Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Solusi Asuransi Kesehatan untuk Biaya Cuci Darah yang Mahal

31 Maret 2022



Cuci darah menjadi tindakan medis wajib bagi penderita gagal ginjal. Intensitas tiap pasien berbeda-beda. Ada yang sekali seminggu, dua kali seminggu, atau sekali dua minggu.

Satu hal yang pasti, perawatan cuci darah terbilang mahal. Di rumah sakit swasta, biaya untuk cuci ginjal berkisar di antara Rp800 ribu sampai Rp1,5 juta. Biaya ini belum termasuk pemasangan alat cuci darah atau biaya penggunaan alat kesehatan lainnya. Biasanya, pasien disarankan menyediakan uang tambahan sekitar 20-30% sebelum melakukan treatment.

Sekilas Tentang Cuci Darah
Treatment cuci darah kerap dilakukan oleh penderita gagal ginjal yang sudah mengalami pembengkakan di bagian tubuh tertentu. Pembengkakan terjadi karena ketidakmampuan ginjal untuk membuang cairan berlebih. Selain itu, cuci darah juga dilakukan oleh penderita gagal ginjal yang memiliki kadar kalium dan kadar asam di dalam darah terlalu tinggi.

Dalam praktik sederhananya, cuci darah dilakukan untuk membuang racun, zat-zat sisa metabolisme, dan membantu tubuh untuk mengendalikan tekanan dalam darah. Meski demikian, cuci darah menimbulkan efek samping, di antaranya:

1. Tekanan darah tinggi atau rendah
2. Kekurangan darah (anemia)
3. Kulit terasa gatal
4. Mual dan muntah
5. Otot keram

Tindakan medis cuci darah boleh dihentikan bila kondisi kesehatan pasien membaik atau ginjal pasien dapat berfungsi secara normal. Namun, cuci darah mesti dilakukan seumur hidup bila pasien menderita gagal ginjal kronis. Satu-satunya harapan untuk berhenti cuci darah adalah jika pasien gagal ginjal kronis mendapat donor ginjal. 

Intinya, gagal ginjal adalah penyakit yang berbahaya. Butuh biaya besar untuk mengobatinya. Jadi, sebaiknya jaga gaya hidup dari sekarang. Minum air putih dua liter per hari, konsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, kurangi konsumsi gula, dan terapkan gaya hidup sehat. Tak lupa pula, proteksi diri dengan asuransi kesehatan.

Sequis memiliki sejumlah produk asuransi kesehatan yang bisa melindungi kesehatan Anda dari penyakit berbahaya dan memproteksi finansial Anda dari biaya cuci darah.

Berikut ini beberapa produk yang layak Anda pertimbangkan:
Q Hospital Rider

Asuransi kesehatan tambahan ini akan melindungi Anda dan keluarga dari penyakit kritis dengan manfaat rawat jalan dan rawat inap di seluruh dunia.
Karakteristik
1. Perlindungan Rawat Inap di Seluruh Dunia
2. Perlindungan Penyakit Kritis (Kanker, Cuci darah, dll)
3. Perlindungan Pra dan Pasca Rawat Inap

Sequis Super Easy Health
Sequis Super Easy Health merupakan produk asuransi tradisional yang memberikan perlindungan kesehatan yang komprehensif.
Karakteristik
1. Manfaat biaya rawat jalan dan rawat inap
2. Manfaat biaya jalan kemoterapi, radioterapi, dan cuci darah
3. Manfaat asuransi tahunan hingga Rp1 miliar

Hybrid Group Health Protection
Hybrid Group Health Protection merupakan sebuah produk asuransi kumpulan yang memberikan manfaat asuransi jiwa berjangka dan perawatan rumah sakit untuk perusahaan dalam melindungi karyawan dan keluarganya.  

Karakteristik
1. Pertanggungan 24 jam dan berlaku di seluruh dunia
2. Memiliki 4 (empat) manfaat yaitu Manfaat Meninggal Dunia, Manfaat Rawat Inap, Manfaat Rawat Jalan, dan Manfaat Khusus
3. Memiliki 2 pilihan plan, Simple Plan & Full Cover yang mencakup biaya rawat jalan fisioterapi, cuci darah, dan kanker

Butuh bantuan ?