Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jenis Asuransi Unit Link, Pahami Agar Tak Salah Pilih

29 Desember 2022



Apa yang dimaksud dengan asuransi jiwa unit link? Secara garis besar, asuransi jiwa unit link adalah jenis produk asuransi yang memberikan manfaat proteksi sekaligus investasi. Nilai investasi di asuransi jiwa unit link sama dengan mekanisme di jenis investasi lainnya. Pada momen-momen tertentu, nilainya bisa jeblok sehingga tidak memberikan cuan untuk nasabah.

Faktor itu rasanya belum dipahami oleh sebagian nasabah asuransi jiwa unit link. Tak heran bila dalam beberapa bulan terakhir banyak nasabah polis asuransi jiwa unit link yang merasa dirugikan. Mereka melontarkan komplain karena merasa cuan investasi di unit link tidak sesuai harapan atau yang dijanjikan pihak agen perusahaan asuransi ketika memberikan penawaran.

Harus dipahami bahwa asuransi unit link sangat berbeda dengan asuransi tradisional. Banyak pemegang polis asuransi jiwa unit link yang kurang memahami risiko investasi pada instrumen pasar modal. Karena itu Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan aturan terbaru yang mengatur produk asuransi jenis unit link di 2022.

Aturan baru ini akan memperketat proses penjualan produk hingga pelaporan kinerja produk kepada nasabahnya. Dalam aturan ini, OJK menitikberatkan ke transparansi dalam penjualan unit link, termasuk masa setelah penjualannya. Nantinya proses penjualan produk unit link akan memiliki proses yang lebih panjang dimulai dari memberikan pengetahuan produk kepada nasabah.

Baca Juga
Menyiasati Produk Asuransi Unit Link Agar Tidak Merugikan
Asuransi Unit Link, Asuransi Terbebas Kenaikan Biaya Premi
Tips sebelum Beli Asuransi Penyakit Kritis dan Unit Link
Manajemen Investasi di Asuransi Unit Link & Reksa Dana
Asuransi Unit Link: Asuransi dengan Fitur Investasi

Sebagai informasi tambahan, asuransi jiwa unit link ini memiliki beberapa bentuk. Berikut ini yang perlu Anda ketahui.

1.    Asuransi unit link berdasarkan pembayaran premi
-    Unit link premi tunggal
Polis asuransi jiwa unit link ini mewajibkan nasabah untuk membayar premi tunggal secara sekaligus di awal. Jenis ini cocok untuk Anda yang sudah mapan secara finansial.
-    Unit link premi berkala
Jenis unit link menekankan nasabah untuk membayar premi secara berkala atau bertahap, yaitu setiap bulan, 3 bulan, atau setiap tahun.

2.    Polis asuransi jiwa unit link berdasarkan penempatan dana
-    Unit link pasar uang
Penempatan investasi di instrumen pasar uang cenderung aman karena dana akan ditempatkan pada deposito berjangka dan surat utang yang berjangka kurang dari satu tahun. Risikonya rendah dan cocok untuk investor dengan profil konservatif.
-    Unit link pendapatan tetap
Unit link jenis ini menempatkan dana investasi 80 persen ke surat utang atau obligasi dan sisanya pada instrumen pasar uang. Unit link ini cocok untuk orang yang mengharapkan mendapatkan imbal hasil relatif stabil.
-    Unit link saham
Penempatan investasinya 80 persen dalam saham, yang menawarkan imbal hasil besar namun dengan risiko yang juga besar. Instrumen ini sesuai untuk Anda yang berani mengambil risiko tinggi.

Butuh bantuan ?