Pilih Menabung atau Investasi?

4 Pebruari 2021



Banyak yang mengira menabung dan investasi itu sama. Bahkan masih banyak yang kebingungan, menabung dulu atau investasi? 

Menabung merupakan kegiatan menyisihkan uang untuk tujuan memenuhi kebutuhan jangka pendek dan sebagai dana darurat. Sedangkan investasi merupakan upaya mengembangkan uang  guna mendapatkan keuntungan di jangka panjang.  Perbedaan lainnya, tabungan dapat diambil kapan saja, sementara umumnya investasi perlu waktu untuk pencairan dananya. Contoh objek menabung adalah melalui tabungan di bank. Contoh objek investasi misalnya saham, reksa dana, emas, surat berharga, dan obligasi. 

Jika dilihat dari faktor risiko dan keuntungan. Menabung memiliki risiko yang lebih kecil. Asalkan, Anda menyimpannya di tempat yang aman dan tepercaya, yaitu di bank. Anda pun dapat menikmati bunga tabungan tahunan. Namun, jumlahnya tentu tidak terlalu besar. Berbeda dengan investasi, keuntungan yang ditawarkan lebih besar dari bunga tabungan dan biasanya menggiurkan. 

Prinsip dalam investasi , yaitu semakin tinggi keuntungan yang diharapkan maka  harus juga siap pada risiko harus ditanggung. Istilah populernya high risk high return. Untuk itulah investasi dilakukan dengan tujuan jangka panjang karena nilai yang turun hari ini bisa jadi besok akan naik dan sebaliknya namun pada umumnya investasi secara jangka panjang akan menguntungkan. 

Baik menabung atau investasi, keduanya sama-sama memiliki kelebihan. Jika Anda tergolong pemula dapat  menabung lebih dahulu untuk persiapan dana darurat sembari mencari pengetahuan tentang investasi. Namun demikian, kami tetap menyarankan Anda baik yang  ingin menabung atau investasi jangan lupa sisihkan penghasilan Anda untuk berasuransi karena asuransi adalah jaring pengaman bagi finansial Anda. Ingin tau berapa dana yang Anda harus investasikan untuk masa depan, kunjungi kalkulator finansial Sequis.

Butuh bantuan ?