Miliuner Tuban, Bahaya Bila Tak Memiliki Rencana Keuangan

22 Pebruari 2021



Rasanya nyaris semua perhatian masyarakat Indonesia teralihkan dari pandemi covid-19 dalam beberapa pekan terakhir. Kabar warga di Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Tuban yang mendadak jadi miliuner adalah penyebabnya. Itu terjadi setelah terjadi aksi pembebasan lahan yang dilakukan PT Pertamina untuk keperluan proyek pembangunan kilang baru atau Grass Root Refinery Tuban (GRR Tuban). Dari proses itu, rata-rata mendapat Rp8 miliar. Ada pula yang mendapat bayaran hingga Rp24 miliar!

Apa yang dilakukan miliuner Tuban setelah mendadak 'tajir'? Membeli mobil mewah! Bahkan, di antara mereka ada yang memiliki 2 sampai 3 mobil baru. Secara total, ada 176 mobil yang dibeli warga setelah negosiasi dengan Pertamina rampung. 

Putusan mereka untuk belanja barang mewah memang tidak disalahkan. Namun, bisa menjadi bumerang bila keputusan finansial mereka tidak dibarengi dengan literasi keuangan yang baik.

Ada ujar-ujar, "Perlu rencana yang baik bila ingin berhasil. Tanpa ada rencana, persentase kegagalan akan membesar". Hal itu juga berlaku untuk urusan keuangan. Bila memimpikan kondisi hidup yang merdeka finansial, Anda harus menyiapkan rencana keuangan yang matang dan menjalankannya dengan tertib. 

Nah, kegagalan atau masalah apa yang dapat timbul jika Anda tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik?

1.    Banyak kebutuhan yang tidak terpenuhi 
Rencana keuangan berisi susunan anggaran pengeluaran setiap bulan dan jangka panjang. Dengan rencana ini, Anda akan memiliki patokan pengeluaran. Tanpa rencana keuangan, Anda berpotensi belanja dengan boros dan tanpa arahan. Alhasil, akan ada kebutuhan-kebutuhan yang tidak terpenuhi. 

2.    Hidup diliputi kekhawatiran
Rasa khawatir akan muncul karena Anda tidak bisa membayangkan bagaimana rencana masa depan. Misal, rencana beli rumah, menyekolahkan anak, hingga pensiun. Ingat, masa depan memang tidak dapat diprediksi, namun dapat direncanakan.

3.    Terlilit utang dan cicilan
Utang muncul karena beberapa sebab. Salah satunya, karena tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik, sehingga Anda tidak memiliki dana saat ada kebutuhan mendesak.

4.    Sulit mewujudkan impian
Anda tentu memiliki impian-impian untuk masa depan. Misal, membeli rumah yang lebih besar, memiliki mobil, atau berlibur ke luar negeri bersama dengan keluarga. Semua itu bisa diraih dengan mengelola uang secara baik, bisa dengan menabung ataupun berinvestasi. 

5.    Tidak memiliki dana darurat
Merencanakan keuangan yang baik salah satunya adalah dengan menyiapkan dana darurat. Tanpa dana darurat, Anda akan kesulitan bila terjadi hal tidak terduga. Jalan yang biasanya ditempuh adalah utang atau menggunakan dana dari pos lain. 

Tidak ingin kan mengalami kesulitan ekonomi pada masa depan? Karenanya, jangan menunda lagi untuk membuat rencana keuangan dari sekarang! Cari tahu instrumen keuangan yang bisa diandalkan untuk membantu mengelola keuangan Anda.

Butuh bantuan ?