Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Konsep Money Habit yang Bisa Selamatkan Finansial Milenial

21 Januari 2022



Generasi milenial berada dalam usia emas pada saat ini. Mayoritas dari mereka sudah bekerja, mapan, dan memiliki jabatan tinggi di pekerjaan masing-masing. 

Status sebagai pria/wanita mapan pula yang membuat generasi milenial dikenal doyan menghamburkan uang. Terutama untuk keperluan konsumtif seperti belanja barang branded, nongkrong, hingga travelling ke luar negeri. Sebuah kebiasaan yang masuk kategori buruk bila tidak diimbangi dengan kemampuan mengelola keuangan dengan baik dan benar. Bahkan, generasi milenial terancam menjalani masa tua yang sulit bila tak mampu berinvestasi atau menabung dengan menggunakan uang yang dimiliki saat muda.

Nah agar kisah pedih itu tidak terjadi, generasi milenial wajib membiasakan diri untuk melakukan 'money habit'. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai konsep money habit? Yuk simak ulasan berikut ini:

Baca Juga
Gaji Fluktuatif, Ini Cara Mengatur Keuangan Freelancer
4 Tips Mudah Mengumpulkan Dana Pensiun Sejak Usia Muda
Rekomendasi Investasi dengan Modal di Bawah Rp10 Juta
Fresh graduate Sudah Menyiapkan Dana Pensiun, Kenapa Enggak?
Kombinasi Dana untuk Self Love dan Investasi Jangka Panjang

Tepat Waktu Dalam Membayar Semua Tagihan 
Membayar beragam tagihan secara tepat waktu adalah money habit yang bisa menyelamatkan finansial generasi milenial. Dengan cara itu, seseorang bisa terhindar dari beban membayar bunga atau harus merogoh kocek lebih akibat denda tagihan. Terhindar dari bunga kredit atau denda tagihan bisa dilakukan dengan menggunakan sistem autopay pada tanggal yang telah ditentukan.

Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan dengan Saksama
Dengan memiliki catatan keuangan yang rapi, seseorang dapat mengetahui secara persis nominal yang dikeluarkan setiap bulan. Nantinya, catatan itu bisa menjadi bahan evaluasi untuk bulan berikutnya. Anda bisa mencoret beberapa pengeluaran yang dirasa tidak perlu untuk dibeli kembali pada bulan selanjutnya. 

Membuat Anggaran Belanja Bulanan
Tetapkan anggaran pasti untuk belanja. Misal, Rp3 juta untuk belanja keperluan sehari-hari selama satu bulan. Dengan cara itu, Anda akan berusaha untuk berbelanja sesuai kebutuhan dan menggunakan bujet sesuai anggaran.

Membuat Simpanan Otomatis 
Salah satu money habit yang bisa Anda lakukan adalah mengatur sistem penyimpanan dana secara otomatis. Anda bisa memanfaatkan sistem goal saver dari aplikasi tabungan atau dengan mengikuti program auto installment untuk investasi reksa dana.

Butuh bantuan ?