Mengatur Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi

11 Januari 2021



Pandemi covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap kehidupan banyak orang. Termasuk urusan perekonomian perorangan dan keluarga. Kini yang bisa dilakukan adalah berpikir positif dan mulai menata keuangan untuk masa depan. Tentunya untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarga di tengah situasi yang serba tidak pasti seperti sekarang ini. 

1. Tahu Detil Pemasukan dan Pengeluaran
Mencatat pengeluaran dan pemasukan adalah kunci dalam mengatur keuangan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui dan memahami prioritas yang paling dibutuhan dalam mengatur keuangannya.

2. Pangkas Kebutuhan Tidak Penting
Untuk sementara, tinggalkan dulu kebiasaan belanja dalam jumlah besar. Apalagi belanja untuk membeli barang yang tidak diperlukan. Irit adalah perilaku ekonomi yang wajib dilakukan pada saat ini. 
Agar bisa irit, ada baiknya merancang rencana keuangan setiap bulan. Dengan begitu, bisa memfokuskan ke kebutuhan pokok (pangan dan papan). 

3. Jangan Tunda Bayar Cicilan
Segera membayar kewajiban sebelum uang terpakai untuk kebutuhan lain. Misal, jangan tunda membayar uang sekolah anak, tagihan kartu kredit, cicilan mobil dan lain-lain. Bila semua kewajiban sudah diselesaikan, maka pengelolaan uang untuk operasional dan kebutuhan sehari-hari akan lebih mudah. Sebab kewajiban atau utang itu akan menimbulkan konsekuensi jika ditunda. Misalnya Anda akan menerima denda atau bunga sehingga kewajiban Anda bertambah besar.

4. Menabung dan Investasi
Pastikan selalu menyisihkan sejumlah uang untuk tabungan dan investasi. Tabungan bisa dijadikan dana darurat, sementara investasi bisa dijadikan tabungan masa depan. Akan lebih baik bila jumlah uang yang ditabung selalu konsisten setiap bulan. Untuk melakukan investasi, Anda punya banyak pilihan. Misalnya saja investasi emas, reksa dana, saham, tanah, properti, hingga menabung di deposito.

5. Miliki Asuransi
Anda juga harus menyisihkan uang untuk membeli asuransi. Apalagi kalau Anda sudah memiliki tanggungan anak. Dengan asuransi, setiap risiko akan diminimalkan dan dialihkan ke pihak perusahaan asuransi. Jadi apa pun yang terjadi, keuangan keluarga tidak terganggu. 

Apabila Anda ingin memiliki perlindungan kesehatan dan jiwa atau berinvestasi, Anda dapat meminta bantuan Sequis Personal Assistant  di https://www.sequis.co.id Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon(62-21)29942929 atau email ke care@sequislife.com. Wujudkan masa depan keuangan keluarga dengan mempersiapkannya bersama Sequis.

Butuh bantuan ?