Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kiat Investasi untuk Milenial Zaman Now

6 Oktober 2022



Milenial zaman now dikenal sebagai generasi yang dekat dengan kemajuan teknologi. Mereka juga punya kebiasaan memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk membagikan informasi terkait gaya hidup. Uniknya, sebagian dari gaya hidup yang diunggah ke media sosial tidak mencerminkan kekuatan finansial mereka secara keseluruhan. Ada sebagian dari generasi milenial yang doyan tampil mewah namun sebetulnya memiliki cash flow yang berantakan seperti besar pengeluaran dibanding pendapatan.  

Yuk jangan menjadi kelompok anak muda seperti itu. Demi masa depan yang lebih baik, ada baiknya hidup secara wajar dan menyesuaikan pendapatan serta mulai belajar berinvestasi agar meraih kemandirian finansial. Butuh wejangan untuk melakukan itu? Yuk simak penjabaran di bawah ini: 

Tepat Waktu Dalam Membayar Semua Tagihan 
Membayar beragam tagihan secara tepat waktu adalah money habit yang bisa menyelamatkan finansial generasi milenial. Dengan cara itu, seseorang bisa terhindar dari beban membayar bunga atau harus merogoh kocek lebih akibat denda tagihan. Terhindar dari bunga kredit atau denda tagihan bisa dilakukan dengan menggunakan sistem autopay pada tanggal yang telah ditentukan.

Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan dengan Saksama
Dengan memiliki catatan keuangan yang rapi, seseorang dapat mengetahui secara persis nominal yang dikeluarkan setiap bulan. Nantinya, catatan itu bisa menjadi bahan evaluasi untuk bulan berikutnya. Anda bisa mencoret beberapa pengeluaran yang dirasa tidak perlu pada bulan selanjutnya. 

Jangan Tergiur Janji di Media Sosial
Pembahasan mengenai investasi banyak bermunculan di media sosial. Nah, sebagian informasi yang Anda dapat berpotensi 'menyesatkan'. Jadi, jangan mudah tergiur dengan janji cuan jutaan hingga miliaran Rupiah dari instrumen investasi tertentu. Pelajari seluk-beluk instrumen investasi secara mendalam. Bisa tanya kepada financial planner atau teman dekat Anda yang sudah terjun ke investasi pasar modal atau kripto sejak lama. 

Amankan Aset Terlebih Dahulu
Investasi adalah langkah terakhir dari perencanaan keuangan Anda. Sebelum berinvestasi, pastikan Anda memiliki tabungan yang cukup, memiliki dana darurat, serta sudah punya asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Bila sudah memiliki elemen itu, hasil investasi Anda tidak akan ludes bila sewaktu-waktu butuh uang besar untuk pengobatan atau harus bayar biaya rumah sakit yang sangat besar.

Butuh bantuan ?