Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pengertian Asuransi Unit Link Beserta Manfaatnya

20 Juli 2020



Kesalahan yang sering terjadi saat seorang agen berusaha memberi penjelasan pengertian asuransi unit link adalah adanya calon nasabah yang kurang memahami manfaatnya karena kurang menaruh perhatian ketika dijelaskan. Padahal, penjelasan tentang produk tersebut sangat penting untuk dipahami  nasabah agar tidak terjadi msalah di kemudian hari.Di samping itu, penjelasan yang diterima secara tidak komplet akan menyebabkan kesalahan tafsir di kemudian hari yang membuat nasabah merasa dirugikan.

Salah satu manfaat produk yang kerap kurang dipahami nasabah adalah asuransi unit link. Mekanisme pengelolaan yang berlaku pada produk ini memang cukup berbeda dari produk asuransi tradisional. Inovasi ini memungkinkan adanya kolaborasi antara dua produk sekaligus yaitu investasi dan proteksi. Gabungan antar keduanya tentu akan memberikan manfaat lebihbagi para nasabah.

Dalam pengaturan keuangan, investasi adalah suatu metode yang dibutuhkan demi tercapainya suatu tujuan finansial masa depan seperti perencanaan pensiun dan warisan. Kebutuhan dana untuk masa depan tersebut akansulit untuk dipenuhi jika seorang nasabah hanya mengandalkan uang yang disimpan di rekening tabungan karena biasanya bunga yang didapatkan cenderung rendah bahkan kerap di bawah tingkat inflasi tahunan.

Selain adanya unsur investasi, seorang nasabah juga akan mengevaluasi kebutuhan akan perlindungan untuk memproteksi dirinya dari potensi risiko yang terjadi di hidupnya seperti kecelakaan yang berpotensi menguras habis uang tabungan. Dengan adanya kebutuhan tersebut, maka terciptalah produk asuransi unit link. Untuk memberi penjelasan pengertian asuransi unit link, para agen juga harus menekankan bahwa produk ini memiliki beberapa keuntungan ekstra bagi nasabah seperti:

1.    Sebagai salah satu instrumenpengelolaan investasi
Kerumitan pengelolaan investasi tidak jarang membuat para calon nasabah mundur untuk mulai menginvestasikan uang yang mereka punya. Investasi tidak rumit bagi yang sudah terbiasa menanganinya. Jika Anda membutuhkan jasa profesional untuk mengelola dana dalam sebuah instrument investasi salah satunya dapat menggunakan asuransiunit link.

 

2.    Adanya peluang menambahkan asuransi tambahan (rider) untuk kesehatan 
Asuransi tambahan atau rider merupakan manfaattambahan yang dapat dipasangkan dengan investasi. Dengan memiliki proteksi tambahan maka Anda akan meraih perlindungan dan manfaat yang komprehensif.

Potensi pengembalian imbal hasil atau return yang didapatkan oleh para nasabah asuransi juga berpotensi untuk meraih keuntungan yang lebih tinggi daripada deposito bank. Namun di sisi lain potensi kerugian juga bisa muncul tergantung kondisi ekonomi negara atau makro ekonomi. Namun investasi secara jangka panjang tetap menguntungkan dibanding tidak investasi sama sekali, Anda tinggal perlu memilih produk dan pengelola yang tepat. Saat agen menjelaskan pengertian asuransi, para nasabah dapat meminta ilustrasi untuk mengetahui secara detail mengenai  manfaat dan potensi imbal hasil investasi dalam asuransi unit link. 

Apabila Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjutterkait informasi ini, silakan menghubungi Sequis Personal Assistant di sequis.co.id. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau mengirimkan email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?