Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Penyakit yang Berpotensi Tidak Ditanggung Asuransi Kesehatan

10 Januari 2020


ada baiknya mencari tahu lebih dahulu macam-macam penyakit yang berpotensi tidak dijamin oleh produk proteksi kesehatan


Sakit menjadi risiko yang sering muncul di setiap orang. Jadi, sudah seharusnya setiap orang  melindungi diri dengan asuransi kesehatan demi terhindar dari biaya pengobatan dan rumah sakit yang semakin mahal tiap tahun. Meski demikian, apakah Anda mengetahui jika tidak semua jenis penyakit dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi? Nah, ada baiknya mencari tahu lebih dahulu macam-macam penyakit yang berpotensi tidak dijamin oleh produk proteksi kesehatan.

1. Penyakit Kritis
Penyakit kritis seperti jantung, stroke, ginjal, paru-paru, dan sebagainya sangat jarang ditanggung oleh jaminan kesehatan.
Namun tidak perlu cemas karena banyak perusahaan menyediakan produk asuransi kesehatan yang memberikan pertanggungan untuk penyakit kritis ini. Sequis menjadi salah satunya. Bahkan, Sequis melalui produk Sequis Q Early Payout Critical Illnes Plus Rider memberi perlindungan dari 120 kondisi penyakit kritis.

2. Penyakit Bawaan
Penyakit bawaan yang dimiliki orang sejak lahir, biasanya juga termasuk dalam daftar pengecualian penyakit yang ditanggung oleh produk proteksi kesehatan. Bila memang ditanggung, biaya perawatan penyakit bawaan biasanya baru bisa dibayarkan ketika nasabah telah dua tahun menjadi peserta asuransi.

3. HIV/AIDS
Hingga saat ini, HIV/AIDS tergolong dalam penyakit yang belum memiliki obat untuk penyembuhannya. Sehingga jarang perusahaan penyedia jaminan yang menanggung biaya perawatannya.

Meski demikian ada layanan asuransi yang menyertakan HIV/AIDS dalam daftar penyakit yang ditanggung. Meski demikian, Anda perlu menanyakan lebih rinci terkait sejauh mana proteksi kesehatan yang Anda gunakan untuk melindungi jenis penyakit tersebut.

4. Kelainan Jiwa/ Mental
Perusahaan asuransi yang menanggung biaya pengobatan kelainan jiwa/ mental masih jarang. Termasuk dalam jenis penyakit ini yaitu ketergantungan terhadap obat-obatan terlarang, alkohol, dan sakit psikiatrik seperti bulimia atauanoreksia. Melihat fenomena pada saat ini, Sequis merasa perlu melindungi masyarakat yang mengalami gangguan mental. Oleh karena itu, Sequis meluncurkan produk M! Protection yang memberikan perlindungan lengkap 6-in-1 mencakup perlindungan kesehatan (M! Physical Recharge), mental (M! Mental Counselling), kecelakaan (M! Sudden-Down Benefit), disabilitas (M! Critical-Down Benefit), penyakit kritis (M! Lifestyle-Impact Benefit), dan jiwa (M! Departure)

5. Melahirkan dengan Operasi Caesar
Bagi calon ibu yang hendak melahirkan, pastikan dulu ketentuan persetujuan mengenai biaya melahirkan. Terutama biaya melahirkan dengan operasi caesar yang diputuskan atas keinginan pribadi bukan karena alasan medis. Sebab, persalinan caesar jarang mendapat jaminan penggantian biaya dari asuransi kesehatan.

6. Estetika
Hal-hal yang berhubungan dengan kecantikan, misalkan operasi bedah plastik, perawatan gigi, dan semacamnya juga termasuk yang tidak ditanggung asuransi kesehatan. Ini karena sakit tersebut dianggap tidak darurat, tidak bertujuan untuk sembuh, dan adanya akibat disengaja.

Itulah berbagai jenis penyakit yang jarang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi kesehatan. Maka, Anda diharapkan teliti dalam memilih produk perlindungan yang Anda butuhkan agar tidak menimbulkan penyesalan nantinya.

 

Butuh bantuan ?