Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cari Tahu Ciri-ciri Perusahaan Asuransi yang Kredibel

23 Juli 2020



Ada beragam perusahaan asuransi yang menjalankan bisnisnya di Indonesia pada saat ini. Tentunya, semua perusahaan itu menawarkan produk-produk dan manfaat yang berbeda-beda.  Lantas, bagaimana memilih perusahaan asuransi tepercaya dan memberikan manfaat terbaik?

Sebelum berlabuh ke perusahaan asuransi tertentu, pastikan yang akan Anda pilih sudah terdaftar dan mendapat izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, rekam jejak perusahaan juga harus ditelusuri. Minimal, perusahaan asuransi tersebut minim tersangkut berita tidak baik. 

Satu hal yang pasti, perusahaan asuransi kredibel sudah sepatutnya bisa menjawab semua kebutuhan dan memberikan solusi calon nasabah. Dalam artian, semua keperluan calon nasabah bisa dijawab dengan rinci oleh agen atau National Service Centre perusahaan asuransi bersangkutan.

Berbekal etos kerja seperti itu, agen-agen perusaan asuransi yang dituju juga seharusnya tidak memberikan/ menawarkan produk secara berlebihan. Jadi, bila Anda bertemu dengan agen yang terlalu muluk memberikan janji atau memberikan produk dengan manfaat berlebihan namun dengan premi yang sangat rendah, rasanya perlu dipertanyakan kredibilitas perusahaan asuransi yang sedang menawarkan produk kepada Anda.

Selain itu, Perusahaan asuransi yang kredibel akan memberikan informasi secara detil kepada nasabahnya tentang produk-produk yang memang sesuai kebutuhan. Lalu, perusahaan asuransi tepercaya juga memperkerjakan agen-agen bersertifikasi. Dengan begitu, kompetensi mereka sudah terjamin.

Satu hal yang tak kalah penting, perusahaan asuransi kredibel tentunya memiliki kredibilitas yang baik. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya penghargaan yang diterima dan lamanya melakukan bisnis di Indonesia. Perusahaan yang terdaftar di OJK sejak lama dan membukukan keuntungan tentunya memiliki jejak rekam dan reputasi yang baik.

Perusahaan asuransi yang tepercaya juga memiliki rasio solvabilitas yang tinggi sehingga  memiliki aset yang cukup untuk digunakan membayar kewajibannya. Dalam jasa proteksi, rasio ini lebih dikenal dengan istilah risk based capital (RBC) yang persyaratan minimalnya adalah 120% sehingga semakin besar semakin kuat keuangannya. Besarnya total asset perusahaan juga menunjukkan kekuatan finansial perusahaan. Semua ini bisa dilihat di website resmi perusahaan.

Sedangkan dana jaminan guna melindungi nasabah sudah diatur dalam peraturan OJK No. 71/POJK.05/2016 yang menjelaskan bahwa aset perusahaan merupakan jaminan paripurna untuk melindungi para nasabah atau peserta jasa proteksi dari risiko gagal melunasi klaim dari perusahaan proteksi. Dengan adanya dana jaminan berupa aset perusahaan yang mencukupi, para nasabah tidak perlu merasa sangsi tentang apakah perusahaan tersebut dapat memenuhi semua tanggungan atau tidak.

Perusahaan penyelenggara proteksi yang dapat dipercaya pada umumnya telah menjalin kemitraan dengan fasilitas-fasilitas layanan kesehatan terkemuka di seluruh Indonesia sehingga para pemegang polis akan dimanjakan dengan berbagai pilihan klinik atau rumah sakit yang luas untuk berobat. Keterbatasan mitra seringkali ditemui di perusahaan asuransi yang baru saja didirikan atau perusahaan dengan perkembangan bisnis yang lambat.

Nah, itu merupakan ciri-ciri perusahaan asuransi kredibel. Semua ciri-ciri itu ada di perusahaan asuransi Sequis Life. Jadi, rencanakan masa depan Anda bersama Sequis Life dengan beragam produk-produk yang sesuai kebutuhan. Detail informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan dengan menghubungi  Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Plan The Unplanned with Sequis!

Butuh bantuan ?