Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia

23 September 2020



Asuransi kesehatan sebagai sarana perlindungan dari beragam penyakit dan kecelakaan sangat disarankan untuk dimiliki. Pahami jenis-jenis asuransi kesehatan berikut ini dahulu agar dapat memilih yang tepat sesuai kebutuhan Anda dan keluarga. 

Asuransi kesehatan memiliki banyak manfaat antara lain sebagai perlindungan yang meng-cover rawat inap akibat sakit maupun kecelakaan. Asuransi kesehatan akan memberikan manfaat berupa penggantian kerugian finansial atas biaya perawatan di rumah sakit. Mengingat kesehatan adalah modal produktivitas setiap orang maka sebaiknya setiap orang memiliki asuransi kesehatan.

Macam-macam asuransi kesehatan yang ada di Indonesia dapat dikategorikan ke dalam beberapa jenis seperti berikut. 

1.    Berdasarkan tertanggung
Sesuai dengan pihak yang ditanggung oleh perusahaan, jaminan kesehatan dibedakan atas dua jenis, yaitu asuransi kesehatan individu dan asuransikesehatankumpulan. 

Asuransi kesehatan individu dimiliki dengan tujuan untuk memberikan perlindungan pada diri tertanggung sendiri maupun bagi anggota keluarga lain yang diikutsertakan sebagai angota. Jenis ini biasanya menyediakan manfaat rawat inap atas beragam jenis penyakit bahkan penyakit kritis sekalipun di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi. 

Asuransi kesehatan kumpulanb iasanya diberikan oleh perusahaan tempat bekerja pada karyawannya. Sistem pembayaran preminya diambil secara langsung dengan cara memotong gaji setiap bulan. 

2.    Berdasarkan jenis perawatan 
Berdasarkan jenis perawatannya, asuransikesehatan dibagi menjadi perawatan inap dan non inap atau rawat jalan. 

Nasabah asuransi kesehatan berhak atas rawat inap di rumah sakit rekanan perusahaan. Plafon rawat inap ini biasanya disesuaikan dengan pillihan tarif premi yang dipilih oleh peserta. Semakin tinggi tarif premi, maka fasilitas yang didapatkan akan jauh lebih maksimal. Beberapa layanan jasa perlindungan tidak membatasi lamanya perawatan, namun ada pula yang memberikan batasan atas perawatan nasabahnya.

3.    Berdasarkan klaim 
Ada dua cara klaim yang membedakan jenis-jenis asuransi kesehatan, yaitu  pembayaran klaim secara reimbursement dan cashless

Asuransi kesehatan dengan pembayaran secara reimbursement menerapkan sistem penggantian biaya pembayaran setelah perawatan, atau setelah pasien keluar dari rumah sakit. Sehingga, nasabah perlu menalangi terlebih dahulu biaya rumah sakitnya, kemudian mengajukan klaim ke pihak Penanggung atas biaya perawatannya. Biasanya ada syarat-syarat khusus yang perlu disertakan oleh nasabah ketika mengajukan uang penggantian biaya perawatan, seperti surat keterangan dokter (SKD), identitas tertanggung, kuitansi dan rincian tagihan asli dari rumah sakit, dan formulir pengajuan klaim yang sudah diisi. 

Sistem cashless menawarkan kemudahan pembayaran untuk nasabah proteksi kesehatan. Nasabah hanya perlu menunjukkan kartu kepesertaan asuransinya pada bagian administrasi rumah sakit rekanan, dan pihak rumah sakit yang akan mengajukan tagihan ke perusahaan perlindungan tempat nasabah tersebut membayar premi. 

Pastikan Anda memahami perbedaannyaagar dapat memilih produk asuransikesehatan yang sesuai. Apabila Anda ingin memberikan proteksi pada diri Anda maupun orang-orang terkasih, Sequis menyediakan pilihan produk asuransikesehatan individu maupun asuransi kesehatan kumpulan. Simak produk jaminan kesehatan Sequis secara lengkap di sini. Jika membutuhkan bantuan, Sequis Personal Assistant kami akan selalu siap melayani Anda melalui live chat.

Butuh bantuan ?