Ini 4 Jenis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Pahami

Rabu, 24 Juli 2019



Produk asuransi jiwa memiliki jenis produk serta manfaat yang berbeda-beda. Namun dengan tujuan yang sama, yakni melindungi masa depan keluarga. Asuransi memiliki tujuan untuk menanggung atau melindungi nasabah dari kerugian finansial tidak terduga akibat kematian kecelakaan hingga cacat permanen. 
Agar tepat memilih, ada baiknya Anda memahami jenis-jenis asuransi jiwa berikut ini: 

Asuransi Jiwa Berjangka
Asuransi jiwa berjangka atau term life insurance berfungsi untuk memberikan proteksi kepada tertanggung dalam jangka waktu tertentu. Asuransi jiwa jenis ini biasanya memberi penawaran masa kontrak selama 5-20 tahun. Premi yang harus Anda bayarkan bersifat tetap dan cukup terjangkau. 

Asuransi jiwa ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan perlindungan jiwa namun dengan kemampuan finansial yang terbatas. Masa pertanggungan yang dipilih menentukan jumlah premi. Jadi, makin lama masa pertanggungan, makin kecil premi yang harus dibayar setiap tahun. Uang Pertanggungan bisa diberikan kepada ahli waris pemegang polis apabila tertanggung meninggal saat masa kontrak asuransi masih aktif.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup
Asuransi jiwa seumur hidup atau whole life insurance memberikan perlindungan seumur hidup. Meski begitu, perusahaan asuransi tetap membatasi manfaat perlindungan asuransi jiwa seumur hidup hingga usia 100 tahun. 

Asuransi jiwa ini juga bisa digunakan untuk keperluan darurat, semisalnya membayar biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit. 

Manfaat yang bisa diperoleh dari asuransi jiwa ini antara lain adalah pemegang polis dimungkinkan untuk mendapatkan nilai tunai dari premi yang telah dibayarkan dalam jangka waktu tertentu selama dalam masa kontrak asuransi. Selain itu, premi asuransi yang telah dibayarkan tidak hangus jika tidak ada klaim dari pihak tertanggung. Selain itu, uang pertanggungan akan diberikan seluruhnya kepada tertanggung saat kontrak berakhir

Asuransi Jiwa Dwiguna
Sesuai namanya, asuransi jiwa dwiguna atau endowment insurance  memiliki dua manfaat yang bisa Anda peroleh, yakni sebagai asuransi jiwa sekaligus tabungan hari tua. Dengan kata lain, Anda sebagai pemegang polis bisa memperoleh nilai tunai berdasarkan premi yang sudah dibayarkan jika tertanggung meninggal dunia dalam waktu tertentu sesuai kebijakan polis asuransi.

Asuransi jiwa jenis ini cocok untuk Anda yang ingin memastikan ketersediaan dana pendidikan anak dan memiliki dana persiapan hari tua. 

Asuransi Jiwa Unit Link
Asuransi jiwa unit link menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Asuransi ini sesuai untuk calon nasabah yang ingin memiliki jaminan perlindungan jiwa dan tertarik berinvestasi namun belum memahami seluk beluk investasi. Keuntungan lain dari asuransi jiwa jenis ini adalah Anda sebagai pemegang polis akan mendapatkan manfaat perlindungan serta hasil investasi dengan bunga per tahun yang relatif stabil tergantung kondisi ekonomi di pasar. 

Itulah beberapa jenis asuransi jiwa yang bisa Anda pilih sebagai sumber dana dan bekal perlindungan untuk hari tua dan keluarga. Ingat, penting bagi Anda untuk melakukan perencaan yang cermat dan memilih jenis asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan memiliki track record terbaik. Semoga bemanfaat!

Baca Artikel Terkait

Butuh bantuan ?