Ini Manfaat Reksa Dana untuk Pasangan Muda

16 September 2020



Reksa dana menjadi salah instrumen investasi yang dapat dimanfaatkan oleh investor yang masih ‘hijau’ mengenai investasi. Itu karena reksa dana menawarkan kemudahan dan kesederhanaan dalam berinvestasi. Reksa dana semakin disukai oleh anak muda karena sudah bisa dimulai hanya dengan modal Rp100 ribu.

Bagi kalian yang baru saja menikah, memiliki rencana keuangan yang baik makin dianjurkan. Salah satunya bisa dimulai dengan investasi reksa dana. Ingat, investasi perlu dilakukan karena kebutuhan sebelum dan sesudah menikah angat berbeda. Begitu pula dengan pengeluaran rumah tangga yang membutuhkan dana besar.

Dengan adanya pengelolaan keuangan yang baik, keluarga bisa mandiri secara finansial. Artinya, Anda tidak akan membebani diri dan orang lain ketika dihadapkan dengan hal-hal tidak terduga. Patut dipahami pula, berinvestasi adalah langkah yang disarankan untuk melawan inflasi. 

Jangan menunggu hingga usia senja untuk berinvestasi. Justru, harus dilakukan sejak masih muda. Makin efektif setelah menikah karena uang yang diinvestasikan bisa lebih besar. Itu bisa terjadi bila Anda dan pasangan sama-sama bekerja dan memiliki pendapatan tetap. 

Berinvestasi sejak muda menjadi cara jitu untuk mempersiapkan masa tua yang lebih cerah. Investasi yang direncanakan dan dimulai sejak dini akan membantu mencukupi kebutuhan di kemudian hari.

Selain reksa dana, ada beberapa instrument lain yang cocok dijadikan alat untuk investasi jangka panjang. Berikut ini beberapa di antaranya:

●    Emas
Emas sering dipilih sebagai investasi jangka panjang. Sebab, emas memiliki nilai harga yang cenderung stabil, bahkan cenderung naik tiap tahun. Bukan tidak mungkin pula harganya akan melonjak tajam  pada saat-saat tertentu. Kalau pun tidak ada lonjakan besar, harga emas diprediksi akan terus mengalami kenaikan. Selain itu, emas mudah untuk dijual kembali saat kebutuhan mendesak. 

●   Tanah dan Bangunan
Tidak hanya emas, tanah dan properti juga memiliki nilai investasi. Sama halnya dengan emas, harga tanah dan bangunan akan naik setiap tahun. Namun perlu diingat, investasi ini membutuhkan dana besar. Untuk mempermudah, Anda bisa memanfaatkan fasilitas kredit yang banyak disediakan oleh bank atau perusahaan pembiayaan.

●    Asuransi
Asuransi bisa memberikan perlindungan. Pun menjadi investasi jangka panjang yang banyak dipilih, terutama untuk jenis asuransi dwiguna dan unit link. Asuransi kesehatan juga punya daya tarik, salah satunya karena memiliki banyak keunggulan dari premi yang dibayarkan. Bahkan, bisa saja semua biaya perawatan kesehatan ditanggung. 

Sekarang sudah tahu tentang manfaat reksa dana kan? Yuk kita sama-sama mulai menyiapkan kemandirian finansial pada masa depan.  Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi terkait produk reksa dana Sequis dengan Sequis Personal Assistant di www.sequis.co.id.

Butuh bantuan ?