Polis Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Pahami

14 Oktober 2020



Mayoritas nasabah asuransi tidak cukup tertarik untuk membaca lebih detil  syarat dan ketentuan yang berlaku pada polis asuransi jiwa. Hal ini mungkin sering disepelekan namun apakah Anda tahu bahwa memahami polis asuransitidak sesulit itu? Asumsi yang memengaruhi pemikiran bahwa ketentuan tersebut sangat sulit dipahami adalah ketidakmengertian akan istilah yang digunakandalam polis. Jika ini menjadi kesulitan yang Anda temui saat membaca lembaran polismaka Anda memiliki agen yang akan siap sedia membantu Anda untuk memahamibeberapa hal yang mungkin sulit Anda pahami.

Kesalahan interpretasi yang muncul setelah penandatanganan polismerupakan sebuah hal yang sangat fatal. Jangan sampai Anda baru menyadari bahwa ada hal-hal yang  mungkin tidak ditanggung oleh asuransi ketika Anda menghadapi situasi genting. Demi menghindari hal tersebut maka disarankan agar Anda membaca kontrak dengan saksama sehinggamanfaat yang diberikan asuransi sesuai dengan yang Anda butuhkan.


Dalam polis asuransi jiwa, Anda akan melihat beberapa kolom yang harus diisi dengan data pribadi seperti perlindungan yang dipilih, identitas lengkap pemegang polis yaitu nasabah, data pribadi dari tertanggung khususnya dalam jaminan proteksi jiwa, ketentuan premi, nama, dan identitas orang yang akan ditanggung, manfaat yang ditambahkan dan beberapa kolom lain yang harus diisi oleh agen asuransi Anda.
Untuk memperlancar prosespengisian data pribadi ini untuk polis asuransi, Anda sebaiknya melakukan beberapa halpenting berikut ini:

1.    Wajib mempelajari kebijakan dan detil informasi di dalam ilustrasi produk maupun formulir Surat Permintaan Asuransi (SPA) 
Baik perusahaan asuransi maupun calon nasabahmemiliki kewajiban untuk bersama-sama mendukung pemahaman tentang kebijakan dan ketentuan dalam produk asuransi sebelum pada akhirnya calon nasabah menerimanya dan menyetujui SPA. Waktu pengisian SPA pun Agen asuransi wajib memberikan penjelasan detail mengapa semua informasi ini wajib diisi dengan benar dan lengkap oleh calon nasabah. Bahkan setelah polis diterimapun perusahaan masih memberikan waktu 14 hari untuk meninjau kembali isi ketentuan dan perjanjian polis. Selama masa tersebut, Anda dapat berkonsultasi dengan agen, anggota keluarga maupun temanyang Anda kenal baik dan telah berpengalaman memiliki produk asuransi. Gunakan waktu Anda sebaik mungkin dan hindari terburu-buru dalam mengambil keputusan.

2.    Menimbang kecocokan antara ekspektasi dan manfaat pertanggungan
Setiap calon nasabah tentumemiliki ekspektasi terhadap produk asuransi yang ditawarkan kepada mereka. Anda harus dapat melihat tingkat kecocokkan antara ekspektasi pribadi Anda dengan manfaat pertanggungan yang ditawarkan olehasuransi. Pahami bahwa setiap produk memiliki manfaat dan keunggulan yang berbeda-beda. Pilihlah produk asuransi yang memang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. 

3.    Pahami Premi beserta syarat dan ketentuannya
Sebelum memercayakan uang Anda pada perusahaan asuransi, kenali ketentuan pembayaran dan apakah perusahaan tersebut mengenakan pinalti terhadap keterlambatan pembayaran. Premi asuransi umumnya dibayar dalam frekuensi bulanan namun waktu pembayaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda misalkan Anda lebih memilih pembayaran dalam periode kuartalan, semesteran atau tahunan. Sehubungan dengan adanya keterlambatan yang menyebabkan terjadinya lapse atau kondisi non aktif, perusahaan wajib untuk memberikan pemberitahuan bila polis Anda akan di non aktifkan. 

4.    Pahami Pengecualian 
Sejumlah asuransi jiwa memiliki beberapa hal yang masuk dalam poin pengecualianmisalnya kecelakaan yang disebabkan tindakan kriminal atau kejahatan. Sesuai dengan ketentuan hukum, tindak kejahatan tidak akan mendapatkanpertanggungan dari asuransi. Pengecualian lain adalah bila terjadinya  indikasi rekayasa atau pemalsuan dokumen kematian yang termasuk tindakan melanggar hukum dan tidak dapat dipertanggungkan oleh perusahaan asuransi. 

Polis adalah dokumen yang bersifat legal dan memiliki kekuatan hukum sehingga keaslian data yang diisi sangat menentukan validitasnya di masa mendatang saat akan digunakan dalam proses klaim. Maka, isilah dengan benar dan penuh kehati-hatian.

Nah, itulah hal-hal yang perlu dilakukan calon nasabah sebelum mendaftar polis asuransi jiwa. Untuk memahami lebih lanjut istilah-istilah asuransi Anda bisa mengunjungi sequis.co.id pada bagian Kamus Asuransi. Apabila Anda telah yakin untuk segera melindungi diri dan keluarga dengan asuransi, segera konsultasikan kebutuhan Anda pada Sequis Personal Assistant via live chat di sequis.co.id. Jika ingin langsung berbicara dengan kami, Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929.

Butuh bantuan ?