Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Siapa yang Tak Butuh Asuransi Jiwa? Bruce Wayne alias Batman

24 Januari 2023



Asuransi jiwa patut dimiliki oleh kepala keluarga atau para pencari nafkah utama di dalam sebuah keluarga. Dengan memiliki asuransi jiwa, Tertanggung sudah memberikan perlindungan finansial kepada ahli waris untuk melanjutkan hidup pada masa depan. Perlindungan tersebut didapat dari Uang Pertanggungan (UP) yang disediakan perusahaan asuransi bila Tertanggung meninggal dunia atau cacat total tetap.

Meski begitu, ada golongan-golongan tertentu yang sebetulnya tidak memerlukan asuransi jiwa. Siapa saja mereka? Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Seseorang dengan Harta Melimpah
Inti dari memiliki asuransi jiwa adalah meminimalkan kerugian finansial saat ada kejadian tidak terduga. Misal, Tertanggung meninggal dunia atau cacat total tetap yang membuat keluarga kehilangan pemasukan rutin.

Nah, manfaat dari asuransi jiwa terasa tidak terlalu penting bila ternyata Anda memiliki harta kekayaan atau beberapa aset yang memadai untuk kebutuhan belasan atau puluhan tahun ke depan. Sebab, harta dan aset tersebut sudah bisa digunakan oleh keluarga untuk memenuhi kebutuhan hidup, bayar biaya pendidikan, dan sebagai modal usaha sekalipun pemasukan tiap bulan dari Anda terhenti.

2. Memiliki Banyak Aset atau Harta yang Bersifat Likuid
Selain memiliki aset 'segudang', harta tersebut juga harus mudah untuk diuangkan secara cepat. Bila sudah memenuhi kriteria itu, Anda juga tidak perlu memerlukan asuransi jiwa. Sebab, keluarga atau ahli waris bisa memiliki uang tunai dengan jumlah yang banyak dan dapat digunakan dengan segera bila Anda mengalami musibah.

3. Memiliki Bisnis yang Bakal Diwariskan
Asuransi jiwa bukan hal prioritas bagi seseorang yang memiliki bisnis dan memberikan keuntungan besar. Sebab, bisnis tersebut bisa dilanjutkan oleh ahli waris yang membuat finansial keluarga tidak akan terganggu walau kepala keluarga mengalami musibah atau meninggal dunia.

Kira-kira siapa yang menjalani kehidupan dengan memenuhi kriteria-kriteria tersebut? Bila dicermati, semua kriteria itu dimiliki oleh Bruce Wayne alias Batman. Karakter superhero kreasi DC Comics. Bruce Wayne adalah sosok laki-laki dengan harta melimpah, memiliki bisnis dengan omset besar, dan tidak memiliki tanggungan karena dia hidup seorang diri.

Jadi bila Anda tidak memenuhi kriteria seperti Bruce Wayne, ada baiknya memiliki Asuransi Jiwa agar finansial keluarga tetap terjamin pada masa depan.

Butuh bantuan ?