Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tubuh Tetap Sehat di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

4 Agustus 2020



Setelah lebih dari 3 bulan sejak Maret 2020, kita bekerja dan sekolah dari rumah karena kondisi pandemi virus covid-19,  pemerintah pada akhirnya menerapkan kebijakan fase adaptasi kebiasaan baru.  Pada fase ini, masyarakat dianjurkan untuk hidup berdamai dengan covid-19 sambil menunggu ditemukannya vaksin untuk virus tersebut. Maksudnya berdamai bukan berarti sama seperti dulu, akan tetapi kita bisa kembali beraktivitas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker setiap saat, rajin mencuci tangan, menjaga jarak fisik, dan tidak berkerumun.

Manager Medical Underwriter Sequis dr Fridolin Seto Pandu menganjurkan agar memasuki era adaptasi kebiasaan baru ini kita mulai membiasakan diri agar dapat belajar mempraktekkan kebiasaan baru agar tubuh kita tetap sehat, seperti:

•    Perhatikan Gizi untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Tubuh yang kebal merupakan pertahanan pertama untuk melawan virus. Itulah mengapa penting untuk menjaga sistem imun. Untuk itu, perhatikan asupan gizi Anda, seperti gizi seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Batasi asupan karbohidrat dan hindari makanan yang sarat akan pengawet dan gula. Jangan lupa juga mengonsumsi air mineral minimal 8 gelas sehari, istirahat yang cukup, dan berolahraga teratur.

•    Konsumsi Multivitamin
Vitamin dan mineral merupakan kunci tambahan untuk hidup sehat. Tanpa vitamin, sistem kekebalan tubuh menjadi kurang lengkap. Sumber vitamin terbaik dapat diperoleh dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Oleh karena itu, biasakan untuk mengonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayuran dan makanan yang kaya serat. Jika dirasa perlu dapat juga tambahkan vitamin, sesuaikan dengan kebutuhan tubuh atau sesuai dengan anjuran dokter.

•    Jaga Kebersihan 
Salah satu cara sederhana, tetapi cukup ampuh mencegah penularan virus covid-19 adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Pastikan Anda dan keluarga selalu rajin mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, pastikan sirkulasi udara dalam rumah lancar, pastikan lingkungan rumah senantiasa bersih termasuk pekarangan dan sekitar Anda. Kebersihan bukan saja bermanfaat bagi kesehatan, tetapi juga akan membantu Anda dan keluarga betah di rumah sehingga mengurangi rasa kekhawatiran bisa tertular virus ini.

•    Gunakan Masker 
Masker menjadi salah satu bagian yang wajib digunakan dalam protokol cegah penularan covid-19. Pakailah masker dengan benar dan konsisten. Jangan menyentuh masker saat digunakan termasuk menarik masker ke bawah dagu. Rutinlah mengganti masker setiap 4 jam atau bila kotor agar bisa melindungi secara optimal. Saat mencuci masker, pastikan tidak dicampur dengan pakaian lain.

Butuh bantuan ?