5 Cara Tepat Memilih Reksa Dana untuk Pemula

Kamis, 13 Juni 2019

Manajer Investasi merupakan salah satu elemen penting dalam instrumen investasi reksa dana. Dengan Manajer Investasi yang baik, niscaya Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari investasi yang dipilih. Jadi, pastikan memilih Manajer Investasi yang tepat sebelum Anda memilih reksa dana.

Sebelum memilih, ada baiknya Anda memahami fungsi serta tugas Manajer Investasi. Tujuannya agar Anda bisa memaksimalkan kinerjanya sekaligus memantau perkembangan dana investasi secara lebih baik.

Membantu Anda mengelola aset
Membantu Anda mengelola aset menjadi tugas utama Manajer Investasi. Mereka memiliki kewenangan untuk memilih saham atau surat berharga yang tepat untuk Anda. Selain itu, Manajer Investasi juga akan menentukan waktu terbaik untuk melepas saham.

Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil yang besar dari dana investasi. Terlebih jika Anda belum memahami cara kerja investasi melalui instrumen jual-beli surat berharga. Manajer investasi juga akan memberikan kemudahan dalam pengelolaan laba investasi bagi Anda yang tidak punya waktu luang. 

Mengurangi risiko
Investasi selalu identik dengan risiko. Tingkat risiko biasanya tergantung hasil yang akan didapat. Semakin besar hasil yang diperoleh, semakin besar pula risikonya.

Investasi reksa dana juga memiliki risiko yang tidak dapat dihindari. Apalagi nilai investasi reksa dana di pasar bursa cenderung fluktuatif dan bisa berubah setiap waktu. Manajer Investasi akan memberikan prediksi terkait pergerakan nilai investasi sekaligus manajemen risiko lain bila Anda terkena risiko besar seperti inflasi pada masa depan.

Bagaimana memilih Manajer Investasi yang tepat?
Sebagai awalan, Anda perlu cek kredibilitas sang Manajer Investasi. Pastikan pilihan Anda memiliki izin kerja yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Data ini bisa diperoleh lewat prospektus reksa dana.

Jika Anda menginginkan hasil besar, tidak ada salahnya memilih Manajer Investasi yang berkualitas serta segudang pengalaman. Data ini juga diketahui melalui prospektus reksa dana. Lakukan cross-check terhadap informasi yang ada di prospektus dengan data dari OJK agar Anda mendapat informasi yang valid.

So, tertarik untuk memulai investasi reksa dana? Sequis Aset Manajemen menawarkan beragam pilihan reksa dana mulai dari pasar uang hingga campuran. 

Butuh bantuan ?