Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Manfaat yang Bisa Didapat Anak dari Kebiasaan Menabung

21 September 2020



Sebagai orang tua, bukankah Anda menginginkan agar buah hati kelak dapat hidup mandiri dan terbebas dari masalah keuangan? Hal tersebut dapat dicapai apabila anak Anda memiliki kemampuan mengelola keuangan dengan baik dan salah satu caranya adalah dengan membiasakan mereka untuk menabung sejak dini. 

Tahukah Anda bahwa menanamkan kebiasaan menabung sejak kecil pada anak akan memberikan banyak manfaat? Bukan hanya yang berkaitan dengan finansial, namun juga manfaat lain yang berhubungan dengan pembentukan karakternya di masa depan. Apa saja manfaat menabung sejak dini bagi buah hati? Simak jawabannya berikut ini. 

1.    Mengajari anak hidup hemat 
Perilaku berhemat sangatlah penting ditanamkan pada anak sejak dini agar kelak mereka tidak tumbuh menjadi individu yang terbiasabergaya hidup konsumtif. Pahamkan pada anak kegunaan dari hidup hemat dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh mereka. 

Misalnya jika diberi uang jajan, Anda dapat menasehatinya agar menyisihkan sebagiannya untuk ditabung di sekolah atau di rumah. Beri pemahaman  jika kegiatan tersebut rutin ia lakukan setiap hari maka semakin lama jumlah uangnya akan bertambah banyak dan dapat digunakan untuk membeli mainan favorit, perlengkapan sekolah, atau pergi ke objek wisata yang diinginkan anak. 

Selain itu, orang tua juga perlu memberi contoh yang baik. Jangan sampai mengajarkan hidup hemat namun Anda justru memperlihatkan perilaku hidup boros pada mereka. Contohnya, membeli barang-barang diskonan dalam jumlah banyak di depan anak. 

2.    Membantu menghargai uang 
Menyimpan uang meski dalam jumlah yang kecil akan membantu anak untuk lebih menghargai uang. Siapkanlah celengan khusus untuk memasukkan uang recehan sisa belanja atau sisa jajan anak. Mintalah mereka memasukkan uang-uang kecil tersebut ke dalam wadah yang disediakan dan ajak mereka menghitung hasil tabungannya setahun sekali atau saat celengannya telah penuh. 
Dengan cara ini, anak akan memahami bahwa uang recehan yang biasanya diabaikan akan bertambah banyak jumlahnya jika rutin dikumpulkan. 

3.    Melatih mengatur keuangan 
Menabung dapat berguna untuk melatih kemampuan anak dalam mengelola keuangan. Jika sudah terbiasa menyisihkan uang maka setiap kali diberi uang saku oleh orang tua atau oleh anggota keluarga lain, mereka akan membaginya sendiri untuk jajan, membeli mainan, dan mengalokasikan sisanya untuk disimpan. 

4.    Melatih kedisiplinan 
Hal utama yang perlu dilakukan dalam mengumpulkan uang adalah konsistensi. Tanpa adanya kedisiplinan dalam memasukkan uang ke dalam celengan ataupun tabungan di bank, maka uang akan sulit untuk terkumpul. 

Jika anak sudah sering menabung pada waktu yang ditentukan, misalnya memasukkan sisa uang saku ke celengan sepulang sekolah dan menyetorkan tabungan ke bank setiap semester, maka otaknya akan merekam rutinitas tersebut dan Ia pun akan terus melakukannya hingga dewasa. 

5.    Mengajarkan rasa tanggung jawab
Membiasakan hidup hemat dan menabung akan membantu anak lebih bertanggung jawab dalam membelanjakan uang yang dimilikinya. Anda dapat mulai mengajarkan hal ini dengan memberikan uang jajan setiap bulan atau setiap minggu. 

Katakanlah pada anak bahwa Anda percaya mereka akan membelanjakan uang yang diberikan seperlunya, dan menyisihkan sisanya untuk ditabung. Biasanya, anak akan merasa lebih bertanggung jawab dan hati-hati dalam menggunakan uang jika diberikan kepercayaan. 

6.    Mengajarkan untuk berusaha 
Meskipun sebagai orang tua Anda selalu ingin memberikan semua yang diinginkan anak, namun sebaiknya Anda mulai membatasi hal tersebut. Ajarkanlah pada mereka untuk berusaha mendapatkan keinginannya sendiri dengan cara menabung. 

Misalnya, anak Anda menginginkan mainan baru yang dilihat di pusat perbelanjaan. Jangan langsung membelikannya meski Anda memiliki uang. Tidak masalah jika Anda berpura-pura tidak memiliki cukup uang untuk membelinya karena masih harus membeli kebutuhan hidup lainnya. 

Mereka harus tahu bahwa tidak semua hal harus dimiliki saat itu juga. Katakan dengan baik bahwa mereka haruslah menabung agar dapat membeli mainan tersebut di kemudian hari saat uang yang dikumpulkan sudah cukup. 

7.    Melatih anak mandiri ketika sudah dewasa
Mampu hidup mandiri dan tidak selalu bergantung pada orang tua adalah manfaat menabung sejak dini lainnya yang akan dirasakan orang tua saat anaknya telah dewasa. Sehingga mereka bisa mengatur keuangan sendiri baik untuk masa kini maupun menyiapkan perencanaan keuangan untuk masa depan juga.

Butuh bantuan ?