkan bantuan untuk mempertimbangkan produk yang dibutuhkan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan Sequis Personal Assistant atau lihat pada halaman Investasi di sequis.co.id.

Butuh bantuan ?