Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mencegah Mata Lelah Akibat Screen Time yang Terlalu Lama

3 Maret 2023



Fakta mengejutkan diungkap oleh perusahaan analitik, App Annie. Menurut mereka, rata-rata orang Indonesia menatap layar smartphone mencapai 5,5 jam sehari. Itu menjadikan orang Indonesia sebagai pengguna smartphone dengan screen time terbanyak kedua di dunia di bawah Brasil.
Screen time orang-orang Indonesia diyakini bisa lebih dari 5,5 jam perhari. Mengingat sejumlah kalangan ada yang harus menatap layar monitor laptop/komputer ketika bekerja di kantor (9 jam kerja).

Baca Juga
Olahraga pada Malam Hari, Boleh Dilakukan?
Gangguan Makan yang Bisa Mengganggu Kesehatan Mental
Kenyang Lebih Lama dan Berhenti Ngemil dengan Tips Ini

Menatap layar smartphone dalam jangka waktu yang lama tentunya membawa pengaruh buruk. Terutama untuk mata dan daerah di area kepala dan leher. Bila Anda sudah merasakan efek buruk dari menatap layar smartphone/laptop/komputer, sebaiknya mulai biasakan melakukan beberapa kebiasaan ini demi menghindari efek buruk pada kemudian hari.

1. Atur posisi layar
Layar monitor laptop/komputer sebaiknya tepat di hadapan Anda atau setidaknya berjarak satu lengan. Bagian atas layar sebaiknya tepat di bawah ketinggian mata. Dengan begitu, Anda tidak menatap ke atas layar yang bisa mengakibatkan mata menjadi tegang.

2. Detoks dari Smartphone
Berusaha menyibukkan diri agar keinginan untuk menatap smartphone dan berselancar di media sosial perlahan-lahan hilang. Ketika di rumah, manfaatkan waktu luang untuk berkomunikasi dengan keluarga, bermain dengan hewan peliharaan, atau sekadar menyiram tanaman. Saat berada di transportasi umum menuju tempat kerja, usahakan tidak menatap layar smartphone dan ganti kebiasaan menjadi mendengarkan musik atau baca buku.

Baca Juga
Kenikmatan yang Bisa Didapat Bila Punya Asuransi Kesehatan
Lindungi Kesehatan Calon Ibu saat Hamil dengan Asuransi IMC

3. Terapkan metode 20-20-20
Setiap 20 menit, usahakan mengalihkan pandangan dari layar komputer/layar handphone dengan memandang benda berjarak enam meter selama 20 detik. Cara ini dilakukan untuk merelaksasi mata. Sebagai awalan, tempel pengingat di sebuah kertas agar Anda terbiasa melakukan rutinitas tersebut.

4. Jangan ragu untuk istirahat
Jangan forsir mata Anda untuk terus 'bekerja'. Bila kegiataan perkuliahaan/sekolah/bekerja telah selesai, usahakan istirahatkan mata dari layar maksimal 30 menit. Lakukan kegiatan lain semisal jalan di sekitar ruangan sambil meregangkan lengan dan kaki atau sekadar mengambil air minum.

Butuh bantuan ?