Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mengatasi Kecemasan Sosial saat Pandemi Covid-19

6 November 2020



Virtual Talk Show dari Super You

Jakarta, 6 November 2020 — Super You by Sequis Online, kanal asuransi digital Sequis merayakan ulang tahun pertama dengan mengadakan virtual talk show melalui aplikasi konferensi video Zoom dan Instagram Live pada hari ini pukul 19.00-20.00 WIB yang dihadiri oleh lebih dari 200 peserta.  Seminar menghadirkan psikiater & ahli psikosomatis RS OMNI Hospital Alam Sutera dr Andri, Sp.KJ dan content creator kesehatan mental Dimas Alwin yang berbagi pengetahuan mengenai “Social Anxiety, How to Cope With it?”

Dalam sambutannya, Head of Digital Channel Sequis Evan Tanotogono mengatakan kesehatan mental menjadi topik hangat selama pandemi covid-19 sehingga Super You mengangkat topik social anxiety dalam virtual talk show bertajuk #SuperONEderful ini. Ia juga mengatakan melalui virtual talk show ini, Super You juga ingin memberikan pemahaman tentang manfaat asuransi sebagai jaring pengaman finansial keluarga dari berbagai potensi ancaman risiko yang datangnya tidak terduga, misalnya saat terjadi risiko gangguan kesehatan hingga memerlukan perawatan medis maka asuransi kesehatan akan terasa manfaatnya.

“Masalah kesehatan mental sedang menjadi isu hangat di masyarakat, terutama pada generasi milenial yang beberapa diantaranya mengalami kecemasan sosial. Untuk itu, kami ingin berbagi pengetahuan dengan mengundang pembicara ahli agar para milenial mengetahui cara terbaik untuk merespon kecemasan sosial dan tidak meremehkannya karena dapat berdampak negatif pada berbagai aspek kehidupan. Kami pun mengimbau para milenial untuk peduli hidup sehat sebab jika kesehatan terganggu, dampaknya semakin meluas termasuk terganggunya finansial” sebut Evan. 

Kecemasan Sosial Saat Pandemi Covid-19
Kecemasan sosial adalah kondisi ketika seseorang merasa cemas dan takut ketika harus bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain atau dikenal dengan istilah ”Demam Panggung”. Menurut dr Andri, Sp.KJ, gejala kecemasan sosial ditandai dengan timbulnya benjolan di tenggorokan, berkeringat, gemetar, jantung kerap berdebar kencang, ketegangan otot, nyeri, mual, atau pusing. Ada juga perasaan ingin melarikan diri, dirundung perasaan bersalah, dan selalu ingin menghindar ketika harus tampil di depan umum atau menjadi pusat perhatian. Pengidap kecemasan sosial juga kerap menghindari orang-orang yang mereka anggap punya kedudukan lebih tinggi dari dirinya meskipun orang tersebut masih keluarganya, seperti paman atau bibinya. 

“Kecemasan yang intens secara terus menerus dari penderita kecemasan sosial dapat memengaruhi kesehatan fisik atau dikenal dengan istilah psikosomatik, yaitu keluhan fisik yang timbul atau dipengaruhi oleh pikiran atau emosi, bukan oleh alasan fisik, seperti luka atau infeksi,” sebut Dr Andri, Sp. KJ. Untuk itu, ia menyarankan beberapa tips untuk mengatur rasa cemas, seperti mencoba membiasakan diri untuk menghadiri meeting tepat waktu sehingga dapat melihat satu per satu audience yang datang, ‘membekali’ diri dengan update mengenai situasi atau pemberitaan terkini sehingga  memiliki topik untuk menjadi bahan diskusi dengan orang lain, menghindari minuman beralkohol, mengonsumsi makanan sehat, dan rajin berolah raga. 

Gangguan kecemasan juga dapat disebabkan oleh media sosial, terutama saat pandemi covid-19. Dimas Alwin yang banyak membahas isu kesehatan mental dan sosial media menjelaskan bahwa perubahan sosial secara mendadak, cepat, dan terus menerus, kerap terjadi selama masa pandemi covid-19. Ini bisa menimbulkan rasa cemas dan panik. Contohnya, terhentinya aktivitas sehari-hari, terpaksa berpisah dari keluarga dalam kurun waktu berbulan-bulan bila bekerja di luar kota, terganggunya operasional bisnis, dan pengurangan karyawan di berbagai sektor yang berimbas pada finansial keluarga.  

Media sosial juga dapat menjadi salah satu pemicu kecemasan karena melihat dan membaca informasi yang tidak benar. Awalnya ingin menghibur diri saat banyak waktu harus dihabiskan di rumah. Tetapi, alih-alih terhibur, mereka yang tadinya sudah cemas jadi semakin takut beraktivitas dan mengambil keputusan karena terpengaruh informasi dari media sosial.  “Informasi soal covid-19 sering disajikan dengan cara kurang tepat atau bertujuan menakut-nakuti dan content-nya tidak diverifikasi terlebih dahulu sehingga membingungkan pembaca. Kita tahu bahwa virus ini bisa menyebabkan terganggunya kesehatan, menurunnya kualitas hidup, dan menyebabkan kematian sehingga informasi yang disajikan haruslah bersifat edukatif agar pembaca memiliki pemahaman yang benar dan mematuhi protokol kesehatan bukan sebaliknya menjadi khawatir,” sebut Dimas. Ia menyarankan pengguna media sosial dapat lebih bijak berselancar di internet dan sebaiknya lebih banyak berinteraksi secara nyata dengan orang di sekitarnya.  

Asuransi Bantu Kurangi Rasa Cemas
Terganggunya kesehatan dapat menimbulkan kecemasan baru, yaitu jika harus mendapatkan perawatan medis maka harus mengeluarkan sejumlah uang yang tidak kecil dan bisa jadi menggerus finansial keluarga. Bagi mereka yang telah memiliki asuransi, rasa cemas pada jumlah tagihan rumah sakit masih bisa dikendalikan sebab biayanya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi dengan nilai pertanggungan sesuai yang tercantum pada polis. Dengan demikian, pasien dapat berfokus pada proses penyembuhan, sementara tabungan dan aset yang dimiliki keluarga tetap terjaga. Termasuk jika terjadi kematian hingga sumber pemasukan keluarga hilang, ada sejumlah Uang Pertanggungan (UP) dari perusahaan asuransi yang dapat dimanfaatkan oleh keluarga agar mampu memenuhi kebutuhan hidup selanjutnya.

Memiliki asuransi saat pandemi ini sudah bukan lagi sekadar pilihan perlu atau tidak karena sudah menjadi prioritas. Perasaan cemas jika finansial tergerus karena biaya medis atau hilangnya sumber pendapatan karena meninggal dunia dapat dialihkan menjadi rasa aman dengan berasuransi. Masyarakat bisa memanfaatkan Super You untuk melindungi diri dan keluarganya.


-0O0-

Informasi Tambahan: Pencapaian Super You by Sequis Online
Sejak diluncurkan pada 6 November 2019, Super You terus berkomitmen mengedepankan kenyamanan dan keamanan bertransaksi asuransi secara digital bagi masyarakat Indonesia. Pada Oktober 2020, Super You berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 27001. Ini adalah sertifikasi standar internasional untuk information security management bagi penyedian produk asuransi digital. Perusahaan yang memiliki sertifikasi ini berarti telah menjamin keamanan dan kenyamanan nasabah karena sertifikasi ISO 27001 memiliki manfaat untuk mengurangi kemungkinan adanya pelanggaran keamanan digital, menjadi bukti komitmen perusahaan untuk menjaga kerahasiaan data nasabah, menunjukkan bahwa perusahaan telah mempunyai tata kelola informasi yang baik dan sesuai dengan peraturan, hokum, serta Undang-Undang yang berlaku di Indonesia. Super You kini bukan hanya sekadar memberikan rasa aman bagi nasabahnya karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, tapi kini dengan adanya ISO 27001 menjadi semakin aman dalam pengelolaan informasi data nasabah.

Pada tahun pertamanya, Super You telah ikut menggiatkan berbagai kegiatan literasi asuransi, seperti mengadakan seminar finansial di Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Multimedia Nusantara (UMN), dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Super You juga berpartisipasi pada podcast “Beating the Virus” yang diadakan oleh Asia Insurtech. 

Inovasi yang telah dilakukan Super You antara lain menambah fitur pembayaran baru untuk pembayaran premi pertama dan premi lanjutan dengan menggunakan Go-Pay serta menambah produk asuransi kesehatan My Hospital Protection pada pertengahan tahun 2020. Tidak hanya meningkatkan kinerja bisnis, Super You juga mengadakan serangkaian kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), yaitu dengan mengadakan program #SuperTogether berupa pemberian asuransi gratis pada 5 Mei hingga 5 Juni 2020 dengan manfaat asuransi senilai Rp3 juta jika terdiagnosa positif covid-19 dan manfaat tutup usia karena kecelakaan senilai Rp5 juta. Super You memberikan perlindungan asuransi gratis tersebut selama 1 bulan kepada lebih dari 3.000 orang dengan manfaat Uang Pertanggungan senilai lebih dari Rp24 miliar.

Kini Super You by Sequis Online memiliki 4 produk asuransi dengan premi terjangkau mulai Rp30 ribu-an saja, yaitu Super Life Protection (asuransi jiwa), Super Strong Protection (asuransi jiwa dan penyakit kritis), My Hospital Protection (asuransi santunan rawat inap), dan Super Safe Protection (asuransi kecelakaan diri). Keempat produk ini dapat diperoleh melalui proses yang mudah, cepat, dan tanpa harus melakukan interaksi tatap muka. Pembeliannya dapat dilakukan secara online melalui superyou.co.id.

“Keberhasilan mendapatkan sertifikasi ISO 27001 dan sejumlah aktivitas yang telah dilakukan oleh Super You menjadi penyemangat bagi kami untuk terus berinovasi agar Super You dapat menjadi salah satu top of mind dan pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan asuransi jiwa dan kesehatan yang mudah, terjangkau, dan serba digital,” tutup Evan.

KONTAK MEDIA
Lana Christy

PT Asuransi Jiwa Sequis Life
Tel: 021 5223 123 ext. 2110
lana.christy@sequislife.com    

Ineke Novianty Sinaga
PT Asuransi Jiwa Sequis Life 
Tel: 021 5223 123 ext. 2101
ineke.sinaga@sequislife.com

Butuh bantuan ?