Cara Mendapatkan Manfaat Maksimal Berbagai Jenis Asuransi

16 Juli 2020



Berbagai Jenis asuransi jiwa yang beredar di pasaran sering kali membuat calon nasabah sulit memutuskan produk mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini sangat wajar mengingat produk asuransi saat ini semakin lama semakin beragam jenis dan manfaatnya. Informasi yang hanya sekadar didapatkan dari seorang agen mungkin tidak cukup komprehensif untuk membuat Anda mengerti perihal asuransi cukup dalam sehingga Anda sebaiknya melakukan sebuah riset kecil untuk mengetahui lebih mendalam tentang asuransi. Di Indonesia, asuransi jiwa ada dalam bentuk asuransi jiwa tradisional dan asuransi jiwa yang digabungkan dengan unsur investasi serta dikenal sebagai asuransi unit link. 

Asuransi unit link cukup populer dalam beberapa tahun terakhir. Namun, apakah produk ini yang akan menjadi jawaban bagi kebutuhan Anda? Atau manfaat yang Anda inginkan justru dapat dipenuhi dengan produk tradisional? Untuk membantu Anda, berikut adalah referensi jenis asuransi jiwa beserta manfaatnya:

1.    Term life insurance
Asuransi Term Life  memberikan perlindungan dengan jangka waktu yang terbatas. Mengacu pada fakta tersebut, dapat dikatakan bahwa jenis jaminan ini adalah jaminan berjangka. Jumlah uang pertanggungan yang cukup besar menjadi salah satu manfaat maksimal yang bisa Anda peroleh melalui asuransiini. 

Namun jika pihak tertanggung tidak memiliki klaim atau kesehatannya sangat baik selama masa pertanggungan, maka kontrak akan berakhir tanpa pemberian uang timbal balik kepada tertanggung. Hal ini seharusnya tidak menjadi kendala bagi Anda menjaga kesehatan. Bagaimanapun, tubuh yang sehat adalah hal yang patut Anda syukuri.

2.    Whole life insurance
Jika Anda kurang nyaman dengan skema jaminan berjangka pada term life, asuransi whole life ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang menginginkan nilai tunai dari pilihan produk yang tersedia. Pada asuransi whole life nasabah akan memiliki masa pertanggungan yang jauh lebih lama yaitu hingga usia 99 tahun. Sangat lama bukan? Manfaat ekstra yang bisa Anda nikmati melalui layanan ini adalah nilai tabungan sehingga ketika faktor risiko yang dipertanggungkan tidak terjadi, maka nasabah akan memiliki uang simpanan atau tabungan yang akan diberikan perusahaan asuransi kepada para nasabahnya. Masa pembayaran preminya pun bisa Anda tentukan sendiri jadi tidak perlu bayar premi seumur hidup untuk perlindungan seumur hidup.

3.    Endowment insurance
Popularitas produk asuransi endowment (asuransi dwiguna) meningkat seiring dengan manfaat tambahan berupa saving atau tabungan. Produk ini sangat disarankan bagi orang yang ingin mengatur keuangan jangka menengah hingga pendek karena terdapat dana yang akan digelontorkan oleh pihak penanggung sesuai dengan jangka yang disebutkan dalam polis.

Bagi Anda yang membayarkan biaya kontribusi rendah pada salah satu jenis asuransi jiwa, Anda juga dapat membarengi produk tersebut dengan investas ikhususnya jika dalam perjanjian perlindungan disebutkan bahwa nasabah tidak akan mendapat pengembalian apapun apabila risiko tidak terjadi. Dengan adanyaunsur investasi, saat masa pertanggunganberakhir, Anda tetap dapat meraih imbal hasil investasi.

Apabila Anda belum pernah ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk asuransi dan investasi, silakan mencari tahu lebih lanjut di sini. Jika ada hal yang kurang dipahami, jangan ragu untuk berkonsultasi pada Sequis Personal Assistant melalui live chat di sequis.co.id. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau mengirimkan email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?