Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Nyaman Berobat ke Luar Negeri dengan Asuransi Kesehatan

29 Desember 2022



Saat ini, banyak orang Indonesia yang memilih berobat ke luar negeri. Meski telah tersedia banyak rumah sakit bertaraf internasional dengan dokter yang tidak kalah andal dan cakap dalam menangani pasien di Indonesia, namun hal itu tetap tidak mengurangi keinginan pasien untuk mendapatkan perawatan kesehatan hingga ke mancanegara.

Negara yang menjadi sasaran berobat pasien asal Indonesia antara lain adalah Malaysia, Singapura, Cina, dan beberapa negara di Amerika dan Eropa. Kelengkapan alat-alat medis termutakhir, kenyamanan, hingga pelayanan terintegrasi dan mumpuni menjadi sejumlah alasan yang membuat masyarakat Indonesia memilih mendapatkan perawatan di negara-negara tersebut.

Asuransi Kesehatan untuk Perawatan di Luar Negeri
Mungkinkah asuransi kesehatan digunakan untuk berobat hingga ke luar negeri? Tentu saja bisa! Terutama asuransi kesehatan dengan manfaat biaya perawatan di rumah sakit luar negeri yang disediakan oleh perusahaan asuransi swasta.

Jadi, silakan cek detail terkait plafon yang akan diperoleh dari produk yang ditawarkan. Bila lebih senang dengan perawatan di luar negeri, silakan cari produk asuransi kesehatan yang memberikan manfaat perlindungan kesehatan di luar negeri serta punya biaya perlindungan yang besar. Maklum, pengobatan dan perawatan di luar negeri sangat mahal. Bila biaya perlindungan yang di-cover sedikit, Anda berpotensi mengeluarkan uang pribadi untuk membayar sisa tunggakan rumah sakit.

Langkah-Langkah Berobat Ke Luar Negeri Menggunakan Asuransi Kesehatan
Ada tahapan yang harus dilakukan agar pengobatan ke luar negeri yang Anda inginkan bisa berjalan lancar dan klaim ditanggung oleh perusahaan asuransi. Berikut ini beberapa di antaranya

1.    Proses Persiapan
Pertama-tama yang perlu dilakukan adalah memilih rumah sakit. Perusahaan biasanya memiliki daftar rumah sakit rekanan di luar negeri. Oleh sebab itu, pastikan rumah sakit di luar negeri yang dirujuk merupakan rumah sakit rekanan asuransi kesehatan.

2.    Proses Perawatan
Anda diperbolehkan mendatangi rumah sakit yang dipilih setelah pendaftaran diterima. Ketika tiba di rumah sakit tujuan, pihak rumah sakit akan melakukan verifikasi terhadap surat asuransi kesehatan Anda terlebih dahulu.

Setelah pengecekan selesai, Anda akan diberi informasi mengenai cakupan perawatan yang didapatkan. Setelah itu, pasien/keluarga pasien bakal diminta menandatangani surat pernyataan serta berkas-berkas lain. Kemudian, Anda bisa mendapatkan perawatan yang dibutuhkan di rumah sakit.

3.    Proses Keluar
Setelah pengobatan selesai dilakukan, pihak rumah sakit akan memberikan konfirmasi keluar. Bila asuransi kesehatan Anda punya fasilitas cashless, pihak rumah sakit tak perlu membebankan biaya kepada Anda pribadi karena sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. Anda hanya perlu membayar biaya-biaya yang tidak masuk dalam manfaat asuransi kesehatan.

Butuh bantuan ?